fbpx

Sebenarnya Penggunaan Acne Patch pada Jerawat Efektif Tidak Sih? Simak Jawabannya Yuk!

Healthy Skin - Elisabeth - May 6, 2021

Penggunaan acne patch sudah menjadi hal yang lumrah pada wajah berjerawat. Namun, acne patch ini benar-benar efektif untuk jerawat tidak sih?

Berurusan dengan masalah kulit wajah memang membuat tingkat kesabaran cepat menipis. Terutama masalah jerawat yang tak kunjung hilang. Membersihkan wajah dari jerawat membutuhkan waktu dan proses, tetapi kamu juga bisa menghilangkan jerawat dalam sekejap dengan bantuan acne patch. Produk ini memang cukup praktis karena kamu hanya perlu menempelkan sticker pada jerawat. Setelah itu kamu hanya perlu menunggu beberapa jam atau semalaman dan jerawat akan mengempis dengan sendirinya. Sebenarnya, penggunaan acne patch ini seberapa efektif sih?

[photo : sehatq.com]

Cara Kerja Acne Patch

Acne patch adalah perban hidrokoloid yang digunakan dokter selama beberapa dekade untuk mengatasi bisul atau luka kronis. Produk berbentuk sticker ini didesain dengan berbagai ukuran yang dapat kamu sesuaikan dengan ukuran jerawat sehingga mudah untuk digunakan.

Acne patch ini mampu menarik dan menyerap isi jerawat, serta membantu membuat jerawat kempis. Beberapa di antaranya memiliki bahan aktif seperti salicylic acid yang dapat membantu mengikis sumbatan pori-pori penyebab jerawat. Selain mengobati jerawat, produk ini juga melindungi jerawat dari jari tangan yang ingin menyentuh atau memencet jerawat.

Jerawat yang Mampu Dihilangkan oleh Acne Patch

Seorang dermatologis, Dr. Anna Guanche mengatakan bahwa acne patch bisa menjadi perawatan yang relatif efektif dan ideal untuk whitehead atau pustula. Namun, produk ini tidak cocok digunakan pada blackheads, jerawat kistik, atau pori tersumbat. Selain itu, waktu penggunaan yang tepat juga menjadi faktor penting yang memengaruhi efektifitas acne patch. Sebaiknya kamu menggunakan acne patch saat jerawat mulai matang. Kamu juga bisa menusuk jerawat menggunakan jarum steril sebelum menutupnya dengan acne patch.

Baca Juga : Produk Avoskin yang Aman untuk Acne Prone Skin

Risiko Penggunaan Acne Patch

Dermatolog tetap menganjurkan agar kamu memeriksa kandungan produk acne patch terlebih dahulu untuk mengetahui kemungkinan alergi. Kalau kamu memiliki kulit sensitif atau alergi pada salicylic aci sebaiknya hindari penggunaan produk berbahan salicylic acid.

Penggunaan acne patch yang berlebihan bisa menyebabkan kulit kering, bersisik, atau terkelupas di sekitar jerawat. Jika hal ini terjadi maka area ini akan sulit ditutupi dengan makeup. Sebaiknya, kamu mencari produk dengan kandungan yang melembapkan seperti hyaluronic acid untuk mencegah kulit mengalami dehidrasi saat jerawat ditutupi dengan acne patch.   

Ternyata penggunaan acne patch tidak begitu berpengaruh untuk mengatasi jerawat ya. Mulai sekarang kamu tetap perlu menggunakan produk perawatan kulit yang memang khusus untuk jerawat. Kamu bisa mencoba YSB Serum Salicylic Acid dari Avoskin untuk mengempiskan jerawat lalu ditambah dengan Perfect Hydrating Treatment Essence untuk menenangkan kondisi kulitmu.

Last Updated on May 7, 2021

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *