Ternyata 5 Makanan Ini Mampu Mengatasi Masalah Kulit Kering

0
Diunggah 12 October 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeLifestyle

Ternyata 5 Makanan Ini Mampu Mengatasi Masalah Kulit Kering

Kulit kering memang menyebalkan karena membuat penampilan menjadi kurang maksimal. Ternyata cara mengatasi kulit kering tidak sulit loh!

Memiliki kulit yang mulus, lembap dan tampak sehat menjadi idaman semua wanita. Namun, faya hidup yang buruk seperti kurang minum air putih, konsumsi minuman beralkohol, dan berada di ruangan ber-ac membuat kulit menjadi kering dan terlihat bersisik.

Sebenarnya ada banyak cara mengatasi kulit kering seperti penggunaan body lotion, hydrating toner, atau pelembap wajah. Kamu bisa menemukan berbagai produk perawatan kulit yang bisa mengatasi masalah kulit kering.

Namun, kamu juga harus menjaga konsumsi makanan agar terhindar dari kulit kering. Sebelum mulai mengatasi kulit kering, kamu juga perlu mengetahui apa saja sih yang menyebabkan kulitmu kering.

Penyebab Kulit Kering

Ada banyak penyebab kulit kering yang dialami oleh banyak orang. Salah satu hal yang tidak bisa diubah adalah cuaca dan linfkungan. Kalau kamu tinggal di wilayah berangin atau menghabiskan banyak waktu di ruangan ber-AC, hal ini akan menyebabkan kulit mengalami dehidrasi. Hal ini bisa semakin parah jika kamu sering terpapar sinar matahari langsung atau berpindah tempat dari suhu tinggi ke suhu yang rendah.

Selain itu, gaya hidup yang kamu jalani juga mempengaruhi kondisi kulitmu. Segala sesuatu yang dikonsumsi juga berdampak bagi kesehatan kulit. Ada beberapa minuman dan obat-obatan yang bersifat diuretik yang bisa menyebabkan naiknya laju pembentukan urin. Kamu harus mengimbangi konsumsi air putih yang cukup agar tubuh dan kulit tidak mengalami dehidrasi. Selain itu, hindari mengonsumsi makanan dengan kandungan garam berlebih karena dapat meningkatkan risiko dehidrasi.

Baca Juga : Lakukan 4 Cara Ini agar Tehindar dari Dehidrasi Kulit Meski Bekerja Dalam Ruangan Ber-AC

Nah, beberapa jenis makanan di bawah ini bisa kamu konsumsi untuk mengatasi kulit kering. Berikut adalah daftar makanan untuk kulit kering yang mudah dan bisa dicoba:

1. Ikan untuk Mengatasi Kulit Kering

freepik.com

Jenis makanan untuk kulit kering yang pertama adalah ikan. Ikan yang hidup di air laut dalam memiliki banyak kandungan omega 3 yang baik untuk kulit. Jenis ikan yang banyak dikonsumsi seperti salmon, tuna, dan sarden. Tidak heran bila kulit orang Jepang terlihat lembut dan sehat karena mereka rutin mengonsumsi ikan dalam bentuk sashimi atau sushi. Namun, olahan ikan yang direbus dan dibakar akan lebih baik dibandingkan dengan menggorengnya.

2. Bayam, Sayuran Hijau Penuh Nutrisi

freepik.com

Sayuran bayam ini memang sudah dikenal memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain memiliki banyak serat untuk pencernaan, bayam juga memiliki kandungan mineral seperti zat besi, vitamin E, vitamin A, dan vitamin C yang baik untuk kulit. Kandungan antioksidan dan H20 dalam bayam ini juga dapat menambah kelembapan kulit. Tidak heran jika bayam termasuk salah satu makanan untuk kulit kering.

3. Alpukat Menghidrasi Kulit Kering

freepik.com

Alpukat memang sudah dikenal dengan manfaatnya untuk kecantikan. Dari masker rambut dan wajah hingga digunakan sebagai program diet. Hanya dengan mengonsumsi buah ini tanpa perlu mengolahnya, kamu bisa mendapatkan banyak kandungan antioksidan, betakaroten, omega 3, dan berbagai vitamin untuk kulit. Jika kamu merasa belum cukup dengan mengonsumsinya, kamu bisa menggunakan alpukat sebagai masker tubuh untuk mengatasi kulit kering.

Baca Juga : Kulit di Sekitar Bibir Kering? Ikuti 5 Cara Ini Untuk Mengatasinya

4. Ubi Bisa Mengatasi Kulit Kering

freepik.com

Bentuk ubi yang padat cukup untuk mengenyangkan perut. Selain itu, kandungan gula alami pada ubi membuat rasanya terasa manis dan enak dikonsumsi langsung setelah merebusnya. Kandungan vitamin A dan betakaroten dalam ubi ini sangat baik untuk kulit.

5. Kacang dan Biji-Bijian

freepik.com

Jika kamu senang ngemil atau makan camilan, mulai sekarang coba ganti camilanmu dengan kacang atau biji-bijian. Dibalik bentuknya yang kecil, ternyata kacang almond, kenari, kismis, dan biji bunga matahari memiliki kandungan kaya antioksidan dan vitamin E yang dapat melembapkan kulit. Dengan rutin mengonsumsi kacang dalam jumlah yang cukup mampu membantu proses regenerasi kulit dan membuatnya lebih lembut.

Last Updated on March 02, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 12 October 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya