6 Hal Ini Menentukan Wajahmu Berjerawat atau Tidak

0
Diunggah 05 December 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

6 Hal Ini Menentukan Wajahmu Berjerawat atau Tidak

Kebiasaanmu sehari-hari bahkan menjadi tolak ukur wajah berjerawat. Apakah kamu sudah melakukan semuanya dengan benar?

Wajah bersih dan bebas dari kulit berjerawat tentu menjadi dambaan setiap orang. Selain membuat semakin percaya diri, penampilan pun dapat terpancar lebih baik dibandingkan dengan kulit yang tidak terawat. Namun, munculnya jerawat tak semata-mata hanya ditentukan oleh cara merawat wajah dan kondisi hormonal saja, lho. Terdapat faktor-faktor lain yang akan menentukan wajah berjerawat atau tidak. Penasaran apa saja? Simak ulasan ini sampai selesai, ya!

Pola Mencuci Wajah

Mencuci wajah ialah hal utama dalam perawatan kulit. Namun, pastikan kamu sudah mengetahui bagaimana cara mencuci wajah yang baik dan benar. Pilihlah produk pencuci wajah yang cocok dan sesuai dengan jenis kulitmu. Lalu, perhatikan juga intensitas berapa kali kamu mencuci wajah dengan sabun. Ahli dermatologis mengatakan, bahwa idealnya dalam satu hari cukup 2-3 kali mencuci wajah. Selebihnya, justru akan memicu pertumbuhan jerawat lebih parah lagi.

Semakin kamu sering mencuci wajah, maka kelenjar minyak dalam kulit akan semakin banyak memproduksi minyak alami. Minyak yang berlebihan ini tentunya dapat berpotensi menyumbat pori-pori dan folikel kulit. Jika pori-pori sudah tersumbat, maka tak heran apabila wajah menjadi lebih berminyak dan rentan terhadap jerawat. Terutama, jika wajah seringkali kontak dengan debu, polusi dan sinar matahari.

Penggunaan Produk Kecantikan

Selain mencuci wajah, perawatan wajah dengan produk-produk kecantikan lainnya seperti krim wajah, toner, ataupun face mist, juga diperlukan. Biasanya, mereka yang menggunakan produk-produk pendukung ini memiliki wajah yang terlihat lebih sehat dan terawat.

Yang paling penting, pilihlah produk kecantikan yang sesuai untuk jenis kulit wajahmu, terbuat dari bahan yang aman, dan tidak mengandung banyak bahan kimia. Banyaknya bahan kimia yang mengendap di kulitmu dapat menimbulkan efek samping yang berkepanjangan. Ya, hal inilah yang menjadi awal mula munculnya ketergantungan produk.

Untuk langkah amannya, pilihlah produk kecantikan yang cocok untuk semua jenis kulit (all skin type) dan mengandung bahan yang alami, sehingga kulit akan lebih mudah menerima formulanya untuk dapat bekerja secara optimal pada kulitmu.

Baca Juga : Spot Treatment yang Wajib Kamu Gunakan untuk Setiap Tipe Jerawat

Konsumsi Makanan

Pola makan juga menentukan kehadiran jerawat di wajahmu. Biasanya, jerawat disebabkan oleh konsumsi makanan berlemak dan berprotein tinggi. Makanan pedas, gorengan, telur, serta makanan instan berpengawet atau junk food menjadi beberapa contohnya.

Kandungan lemak dan protein yang berlebihan nantinya akan diserap oleh tubuh. Protein akan berpengaruh pada hormon pertumbuhan yang memicu tumbuhnya jerawat. Sementara lemak, akan mengendap di seluruh tubuh dan dikeluarkan melalui jaringan kulit. Hal inilah yang kemudian memicu wajah menjadi lebih berminyak dan mudah ditumbuhi jerawat.

Namun, bukan berarti kamu harus 100% menjauhi makanan berlemak dan berprotein, ya. Ingat, tubuhmu juga memerlukan zat tersebut untuk lebih sehat. Yang perlu diperhatikan, ialah bagaimana kamu menyeimbangkan pola makanmu dengan tidak mengkonsumsinya secara berlebihan, banyak minum air putih, konsumsi makanan berserat, dan tentunya dengan kebiasaan berolahraga.

Paparan Sinar Matahari

Siapa sangka, sengatan sinar matahari juga sangat berpengaruh bagi pertumbuhan jerawatmu. Hal ini terjadi karena sinar ultraviolet yang kontak langsung dengan kulit wajah bisa merusak jaringan luar kulit. Akibatnya perlindungan terluar kulit wajah menjadi hilang dan membuat kulit lebih rentan terhadap bakteri dan virus penyebab jerawat.

Untuk itu, kamu harus tanggap dalam melindungi kulitmu secara tepat. Pemakaian tabir surya salah satu langkah pencegahannya. Pilih tabir surya atau sunblock yang mengandung SPF, terlebih bagi kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan.

Kadar SPF yang ditawarkan pun berbeda-beda, jika jenis kulitmu berminyak, kadar SPF 30 sudah cukup, kok, untuk menemani aktivitas seharianmu. Kamu juga bisa menggunakan The Great Shield Sunscreen dari Avoskin untuk melindungi kulit.

Keturunan

Genetik juga menentukan hadir atau tidaknya jerawat di wajahmu. Namun, yang kamu lakukan bukan hanya menerima kenyataan, namun juga harus merawatnya dengan sebaik mungkin. Untuk jerawat yang disebabkan karena keturunan, biasanya memerlukan perawatan jauh lebih intensif daripada jerawat yang diakibatkan karena kondisi hormonal. Jenis jerawat yang muncul pun tergantung pada genetik yang diturunkannya.

Perawatan yang bisa digunakan untuk jerawat genetik ini bermacam-macam, mulai dari perawatan laser, facial, hingga perawatan dengan menggunakan produk secara berkala. Namun pada dasarnya, perawatan menggunakan krim wajah saja sudah cukup, kok, asalkan dilakukan secara rutin dan teratur.

Pasti akan terlihat perbedaan antara kulit yang terawat dengan yang tidak dirawat, bukan? Setidaknya, semua perawatan tersebut bisa meminimalisir pertumbuhan jerawatmu, serta mencegah kemungkinan munculnya jerawat baru.

Make-Up

Beberapa faktor yang membuat penggunaan make up amat berpengaruh terhadap pertumbuhan jerawat ialah jenis makeup yang digunakan dan cara membersihkan makeup setelah penggunaan. Terdapat beberapa jenis makeup yang dapat menimbulkan jerawat dan komedo di wajah. Salah satunya, ialah makeup dengan bahan dasar minyak (oil-based) dan juga makeup yang sifatnya comedogenic, atau berpotensi menyumbat pori-pori wajah karena teksturnya yang terlalu tebal.

Selain itu, cara pembersihan makeup juga perlu diperhatikan. Pastikan kamu selalu membersihkan makeup sebersih mungkin setelah beraktivitas seharian. Gunakan makeup remover untuk membuat proses pembersihan semakin maksimal. Setelahnya, kamu bisa membasuh wajah dengan air hangat agar tidak ada lagi sisa-sisa makeup yang menempel dan menyumbat pori-pori wajah.

Tentunya, kulit bebas jerawat bisa didapatkan dari kondisi wajah yang bersih, sehat dan terawat. Untuk memaksimalkannya, gunakanlah Avoskin untuk melengkapi perawatanmu sehari-hari. Ayo, pancarkan pesona cantik alami yang ada di dalam dirimu mulai hari ini, esok, dan nanti! Tidak ada lagi wajah berjerawat bersama Avoskin!

Last Updated on December 08, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 05 December 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya