Cara Mengatasi Bekas Jerawat PIE dan PIH yang Ada di Wajah

0
Diunggah 01 November 2021

Malwa

Copy Writer
0
LikeKulit Berjerawat

Cara Mengatasi Bekas Jerawat PIE dan PIH yang Ada di Wajah

Masih bingung cara mengatasi bekas jerawat? Coba ketahui terlebih dahulu tipe bekas jerawat apa yang kamu miliki. Bekas jerawat PIE ataukah PIH?

Setelah berjuang mengatasi jerawat, sering kali muncul permasalahan baru pada kulit wajah, yakni bekas jerawat. Bekas jerawat sendiri dibagi menjadi 2 yaitu PIE dan PIH. Tentunya kedua bekas jerawat tersebut berbeda, mulai dari warnanya, kenampakannya, hingga cara menghilangkannya.

Menghilangkan bekas jerawat akan mudah dilakukan ketika kita sudah mengetahui jenis bekas jerawat apa yang kita alami. Kamu tau gak sih kalau tidak semua bekas jerawat dapat ditangani dengan cara yang sama. Kira-kira bagaimana ya cara mengetahui dan mengatasi bekas jerawat tersebut? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini ya!

Bekas Jerawat PIE

Post Inflammatory Erythema/ PIEadalah bekas jerawat yang disebabkan oleh pembesaran pembuluh darah yang disebabkan oleh inflamasi. Biasanya bekas jerawat jenis ini ditandai dengan warna kemerahan atau keunguan.

Umumnya PIE akan dialami oleh orang yang memiliki tone kulit yang lebih terang. Namun, tidak menutup kemungkinan juga orang yang mempunyai tone kulit warna lebih gelap memilikinya

bekas jerawat pie
Foto Bekas Jerawat PIE: Bekas jerawat PIE ditandai dengan adanya bekas jerawat kemerahan

Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang dapat memiliki bekas jerawat PIE. Mulai dari yang disebutkan di awal yakni pembengkakan atau kerusakan pembuluh darah, kebiasaan dalam memencet jerawat, terkena paparan sinar matahari berlebih tanpa dilindungi oleh SPF, kurang tepatnya memilih dan menggunakan skincare atau bisa juga dikarenakan oleh jerawat jenis kistik.

Cara Mengatasai Bekas Jerawat PIE

1. Hindari eksfoliasi kulit

Melakukan eksfoliasi kulit baik secara kimiawi (menggunakan produk exfoliasi), maupun eksfoliasi fisik tidak direkomendasikan jika kamu sedang berada pada fase bekas jerawat PIE.

2. Coba untuk melakukan perawatan kulit secara medis

Cara efektif yang dapat dilakukan adalah melakukan perawatan medis seperti laser ataupun microneedling dibawah pengawasan dan konsultasi dari dokter.

3. Gunakan skincare kandungan niacinamide

PIH adalah bekas jerawat berwarna kemerahan hingga keunguan. Bekas jerawat ini memiliki kepanjangan Post Inflammatory Hyperpigmentation. Warna cokelat pada bekas jerawat ini disebabkan oleh berlebihnya produksi melanin.

Melanin sendiri adalah pigmen yang dapat memberikan warna pada kulit. Meningkatnya produksi melanin sendiri disebabkan oleh adanya inflamasi.

Berapa Lama Menghilangkan Bekas Jerawat PIE?

PIE yang berwarna kemerahan ini jika tidak ditangani dengan skincare maka dapat bertahan pada kulit hingga 6 bulan lamanya. Oleh karena itu penting untuk secara konsisten menggunakan skincare agar memudarkannya.

Skincare Menghilangkan Bekas Jerawat PIE

  1. Avoskin Your Skin Bae Mugwort Series
  2. Avoskin Your Skin Bae Alpha Arbutin
  3. Avoskin Your Skin Bae Azeclair

Baca Juga : Berikut Penjelasan Lebih Detail Mengenai Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat PIE

Bekas Jerawat PIH

Berbeda dengan bekas jerawat PIE yang berwarna merah hingga keunguan, PIH adalah bekas jerawat berwarna kecoklatan hingga kehitaman. Memiliki kepanjangan Post Inflammatory Hyperpigmentation.

Warna cokelat gelap hingga kehitaman pada bekas jerawat ini disebabkan oleh berlebihnya produksi melanin. Melanin sendiri adalah pigmen yang dapat memberikan warna pada kulit. Meningkatnya produksi melanin sendiri disebabkan oleh adanya inflamasi.

Foto Bekas Jerawat PIH: Bekas jerawat PIE ditandai dengan adanya bekas jerawat kecoklatan

Kebanyakan bekas jerawat jenis ini terjadi pada orang yang memiliki tone warna kulit yang lebih gelap. Namun, tidak menutup kemungkinan terjadi pada orang yang memiliki tone kulit lebih terang. PIH biasanya singgah lebih lama dibandingkan PIE.

Baca juga: Hati-hati, Ternyata 8 Benda Disekitarmu Ini Penyebab Munculnya Jerawat!

Cara Mengatasi Bekas Jerawat PIH

1. Gunakan skincare yang mencerahkan

Untuk memudarkan bekasnya terbilang cukup mudah. Kamu bisa menggunakan skincare dengan kandungan yang mencerahkan kulit seperti niacinamide dan vitamin c. Kedua kandungan tersebut dapat kamu temukan pada Avoskin Your Skin Bae Series Serum Niacinamide 12% dan Vitamin C 3%. Bahan alami tersebut diformulasikan sebagai booster untuk mencerahkan wajah, memudarkan darkspot, sekaligus melelmbabkan.

2. Lakukan eksfoliasi kulit

Selain itu kamu bisa juga melakukan eksfoliasi baik dengan physical exfoliation ataupun chemical exfoliation. Untuk kamu yang belum familiar dengan eksfoliasi. Eksfoliasi physical sendiri adalah proses mengangkat sel kulit mati dengan cara menggosok permukaan wajah dengan produk yang mengandung scrub.

Sedangkan eksfoliasi chemical mengangkat sel kulit mati dengan bantuan bahan kimia seperti AHA dan BHA yang terkandung dalam skincare. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan jenis kulit wajah. Untuk pemula sebaiknya mulai dulu dengan melakukan physical exfoliation. Ketika wajah sudah terbiasa, kamu dapat memulai untuk melakukan chemical exfoliation.

Sudah lebih paham kan tentang perbedaan keduanya. Sekarang kamu bisa dengan mudah nih mengatasi bekas jerawat secara maksimal sesuai dengan jenisnya!

Last Updated on June 16, 2023

Tags Terkait

#bekasjerawat

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Malwa

Copy WriterDiunggah 01 November 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya