Jangan Asal Pakai, Ini Efek Samping Minyak Zaitun pada Kulit Wajah

0
Diunggah 26 December 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Jangan Asal Pakai, Ini Efek Samping Minyak Zaitun pada Kulit Wajah

Merasa minyak zaitun untuk perawatan wajah itu baik? Padahal ada efek samping minyak zaitun jika tidak dikelola dengan baik loh!

Minyak zaitun memang dikenal baik untuk melembapkan kulit. <anfaat minyak zaitun antara lain untuk menjaga kesehatan kardiovaskular, mengurangi risiko kanker, hingga menguatkan fungsi otak. Meski begitu, bahan ini ternyata bisa menimbulkan dampak buruk pada wajah jika tidak digunakan dengan tepat dan berlebihan. Beriku ini adalah efek samping minyak zaitun yang akan kamu dapatkan.

1. Wajah Berjerawat

Jika kamu sering menggunakan minyak zaitun di wajah akan menyebabkan jerawat. Hal ini karena minyak zaitun memiliki konsentrasi yang kuat dan tidak mudah terserap kulit. Sehingga menciptakan lapisan tebal di kulit yang menyumbat pori-pori.

Kulit yang semakin berminyak dan berkomedo bisa membuat bakteri penyebab jerawat tubuh dan berkembang. Akibatnya, kulit pun meradang dan timbullah efek samping minyak zaitun berupa jerawat. Mulanya, jerawat yang timbul hanya berupa bentolan padat dan kemerahan. Lama-lama, jerawat bisa berkembang lebih parah sehingga menimbulkan bintik nanah.

2. Komedo Bermunculan

Komedo merupakan salah satu efek samping yang bisa muncul ketika minyak zaitun dioles langsung pada wajah. Kandungan asam oleat ini membuat kadar minyak pada kulit bertambah dan menumpuk. Hasilnya minyak pada kulit akan terjebak di dalam pori-pori bersama dengan debu dan kotoran lainnya. Ini akan menyebabkan pori-pori tersumbat dan komedo pun terbentuk. Jenis komedo yang timbul pun bisa berupa komedo tertutup atau terbuka. Masing-masing ditandai dengan warna putih dan kehitaman.

Tekstur minyak zaitun yang sangat lengket dan berminyak, membuatnya bisa menyebabkan blackhead atau komedo hitam di wajah. Minyak zaitun yang dioleskan ke wajah akan melapisi kulit dan memerangkap kotoran hingga kulit mati di dalamnya. Akhirnya, komedo atau blackhead mulai terbentuk di wajah.

3. Skin Barrier Rusak

Asam oleat dalam minyak zaitun bisa merusak skin barrier atau lapisan pelindung alami pada permukaan kulit. Hal ini diakibatkan asam oleat justru bisa memecahkan komponen minyak alami pada skin barrier sekaligus membuatnya mencair. Ini membuat skin barrier melemah dan tidak kokoh yang mengakibatkan kulit rentan mengalami iritasi.

4. Ruam Kulit

Jika kamu memiliki tipe kulit berminyak, sebaiknya hindari penggunaan minyak zaitun secara langsung. Kulit berminyak ditandai dengan produksi sebum yang tidak terkontrol. Ketika minyak zaitun disatukan dengan kulit yang sudah berminyak secara alami, maka akan meyebabkan iritasi, ruam, dan kemerahan di kulit.

5. Menyebabkan Alergi

Minyak zaitun dapat menyebabkan alergi yang parah, seperti dermatitis kontak, eksim, gangguan saluran pernapasan, dan lainnya. Ini biasanya terjadi selama atau sesudah mengoleskan minyak zaitun ke tubuh. Alergi juga bisa kambuh, jika minyak zaitun digunakan saat memasak.

Alergi yang muncul biasanya ditandai dengan ruam, gatal, kemerahan, bengkak, serta kulit kering, mengelupas, dan terluka. Dalam kasus yang lebih parah, reaksi alergi bisa menjadi serius dan mengancam nyawa. Kondisi ini disebut dengan anafilaksis. Jika ini terjadi sebaiknya segera temui dokter dan diobati.

Last Updated on January 04, 2023

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 26 December 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya