Sering Diabaikan, Aktivitas Pagi Ini Bermanfaat untuk Tubuh

0
Diunggah 08 December 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeBody Fit

Sering Diabaikan, Aktivitas Pagi Ini Bermanfaat untuk Tubuh

Sadarkah kamu aktivitas pagi hari ini ternyata sangat bermanfaat untuk dirimu. Sayangnya tanpa sadar kamu sering mengabaikannya.

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk menyiapkan amunisi energi pada saat beraktivitas. Ya, aktivitas atau kebiasaan pagi yang tepat akan membawamu pada kehidupan yang positif dan bahagia. Bukan tanpa alasan, dikutip dari laman prevention.com, aktivitas pagi bahkan dapat mempengaruhi perasaan dan mood kamu dalam satu hari ke depan. Sayangnya, masih banyak dari kalian yang mengabaikan kebiasaan saat pagi hari ini. Kira-kira kebiasaan apa saja yang kerap kamu abaikan? Yuk, baca selengkapnya pada artikel berikut ini.

1. Bangun 2 Jam Lebih Awal Dari Waktu Berangkatmu

Sebelum tidur, ada baiknya kamu mengatur waktu bangunmu 2 jam lebih awal dari jadwalmu berangkat bekerja. Jika kamu biasa berangkat pada pukul 08.00 maka kamu bisa menyalakan alarm pada pukul 06.00.

Semakin pagi kamu bangun, maka semakin segar udara yang kamu hirup. Udara segar akan memberikan mood positif untuk dirimu sendiri. Kamu juga bisa melakukan banyak hal sebelum berangkat ke kantor, hal ini bisa membuatmu tetap santai dan tidak terburu-buru. Kebiasaan bangun pagi juga bisa membuatmu lebih siap dalam menghadapi hari. Selain bisa memanfaatkan waktu lebih panjang, bangun pagi juga memunculkan semangat untuk menuntaskan banyak hal di hari tersebut.

2. Selalu Bersyukur

Setiap matamu terbuka di pagi hari, jangan pernah lupa untuk ucapkan syukur dan terimakasih. Aktivitas sederhana ini penting lho untuk menambah rasa bersyukurmu. Kamu masih diberikan kesempatan untuk melewati hari yang baru dan membuka lembaran baru.

Kebiasaan bersyukur kepada Sang Pemilik Hidup inilah yang akan membuatmu selalu berpikir positif. Dengan begitu, kamu mampu memotivasi dirimu sendiri supaya tidak menyia-nyiakan waktu berharga yang telah diberikan untuk dijalani dengan baik.

3. Lakukan Pemasanan Ringan Sebelum Beranjak Dari Tempat Tidur

Daripada mager dan langsung memegang gadget, saat bangun tidur ada baiknya melakukan pemanasan ringan. Ketika sudah terbangun dari tidur, pemanasan ringan akan membuat tubuhmu lebih segar dan bertenaga. Sebaliknya jika kamu langsung melakukan aktivitas, biasanya kamu akan mengalami pusing dan merasa tidak fit.

Untuk itu, lakukan peregangan ringan seperti gerakan mengibas-ngibaskan pergelangan tangan usai membuka mata dari tidurmu. Setelah tangan cukup lemas, kamu bisa perlahan duduk di atas kasur dan melakukan peregangan pada leher dan lengan tangan. Setelah merasa segar dan kesadaranmu pulih sepenuhnya, kamu bisa melakukan aktivitas lainnya, seperti mandi dan sarapan pagi. Dijamin setelah itu tubuhmu akan jauh lebih segar seharian.

4. Merawat Wajah Secara Optimal

Beri waktu sekitar 30 menit untuk me time dengan tubuhmu, girl! Alasannya, tubuhmu juga perlu dirawat dengan baik karena tubuh merupakan kendaraan sehari-harimu. Dimana saat tubuhmu terawat dengan optimal, penampilanmu pun juga akan terlihat menawan.

Pastikan kamu memenuhi morning routine skincare seperti: mencuci wajah dengan facial foam > serum wajah > pelembap > krim pagi > eye cream > bedak. Melalui perawatan itu, kulit yang sehat dan terawat dapat kamu rasakan dampaknya sepanjang hari.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen sebelum kamu pergi dari rumah, mengingat Indonesia adalah negara iklim tropis. Terik sinar matahari bisa mengancam kesehatan dan kecantikan kulitmu. Maka dari itu, oleskan sunscreen 20-30 menit sebelum kamu meninggalkan rumah untuk beraktivitas.

Baca Juga : Ini Urutan Menggunakan Skincare Pagi yang Benar

5. Konsumsi Secangkir Green Tea Hangat Atau Perasan Lemon

Setelah mandi kamu bisa meluangkan waktu untuk bersantai sambil menikmati secangkir lemon atau green tea yang diseduh dengan air hangat. Secangkir lemon hangat akan menambah energi dalam tubuhmu. Lemon kaya akan kandungan vitamin C yang berguna untuk proses detoksifakasi sehingga racun dalam tubuhmu dapat keluar lewat keringat dan air kencing. Dengan begitu kamu akan merasa lebih segar dan fit di pagi hari.

Namun jika lambungmu kurang kuat untuk mengkonsumsi minuman asam saat pagi hari, kamu bisa menggantinya dengan segelas black tea hangat, kok. Teh hitam ini memang baik dikonsumsi di pagi hari. Aromanya yang kuat bisa mencegah kantuk kembali datang menyergap dan membuatmu bersemangat menghadapi hari. Ditambah lagi, kandungan zat myricetin, kaempfrol, dan flavonoid quercetin mampu mengurangi stress dan mencegah kerusakan pembuluh darah.

6. Dengarkan Lagu Ceria Agar Mood Dapat Berubah Lebih Bahagia

Sembari menyantap secangkir tehmu, kamu bisa memutar lagu bernuansa ceria. Cara ini bisa memberikan suntikan semangat padamu lho. Kamu bisa mendengarkan lagu dengan aransemen-aransemen unik dengan beat yang cepat.

Mulai dari lagu lawasnya Ran yang bertajuk Selamat Pagi hingga lagunya Ello dkk yang berjudul Buka Semangat Baru. Tentu akan membantumu mendapatkan semangat baru. Lagu ini cocok didengarkan hari agar semangatmu kian bertambah.

7. Buatlah Daftar Pekerjaan Apa yang Harus Dikerjakan Hari

Sebagian besar orang mungkin mengabaikan hal ini. Mereka mengira aktivitas ini ribet dan buang-buang waktu. Padahal tidak sepenuhnya benar. Justru dengan bantuan catatan aktivitas yang harus dikerjakan, kamu bisa lebih terarah dalam menjalani aktivitasmu seharian.

Sambil menikmati lagu yang kamu dengarkan, kamu bisa membuat daftar aktivitas yang akan kamu kerjakan. Terbiasa teratur menulis jadwal kegiatan setiap hari akan membuat hidupmu lebih teratur dan menjagamu tetap berada di jalur yang tepat. Kamu akan punya target dan prioritas yang harus kamu kerjakan di hari itu. Jadwal yang kamu buat juga sangat bermanfaat untuk membuatmu mengingat hal penting apa yang harus kamu lakukan hari ini.

8. Nikmati Perjalanan Selama Ke Kantor

Keuntungan bangun lebih pagi kamu punya cukup waktu sebelum berangkat ke kantor. Kamu pun bisa menyiapkan segalanya dengan santai dan tidak perlu terburu-buru termasuk berangkat ke tempat kerja di pagi hari. Hirup udara pagi dalam-dalam dan nikmati perjalananmu ke kantor. Tetaplah bersabar dalam menghadapi macet jalanan dan hindari sering-sering memencet klakson ya. ย ย ย 

Last Updated on December 09, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 08 December 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya