Kenali Perbedaan Bekas Jerawat PIE dan PIH, Sekaligus Cara Mengatasinya

0
Diunggah 27 May 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Kenali Perbedaan Bekas Jerawat PIE dan PIH, Sekaligus Cara Mengatasinya

Bekas jerawat tidak semuanya sama loh. Ternyata ada perbedaan bekas jerawat PIE dan PIH. Bekas jerawat PIH adalah bekas jerawat kecoklatan atau kehitaman yang disebabkan oleh melanin. Sedangkan bekas jerawat PIE adalah bekas jerawat kemerahan yang disebabkan oleh pembuluh darah melebar.

Mengatasi masalah jerawat memang tidak mudah tetapi mengatasi bekas jerawat lebih sulit lagi. Biasanya, jerawat akan meninggalkan bekas yang berwarna kemerahan atau kecoklatan.

Baca Juga : 7 Cara Mudah untuk Mengatasi Jerawat Saat Puasa

Terkadang, sudah mencoba banyak produk tetapi bekas jerawat sama sekali tidak hilang. Bisa jadi kamu menggunakan produk yang kurang tepat, nih! Maka dari itu, kamu perlu tau setiap bekas jerawat membutuhkan penanganan yang berbeda. Yuk, kenali dulu perbedaan bekas jerawat PIE dan bekas jerawat PIH.

Nah, untuk pembahasan kali ini akan lebih fokus pada bekas jerawat PIH dan bekas jerawat PIE. Berikut adalah penjelasan kondisi PIE.

Bekas Jerawat PIE

Bekas jerawat PIE adalah bekas kemerahan atau keunguan dari membesarnya pembuluh darah akibat inflamasi. Warna kulit akan kemerahan atau keunguan, hal ini adalah hasil dari discrete erythematour macules atau pembesaran pada pembuluh darah. Pembuluh ini yang berada dekat dengan permukaan kulit. Proses ini yang membuat kulit tampak ada noda kemerahan. Untukmu yang ingin tau, PIE adalah istilah pendek dari Post Inflammatory Erythema.

bekas jerawat pie

Inflamasi bisa terjadi karena jerawat yang meradang, memencet jerawat, dan paparan sinar matahari. Selain itu, inflamasi bisa disebabkan karena kamu menggunakan skincare yang terlalu keras. Biasanya bekas jerawat PIE ini sering ditemukan pada pemilik kulit terang tetapi bukan berarti kulit gelap tidak bisa kena kondisi PIE, ya.

Baca Juga: Cara Menghapus Makeup Tebal Agar Tidak Menimbulkan Jerawat

Cara Mengatasi Bekas Jerawat PIE

Kamu tidak mungkin bisa mengelupas sel-sel kulit agar pembuluh darah tampak memudar. Proses untuk mempercepat pergantian sel kulit pada PIH bisa membuat kulit mengalami iritasi dan semakin sensitive kalau diaplikasikan pada kondisi PIE. Solusi terbaik untuk mengatasi bekas jerawat PIE adalah dengan melakukan perawatan khusus dengan bantuan laser. Simak rekomendasi cara menghilangkan jerawat PIE berikut:

1. Hindari eksfoliasi kulit

Eksfoliasi kulit baik secara kimiawi (menggunakan produk exfoliasi), maupun eksfoliasi fisik tidak direkomendasikan jika kamu sedang berada pada fase bekas jerawat PIE.

2. Coba untuk melakukan perawatan kulit secara medis

Cara efektif yang dapat dilakukan adalah melakukan perawatan medis seperti laser ataupun microneedling dibawah pengawasan dan konsultasi dari dokter.

3. Gunakan skincare kandungan niacinamide

Kandungan niacinamide dapat meringankan gejala bekas jerawat PIE. Kamu dapat mencoba produk perawatan kulit dengan kandungan niacinamide mulai dari produk yang bersifat ringan terlebih dahulu, seperti toner.

bekas jerawat pie dan pih

Rekomendasi Skincare Menghilangkan Bekas Jerawat PIE

Untuk bekas jerawat PIE, kamu juga bisa menggunakan produk yang bersifat menenangkan seperti produk dengan kandungan centella asiatica, green tea, dan allantoin. Kandungan ini akan mengurangi kemerahan pada kulit. Kamu bisa coba menggunakan skincare menghilangkan bekas jerawat PIE yaitu Avoskin Your Skin Bae Serum Serum Niacinamide 12% + Centella Asiatica untuk mengatasi kondisi PIE.

Bekas Jerawat PIH

Bekas jerawat Post Inflamatory Hiperpigmentation (PIH) adalah noda kecoklatan atau kehitaman yang disebabkan oleh produksi melanin berlebih akibat inflamasi. Kulit akan mengalami stres dan merespon dengan produksi melanin ketika terjadi inflamasi. Nah, melanin ini pigmen yang berperan memberikan warna pada rambut, kulit, dan mata manusia.

Biasanya, bekas jerawat PIH lebih sering ditemukan pada pemilik kulit sedang sampai gelap karena kulit gelap umumnya memiliki sel yang memproduksi melanin lebih aktif. Salah satu penyebab utama inflamasi adalah jerawat dan paparan sinar matahari. Maka dari itu, PIH sering dikaitkan dengan bekas jerawat dan sun spot.

Cara Mengatasi Bekas Jerawat PIH

Bekas jerawat PIH ini tidak bisa dihilangkan secara langsung, tetapi kamu bisa mempercepat proses memudarnya pigmentasi yang terjadi akibat melanin dengan mendorong proses pergantian sel-sel kulit agar pigmentasi cepat memudar. Namun penggunaan produk skincare yang tepat dapat membantu menghilangkan bekas jerawat PIH secara bertahap.

1. Gunakan skincare yang mencerahkan

Untuk memudarkan bekas jerawat kecoklatan (PIH) terbilang cukup mudah. Kamu bisa menggunakan skincare dengan kandungan yang mencerahkan kulit seperti alpha arbutin, vitamin C ataupun niacinamide. Beberapa kandungan ini dapat kamu temukan dalam rangkaian produk Avoskin Your Skin Bae, baik serum dan tonernya.

2. Lakukan eksfoliasi kulit

Selain itu kamu bisa juga melakukan eksfoliasi baik dengan physical exfoliation ataupun chemical exfoliation. Untuk kamu yang belum familiar dengan eksfoliasi. Eksfoliasi physical sendiri adalah proses mengangkat sel kulit mati dengan cara menggosok permukaan wajah.

skincare untuk bekas jerawat PIH
Avoskin Miraculous Refining Series dapat menjadi produk skincare untuk bekas jerawat PIH

Biasanya dibantu dengan produk yang mengandung scrub. Sedangkan eksfoliasi chemical mengangkat sel kulit mati dengan bantuan bahan kimia seperti AHA dan BHA yang terkandung dalam skincare. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan jenis kulit wajah. Untuk pemula sebaiknya mulai dulu dengan melakukan physical exfoliation. Ketika wajah sudah terbiasa, kamu dapat memulai untuk melakukan chemical exfoliation.

Rekomendasi Skincare Menghilangkan Bekas Jerawat PIH

Kamu bisa melakukan chemical exfoliation secara rutin dengan produk skincare kandungan AHA dan produk dengan kandungan yang bisa memperlambat produksi melanin seperti azelaic acid atau kojic acid. Nah, salah satu skincare untuk bekas jerawat PIH adalah Avoskin Miraculous Refining Series, yang terdiri dari exfoliating serum dan toner.

Avoskin Miraculous Refining Serum adalah salah satu rekomendasi skincare untuk mengatasi masalah bekas jerawat PIH.

Bekas Jerawat PIE dan PIH adalah Jenis Umum Bekas Jerawat

Sebenarnya kodisi jerawat terbagi dalam tiga jenis yakni bekas jerawat PIH (Post Inflammatory Hyperpigmentation), bekas jerawat PIE (Post Inflammatory Erythema), dan jerawat Atrophic Scars.

Bekas jerawat PIH adalah jenis bekas jerawat yang muncul berupa noda kecoklatan atau kehitaman yang disebabkan oleh melanin. Sedangkan bekas jerawat PIE adalah bekas jerawat kemerahan yang disebabkan oleh pembuluh darah melebar.

Berbeda dengan bekas jerawat Atrophic Scars, bekas jerawat ini ditandai dengan munculnya bekas jerawat berupa lekukan atau kulit yang berlubang.

Sekarang sudah tidak bingung lagi kan mau pakai produk yang mana untuk mengatasi bekas jerawat PIE dan bekas jerawat PIH? Coba cek deh bekas jerawat di wajahmu masuk jenis yang mana?

Last Updated on May 25, 2022

Product Recommendation

Lihat Semua

Miraculous Refining Series

Shop Now
Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 27 May 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya