Terlihat Sama, Ini Perbedaan Smoothing dan Rebonding

0
Diunggah 28 May 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeLifestyle

Terlihat Sama, Ini Perbedaan Smoothing dan Rebonding

Smoothing dan rebonding memang bertujuan untuk membuat rambut menjadi lurus. Sebenarnya kedua metode ini berbeda loh! Apa sih bedanya?

Metode meluruskan rambut di salon kecantikan memang sudah jadi tren sejak lama. Memiliki rambut yang lurus tentu saja memudahkan kita untuk menata rambut dan membuat semakin percaya diri. Namun, terdapat perbedaan smoothing dan rebonding yang selama ini terkesan mirip.

Pada umumnya ada dua metode untuk meluruskan rambut yakni smoothing dan rebonding. Nah, kedua metode ini sebenarnya berbeda loh! Sebenarnya apa sih yang membedakan smoothing dan rebonding ini? Berikut adalah perbedaan smoothing dan rebonding:

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Masalah Rambut Bercabang

1. Durasi Proses Meluruskan Rambut

Hal kedua yang menjadi perbedaan smoothing dan rebonding adalah durasi proses pelurusan rambut. Untuk metode smoothing, durasi yang dibutuhkan sekitar 3-5 jam karena obat yang digunakan menyerap lebih lama dan banyak langkah yang diperlukan.

Sedangkan rebonding membutuhkan waktu 2-3 jam saja karena bahan yang digunakan lebih mudah dan cepat menyerap ke dalam rambut. Sebenarnya waktu yang dibutuhkan akan berbeda di setiap salon kecantikan karena obat yang digunakan tidak selalu sama.

2. Pilih Treatment yang Sesuai dengan Jenis Rambut Asli

Sebelum memilih metode meluruskan rambut, kamu wajib mengetahui jenis rambut asli yang kamu miliki. Kita tidak dapat menentukan mana yang lebih baik diantara keduanya. Kalau kamu punya rambut yang ikal atau keriting, kamu bisa memilih rebonding.

Namun, untuk kamu yang memiliki rambut lurus dan mengembang sehingga cuma perlu rambut mudah diatur, kamu bisa memilih metode smoothing. Jadi, jangan sampai kamu salah pilih metode ya!

3. Obat yang Digunakan

Untuk metode rebonding, obat yang digunakan pada metode ini mengandung bahan kimia yang lebih keras dan dapat merubah jenis rambut secara signifikan. Jadi rambut yang ikal dan keriting bisa berubah menjadi lurus dengan metode ini. Namun, kamu perlu memberi perawatan ekstra agar rambut tidak mudah rusak setelah rebonding.

beda smoothing dan rebonding
Salah satu perbedaan smoothing dan rebonding adalah obat yang digunakan. Image: Freepik

Kalau metode smoothing, obat yang dipakai mengandung vitamin dan keratin yang tidak merubah jenis rambut secara signifikan. Metode ini akan memberi efek lebih halus, lembut, dan rambut jadi mudah diatur. Selain itu, obat yang digunakan pada metode smoothing tidak merusak rambut.

Baca Juga : Ikuti 5 Cara Ini Untuk Mengatasi Masalah Rambut Bercabang

4. Perbedaan Harga

Metode smoothing biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal karena memberi hasil yang lebih natural. Kamu bisa membayar lebih mahal jika melakukan perawatan di salon yang reputasinya terpercaya.

a. Berapa Harga Smoothing Rambut?

Biasanya, satu kali smoothing harga di kisaran 200 hingga 300ribuan. Harga yang dibandbrol biasanya tergantung oleh merek dari obat dan vitamin yang dipakai.

Selain itu faktor panjang dan pendek rambut juga dapat memengaruhi harga. Harga smoothing rambut pendek tentunya akan lebih murah daripada harga smoothing rambut panjang. Hal ini karena obat dan vitamin yang diperlukan rambut pendek lebih sedikit daripada rambut panjang.

b. Berapa Harga Rebonding Rambut?

Sedangkan untuk rebonding harganya lebih murah di angka 100ribuan saja. Meskipun begitu, kamu tetap harus memilih salon dengan bijak. Kalau harganya terlalu murah bisa jadi obat yang digunakan memiliki kualitas rendah dan berpotensi merusak kondisi rambut.

5. Hasil Akhir

Hasil smoothing dan rebonding tentu saja akan berbeda. Smoothing memberi efek alami, rambut sehat dan mudah diatur. Rambut akan terlihat lebih natural, seakan rambutmu dari awal seperti itu. Untuk rebonding, hasilnya akan terlihat lebih kaku dan rambut terlihat tidak alami. Selain itu, tekstur rambut yang direbonding akan lebih kasar.

6. Ketahanan Hasil Akhir Rambut

Rebonding dan smoothing rambut memiliki kelebihan dan kekurang masing-masing. Meskipun hasil terlihat lebih natural, rambut hasil smoothing lebih tahan lama namun tidak dapat bertahan permanen. Rambut lurus yang dihasilkan oleh smoothing biasanya akan kembali seperti semula dalam waktu 4-5 bulan.

Sedangkan rambut rebonding akan kembali ke bentuk semula jika rambut baru sudah tumbuh dan panjang. Hal ini disebabkan oleh proses rebonding yang menggunakan bahan kimia lebih kuat. Hal ini berdampak pada risiko rambut rusak lebih tinggi.

Nah, itu dia beberapa perbedaan smoothing dan rebonding. Meskipun sama-sama meluruskan rambut, kamu tetap perlu memilih mana yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan sampai menyesal karena memilih metode yang tidak sesuai ya!

Last Updated on April 04, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 28 May 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya