Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Menggunakan Pelembap Wajah

0
Diunggah 19 October 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeHyaluronic Acid

Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Menggunakan Pelembap Wajah

Setelah mandi atau sebelum beraktivitas biasanya pelembap akan diaplikasikan terlebih dulu ke kulit wajah. Namun, banyak orang yang merasa penggunaan pelembap ini bisa dilewatkan begitu saja karena merasa kulit sudah cukup lembap.

Padahal penggunaan pelembap dapat mengatasi masalah inflamasi atau jerawat karena kulit dehidrasi. Meski begitu kamu tidak bisa asal-asalan menggunakan pelembap. Ada beberapa hal yang harus kamu hindari saat menggunakan pelembap wajah. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Produk Pelembap Tidak Sesuai

Produk pelembap yang terbaik adalah produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Ada berbagai macam tipe pelembap di dunia kecantikan, mulai dari konsistensi berupa gel, krim, lotion, ointment, dan foam. Maka dari selalu pastikan untuk memakai pelembap sesuai kebutuhan kulit.

Contohnya, bahan hyaluronic acid dan ceramides yang cocok untuk kulit kering, sedangkan serum gel atau produk bebas minyak cocok untuk kulit berminyak.

2. Mengaplikasikan Pelembap ke Kulit Kering

Kinerja pelembap akan lebih efektif jika diaplikasikan pada kulit yang agak lembap. Kondisi kulit yang lembap menyerap produk dengan sangat baik dan mengunci kelembapan dalam waktu yang lama. Petunjuk pemakaian pelembap juga menyebutkan jika kamu harus mengaplikasikan produk pada kulit yang bersih.

3. Terlalu Keras Saat Menggosok Pelembap

Pelembap harus diaplikasikan dengan memijatnya secara lembut ke kulit. Jika melakukan hal ini, sirkulasi darah akan meningkat dan ini membantu penyerapan produk. Namun, jika kamu menggosok terlalu keras, hal ini akan membuat lapisan pelindung kulit menjadi lemah dan menyebabkan inflamasi yang rentan dengan infeksi.

4. Mengaplikasikan Produk Tidak Sesuai Urutan

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari produk, kamu harus mengaplikasikan produk dengan cara yang tepat. Awali menggunakan produk yang memiliki konsistensi ringan, sampai ke produk dengan formula yang berat. Kalau kamu sedang berjerawat, mulailah dengan mencuci wajah lalu aplikasikan obat jerawat. Terakhir, aplikasikan pelembap yang mengandung sunscreen.

Baca Juga : Hilangkan Jerawat di Punggung dengan 5 Cara Mudah Ini

5. Tidak Mencoba Sebelum Membeli

Sama seperti makeup, kamu juga harus mencoba mengaplikasikan pelembap ke kulit sebelum membelinya. Kamu juga bisa mengoleskan sedikit produk baru ke leher selama seminggu untuk melihat reaksinya, seperti menyumbat pori-pori atau menimbulkan iritasi.

Namun, jika kamu malas untuk melakukannya, kamu bisa lihat kandungan dalam produk dan menghindari kandungan seperti AHA, BHA, retinol, atau ekstrak tanaman. Selain itu, perhatikan juga kandungan parfum, paraben, dan essential oil dalam produk.

6. Menggunakan Krim Pagi di Malam Hari

Kulit bekerja lebih aktif memperbaiki dirinya saat di malam hari, pergantian sel dan regenerasi kulit biasanya terjadi saat kamu sedang tidur.

Kamu harus mengaplikasikan produk kecantikan untuk membantu kinerja kulit saat malam hari. Nah, krim malam biasanya mengandung bahan dasar seperti retinol dan peptides untuk menenangkan dan memperbaiki kulit. Maka penggunaan krim pagi memang hanya diperuntukan untuk pagi hari saja.

7. Tidak Menggunakan Pelembap dengan SPF di Pagi Hari

Para ahli biasanya menyarankan untuk selalu menggunakan pelembap dengan kandungan sunscreen, bahkan ketika cuaca sedang hujan. Hal ini dikarenakan eksposur matahari paling rendah dapat menimbulkan keriput dini dan mengembangkan potensi kanker kulit. Maka dari itu, jangan pernah lupa untuk menggunakan pelembap dengan kandungan sunscreen.   

Last Updated on June 19, 2023

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 19 October 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya