Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkan Milia pada Kulit

0
Diunggah 10 May 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkan Milia pada Kulit

Apakah muncul benjolan putih kecil di kulitmu? Kalau iya, mungkin kulitmu sedang terkena milia. Nah, simak pemaparan berikut tentang cara menghilangkan milia di wajah.

Milia bisa terjadi pada setiap orang tanpa mengenal usia. Memang, milia tidak membahayakan, tapi nampilanmu jadi kurang menarik akibat munculnya milia.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan milia di kulit. Namun, berbagai macam cara menghilangkan milia juga bisa kamu lakukan untuk mencegah masalah kulit ini. Lalu, apa sih sebenarnya milia ini? Yuk, kenali gejala milia dan cara menghilangkan milia di wajah.

Baca Juga : Cara Mudah Menghilangkan Bruntusan di Dahi dengan Produk Skincare

Gejala Milia

Milia ditandai dengan munculnya benjolan berwarna putih mutiara atau putih kekuningan. Benjolan berukuran kecil dengan diameter sekitar 1-2 milimeter. Ini tidak berbahaya untuk kulit, kondisi ini juga tidak menimbulkan nyeri, tetapi benjolan ini bisa membuat rasa tidak nyaman untuk sebagian orang.

Milia bisa terlihat kemerahan dan mengalami iritasi jika bergesekan dengan pakaian atau seprai yang berbahan kasar. Milia bisa muncul di mana saja tetapi sering muncul berkelompok di area dahi, kelopak mata, hidung, belakang telinga, pipi, atau kulit kepala.

Baca Juga : Sebenarnya Penggunaan Acne Patch pada Jerawat Efektif Tidak Sih? Simak Jawabannya Yuk!

Cara Menghilangkan Milia Di Wajah

Milia bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau bulan dan tidak berbahaya bagi penderitanya. Namun, bagi penderita milia yang perlu penangan khusus, milia dapat dihilangkan menggunakan jarum bersih untuk mengeluarkan isinya.

cara menghilangkan milia di wajah
Milia dan Cara Mengatasi Milia
Photo: Shutterstock

Meski begitu, tidak disarankan melakukannya sendiri karena dapat menyebabkan luka parut, kerusakan pada kulit, atau infeksi. Kamu juga dapat melakukan metode peeling dan cryotherapy yang menggunakan nitrogen cair untuk menghancurkan milia.

Sebelum terlambat, kamu bisa mencegah munculnya milia sekaligus menjadi cara menghilangkan milia di wajah. Berikut adalah cara menghilangkan milia yang tepat:

1. Biasakan Membersihkan Wajah dengan Bersih

Cara menghilangkan milia adalah dengan membiasakan diri untuk membersihkan wajah dengan bersih. Jika masih anak-anak, cucilah wajah minimal sekali sehari, sementara remaja atau orang dewasa harus mencuci wajah dua kali sehari. Bersihkan wajah dengan pembersih wajah yang dapat mengangkat kotoran dan sel kulit mati secara optimal.

2. Bersihkan Wajah dengan Facial Cleanser yang Tepat

Cara menghilangkan milia yang mudah dilakukan adalah dengan membersihkan muka dengan face wash dengan kandungan yang cocok untuk jenis kulitmu.

Dapatkan semua kelebihan itu pada Natural Sublime Facial Cleanser yang cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Ekstrak lidah buaya, antioksidan dan vitamin E akan mewujudkan kulit yang bersih dan cocok menjadi skincare untuk menghilangkan milia.

3. Rawat Area Kulit Sekitar Mata

Berikutnya, cara menghilangkan milia dibawah mata dapat kamu lakukan dengan melakukan perawatan pada area kulit sekitar mata. Kamu juga bisa menggunakan Advanced Action Eye Ampoule dari Avoskin untuk merawat area kulit mata. Selain menutrisi kulit di area mata, eye ampoule ini juga bisa digunakan sebagai skincare untuk menghilangkan milia.

4. Hindari Melakukan Pengikisan atau Memencet Area Milia

Cara menghilangkan milia di wajah dengan memencet atau mengikis kulit milia sangat tidak dianjurkan. Menggunakan metode ini sebagai cara menghilangkan milia bisa dibilang tidak aman karena jika akan membawa kuman dan bakteri dari tangan ke kulit wajah. Cara menghilangkan milia dengan memencetnya juga akan berdampak pada munculya bopeng atau kemerahan yang tidak diinginkan.

5. Gunakan Sunscreen

Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah selalu menggunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih. Sunscreen dapat mencegah kulitmu dari paparan sinar matahari yang dapat memicu hal-hal yang tidak diinginkan pada kulit wajah.

6. Gunakan Produk Perawatan yang Aman dam Sesuai Jenis Kulit

Kamu juga perlu rutin menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit dan bebas paraben. Sebaiknya, kamu juga menghindar produk dengan kandungan kortikosteroid dan rutin mengonsumsi suplemen vitamin.

Cara Menghilangkan Milia : Ketahui Penyebab Munculnya Milia

Milia yang muncul pada sebagian besar bayi dan orang dewasa disebabkan karena kulit tidak terkelupas dengan baik. Sebuah milium dapat berbentuk akibat adanya protein, bernama keratin yang terperangkap di dalam kalenjar pilosebasea pada lapisan dermis kulit.

Penyebab milia di wajah lainnya lain bisa dipengaruhi oleh terlalu banyak terpapar sinar matahari. Kulit yang terpapar sinar matahari terlalu sering dapat menyebaban gangguan pada kelenjar pilosebasea sehingga memicu munculnya milia.Β 

Rekomendasi Skincare

Jika sudah mengetahui dan menghindari penyebabnya, berikut adalah rekomendasi skincare untuk menghilangkan milia :

1. Avoskin Miraculous Retonil Toner

Retinol merupakan salah satu kandungan yang dapat diandalkan dan bagus untuk mengurangi milia. Salah satu toner retinol yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan milia adalah Avoskin Miraculous Retonil Toner. Dengan kandungan actosome retinol yang memiliki efek saming 50% lebih ringan dari retinol biasa, produk ini dapat digunakan oleh pemula sekalipun.

2. Serum untuk Menghilangkan Milia : Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Berikutnya yaitu rekomendasi serum untuk menghilangkan milia dengan menggunakan Avoskin Miraculous Retinol Ampoule. Produk ini memiliki tekstur yang cukup kental sehingga kamu bisa menggunakannya seperti serum. Selain itu Avoskin Miraculous Retinol Ampoule juga dapat membantu mengurangi dark spot dan garis halus sehingga kulit wajah akan lebih cerah.

Baca Juga : Perbedaan Fungal Acne, Bruntusan, Whitehead, dan Milia

Mencegah Munculnya Milia

Jika kamu dapat menghilangkan milia di wajah, maka kamu juga dapat mencegah milia muncul kembali. Pada beberapa kasus, milia memang tidak bisa dicegah. Kamu wajib menjaga kesehatan kulit untuk mengurangi risiko terjadinya milia.

Sekarang kamu sudah mengenal milia lebih jauh lagi kan? Masih bingung cara mengatasi milia yang ada di wajahmu? Kalau kamu kesulitan untuk menghilangkan milia di wajahmu, sebaiknya kamu langsung menghubungi dokter. Karena tidak semua kondisi milia bisa diatasi oleh produk perawatan kulit yang beredar di pasaran. Semoga berhasil, Sahabat AVO!

Last Updated on May 10, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 10 May 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya