Mengenal Fungsi Ceramide dan Manfaatnya untuk Kulit

0
Diunggah 03 June 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Mengenal Fungsi Ceramide dan Manfaatnya untuk Kulit

Ceramides adalah senyawa lemak atau lipid yang ditemukan dalam sel-sel kulit membentuk 30% hingga 40% dari lapisan kulit luar epidermis dan berperan menjaga skin barrier. Berikut adalah manfaat ceramide untuk wajah.

Kandungan ceramide tidaklah asing untukmu penggemar skincare. Kandungan ceramide sering muncul dalam berbagai produk perawatan kulit, mulai dari pelembap, krim mata, hingga serum. Kenali kandungan ceramide dan dan manfaat ceramide untuk wajah!

Baca Juga : Yuk Berkenalan dengan Varian Terbaru dari Your Skin Bae Ceramide dan Panthenol

Apa Itu Ceramide?

Ceramide adalah golongan asam lemak yang sering dicampurkan dalam produk perawatan kulit atau skincare untuk menjaga kelembaban kulit dan mencegah masuknya kuman dan bakteri ke dalam tubuhmu.

Jika kandungan ceramide kulit menurun karena alasan tertentu mulai dari kulit kurang terawat hingga bertambahnya usia, maka kulit akan mengalami dehidrasi hingga iritasi. Selain itu Ceramides memiliki fungsi dan peran yang besar dalam mempertahankan skin barrier, yang berfungsi sebagai garis pertahanan pertama kulitmu terhadap polusi dan kotoran di udara.

Hal ini yang membuat ceramide memiliki peran penting untuk melindungi kulit. Jadi tidak heran kalau banyak produk skincare seperti pelembap, serum, masker, dan produk lainnya mengandung ceramide juga.

Seiring bertambahnya usia, paparan sinar matahari, dan penggunaan produk skincare yang terlalu keras bisa membuat kualitas dan kuantitas ceramide pada kulit berkurang.

Jika ceramide berkurang, skin barrier bisa rusak, menyebabkan kulit kering, kasar, iritasi, dan dehidrasi. Nah, penggunaan skincare dengan kandungan ceramide bisa membantu mencukupi kadar ceramide pada kulit jadi kulit tetap lembap, terhidrasi, kenyal, dan kencang.

Ceramide Cocok untuk Kulit Apa?

Walaupun secara umum ceramide berfungsi untuk melembabkan kulit, ceramide tidak hanya cocok untuk kulit kering. Ceramide juga aman dan cocok digunakan untuk segala jenis tipe kulit mulai dari kulit sensitif, acne-prone skin/ kulit berjerawat, hingga kulit berminyak, dan kulit kering itu sendiri.

Seperti penjelasan di atas bahwa ceramide juga diproduksi secara alami oleh kulitmu, maka dari itu menjadi alasan mengapa ceramide ini cocok dan dapat digunakan oleh semua jenis kulit.

manfaat ceramide
Kandungan ceramide adalah kandungan skincare banyak manfaat

Fungsi Ceramide dalam Produk Skincare untuk Kulit Wajah

Memiliki peran yang sangat penting untuk kulit, produk skincare dengan kandungan ceramide memiliki banyak manfaat. Berikut adalah fungsi ceramide dan manfaat ceramide untuk wajah:

1. Menjaga Kelembapan Kulit

Salah satu fungsi ceramide dalam produk skincare adalah untuk menjaga kelembapan kulit sehingga mencegah terjadinya kebocoran. Untuk perawatan kulit, ceramide bermanfaat untuk mengunci kelembapan kulit sehingga mencegah kulit kering dan iritasi.

Manfaat ceramide diyakini mampu melindungi lapisan epidermis kulit dari kerusakan yang berasal dari luar tubuh. Kalau kadar ceramide dalam kulit terpenuhi maka bisa membantu melembapkan kulit dan lapisan pelindung kulit lebih kuat.

ceramide adalah

2. Memperlambat Tanda Penuaan Kulit

Ceramide memiliki manfaat penting lainnya untuk memperlambat kemunculan tanda-tanda penuaan kulit seperti garis halus dan kerutan yang muncul jika kulit kering.

Dalam penelitian terbukti bahwa perempuan berusia 20 tahun mengoleskan produk skincare dengan kandungan ceramide bisa bermanfaat untuk memperkuat fungsi skin barrier sehingga kulit lebih lembut dan awet muda.

3. Melindungi Kulit dan Memperbaiki Skin Barrier

Kandungan ceramide dapat berfungsi untuk melindungi kulit dan memperbaiki skin barrier. Penggunaan produk dengan kandungan ceramide bisa bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan ceramide pada kulit. Karena seiringnya bertambah usia dan faktor lingkungan, manfaat ceramide dalam tubuh tentu berkurang. Saat kadar ceramide terpenuhi inilah kulit akan terjaga kelembapannya sehingga skin barrier meningkat.

manfaat ceramide

4. Mencegah Bakteri Jerawat

Jerawat muncul bisa disebabkan oleh bakteri serta penumpukan kotoran dan produksi minyak berlebih yang menyumbat pori-pori. Saat lapisan kulit dalam kondisi sehat, bakteri tetap bisa masuk ke dalam lapisan kulit ini. Penggunaan produk skincare yang mengandung ceramide berfungsi dan dapat bermanfaat untuk melindungi lapisan kulit agar bakteri dan zat asing lainnya tidak masuk.

5. Ceramide Bisa Digunakan untuk Kulit Sensitif

ceramide adalah

Kulit sensitif adalah jenis kulit yang kering dan tidak terhidrasi dengan baik, hal ini akan mudah bereaksi pada produk perawatan kulit. Salah satu penyebab kulit sensitif adalah kurang kelembapan yang berfungsi melindungi kulit.

Produk perawatan kulit dengan kandungan ceramide bisa menjaga kelembapan dan mengurangi sensitivitas kulit. Kandungan ceramide adalah aman untuk kulit. Jadi, tidak perlu takut jika kamu memiliki kulit sensitif karena ceramide tidak berbahaya untuk kulit.

Baca Juga: Yuk, Kenalan Lebih Dalam dengan Ceramide!

Cara Memilih Produk Skincare dengan Kandungan Ceramide

Fungsi ceramide memang sangat beragam, bisa jadi kandungan ini adalah salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan kulitmu. Namun, kamu tidak bisa asal memilih produk dengan kandungan ceramide. Berikut beberapa cara memilih produk skincare dengan kandungan ceramide.

1. Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Kandungan ceramide memang cenderung aman dan bisa digunakan oleh semua jenis kulit. Namun, kamu perlu memilih jenis dan bentuk produk dengan kandungan ceramide Kalau kamu memiliki kulit kering, kamu bisa menggunakan skincare yang berbentuk krim.

Krim sebagai emolien cenderung mengandung zat pelembap lebih banyak dibandingkan lotion. Tekstur krim ini tidak berisiko membuat kulit iritasi. Kalau kamu ada masalah kulit tertentu, sebaiknya konsultasi dengan dokter spesialis kulit dahulu.

manfaat ceramide

2. Kenali Jenis Ceramide

Sebelum memakai produk skincare dengan kandungan ceramide, sebaiknya kamu memastikan berbagai jenis ceramide. Untuk kamu yang memiliki kulit kering dan iritasi bisa memakai produk dengan ceramide 1, ceramide 3, atau ceramide 6-3. Selain itu, ceramide juga bisa ditulis dengan nama sphingosine. Sphingosine ini adalah rantai asam amino yang memiliki ceramide sebagai salah satu molekul.

3. Gunakan Ceramide dengan Kandungan Lain

Kandungan ceramide bisa digabungkan dengan kandungan skincare lain untuk memberikan hasil yang lebih optimal. Kamu bisa mencari produk skincare yang mengandung ceramide dan produk lain dengan kandungan antioksidan, peptida, atau retinol. Kamu tidak perlu khawatir karena kombinasi kandungan ini dengan lainnya aman untuk digunakan.

Nah, itu dia beberapa manfaat ceramide yang akan kamu dapatkan dari dalam produk skincare. Penggunaan produk perawatan dengan kandungan ini bisa menjaga kelembapan dan mengurangi iritasi kulit, jadi kamu bisa masukkan ini dalam skincare routine-mu.

Last Updated on May 27, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 03 June 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya