Kenali Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

0
Diunggah 11 May 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Kenali Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Banyak faktor yang mempengaruhi munculnya jerawat dari hormon, genetik, ataupun kesalahan dalam merawat kulit wajah. Maka, kenali jenis jerawat dan cara mengatasi jerawat, ya!

Dari beragam tipe jerawat tentunya masing-masing memiliki cara yang berbeda dalam mencegah ataupun mengobatinya agar tidak semakin parah. Harapannya setelah kamu mengetahui apa penyebabnya, kamu bisa lebih mudah dalam mencegah atau mengobati jerawat. Nah, berikut ini jenis jerawat dan cara mengatasi jerawat. Simak, yuk!

1. Whiteheads

Whiteheads adalah jerawat dengan titik putih di tengahnya. Munculnya jerawat whitehead disebabkan karena minyak wajah terperangkap di bawah pori-pori yang bercampur dengan kotoran dan bakteri sehingga mengakibatkan peradangan, benjolan bengkak, dan akhirnya menimbulkan jerawat.

Untuk mengatasinya kamu sebaiknya mulai rajin membersihkan wajahmu secara optimal. Pilihlah pembersih wajah yang cocok untuk jenis kulitmu yang membantu kulit wajahmu dalam melawan radikal bebas yang dapat merusak jaringan kulitmu. Dengan begitu, kulit yang halus dan kenyal bisa kamu dapatkan.

2. Jerawat Hormonal

Jika kamu mulai melihat munculnya dalam jumlah yang lumayan banyak di sekitar dagu dan rahang sabelum menstruasi, bisa jadi itu termasuk jerawat hormonal. Biasanya jerawat jenis ini munculnya konsisten setiap bulan. Di jelaskan oleh dokter kulit dan direktur riset dan kosmetik klinik dermatologi di Mount Sinai Hospital Joshua Zeichner dari laman allure.com adanya hormon menstruasi dapat mempengaruhi tumbuhnya jerawat.

Hormon dapat menyebabkan produksi minyak atau sebum lebih cepat, akibatnya produksi minyak pun menjadi berlebihan. Nah, kelebihan minyak yang menetap di dalam pori-pori wajah itulah yang mengakibatkan jerawat muncul secara bersamaan. Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mulai mengontrol gaya hidup dan pola makan yang dapat memicu munculnya jerawat. Mulailah tidak mengkonsumsi junk food yang mengandung garam tinggi.

3. Jerawat Cystic

Jerawat jenis ini biasanya berbentuk besar, merah, dan meradang, bahkan sampai menimbulkan rasa sakit. Jerawat ini termasuk salah satu jenis yang lebih berat dibandingkan jenis lain. Hal ini disebabkan oleh genetika dan stimulasi hormonal kelenjar minyak.

Jika kamu mengalami jenis ini, maka yang harus kamu lakukan adalah memberikan obat jerawat yang mengandung benzoil peroksida dan hidrogen peroksida dipercaya dapat menghentikan pendarahan dengan cepat pada jerawat yang meradang. Setelah menggunakan obat jerawat, pastikan kamu tetap rutin menggunakan pelembap. Sebab, obat jerawat biasanya menyebabkan kondisi kering pada kulit wajah.

Baca Juga : 4 Mitos Jerawat yang Tidak Sesuai dengan Kenyataan

4. Jerawat Papula

Jika kamu menemukan jerawat merah yang muncul diatas permukaan kulit merupakan jerawat yang disebabkan bakteri. Pertumbuhan jerawat ini biasanya dimulai dengan adanya peradangan yang diikuti benjolan.

Penggunaan skincare dengan kandungan retinol dapat bekerja dengan baik dalam mengatasi jerawat dengan jenis papula ini. Karena benjolan ini berkelompok dan menyebar, kamu harus sabar dan rajin dalam menggunakan skincare utnuk menghilangkan jerawat ini.

Selain itu, cara mengobati yang lain dengan kamu menggunakan produk perawatan kulit yang tepat dan jangan lupa tetap menjaga kebersihan kulitmu. Kamu bisa mulai mencoba dengan menggunakan produk yang mengandung Ethyl Ascorbic acid dan ETVC yang memiliki kemampuan sebagai antioksidan dan anti inflamasi sehingga mampu mengurangi efek kemerahan akibat jerawat yang meradang.

5. Komedo

Warnanya yang hitam seperti titik-titik kecil di tengah pori-porimu juga disebabkan oleh minyak yang tersumbat. Warna hitam yang dihasilkan merupakan gabungan dari sel-sel kulit mati, kotoran, bakteri, sisa makeup, bahkan minyak yang tertahan. Akibatnya residu asing tersebut menumpuk dan mengendap di dalam pori-pori.

Untuk menghilangkannya kamu bisa menggunakan masker lidah buaya terbukti ampuh mencegah hadirnya komedo hitam. Lidah buaya memiliki khasiat sebagai anti bakteri dan anti inflamasi. Kamu juga dapat menggunakan alat pencabut komedo yang berbentuk seperti pencabut alis dengan ujung berbentuk seperti lingkaran atau berbentuk plester.

6. Blackheads

Berbeda dengan whiteheads, blackhead merupakan jenis jerawat berwarna hitam yang berawal dari komedo terbuka. Dikatakan komedo terbuka karena bagian atas dari pori-pori tetap terbuka dan sisanya tersumbat. Warna hitam pada komedo ini disebabkan karena pigmen kulit yang meningkat. Penyebab dari komedo hitam ini kurang lebih mirip dengan komedo putih. Produksi minyak berlebih dan perubahan hormon menjadi pemicu dari munculnya jerawat ini.

Untuk mengatasinya, ada beberapa produk dengan kandungan retinoid yang mampu untuk membantu mengurangi kemunculannya. Kamu juga bisa melakukan chemical peeling agar minyak dan sel kulit mati dapat terangkat dengan baik. Jika blackhead tak kunjung hilang, kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter professional untuk melakukan ekstraksi.

Semua masalah jerawat di atas sebenarnya bisa kamu tuntaskan menggunakan produk Avoskin. Kamu bisa pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu, mulai dari Your Skin Bae Serum / Toner Salicylic Acid atau Miraculous Refining Series. Sesuaikan dengan kondisi dan jenis kulitmu ya!

Last Updated on June 13, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 11 May 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya