Memiliki Banyak Manfaat, Ternyata Kandungan Witch Hazel Ampuh untuk Jerawat

0
Diunggah 08 November 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Memiliki Banyak Manfaat, Ternyata Kandungan Witch Hazel Ampuh untuk Jerawat

Mulai banyak kandungan witch hazel dalam produk skincare. Apa saja sih manfaat witch hazel ini, benarkah efektif untuk jerawat?

Witch hazel tengah populer di kalangan beauty enthusiast. Sudah mulai cukup banyak produk skincare yang menggunakan kandungan ini sebagai salah satu bahan dalam produknya. Bahan alami yang satu ini diklaim bisa mengurangi jerawat. Apakah itu benar? Lalu, apa saja sih manfaat witch hazel ini untuk kulit wajah? Simak penjelasannya sampai habis ya!

Baca Juga : 6 Kandungan Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier

Apa Itu Witch Hazel?

Witch hazel adalah salah satu ekstrak tumbuhan yang memberikan manfaat untuk kesehatan terutama kecantikan kulit. Kandungan ini berasal dari olahan tanaman yang memiliki nama asli Hamamelis Virginiana. Tanaman ini sering digunakan untuk pengobatan seperti diare, penyakit kulit, batuk, flu, hingga tuberkolosis. Tanaman ini memiliki daun, kulit pohon, dan sebagian ranting yang kering lalu diolah dengan proses destilasi untuk menghasilkan air witch hazel.

Witch hazel ini berfungsi untuk melawan jerawat dan efeknya membantu mengurangi pembengkakan, meringankan iritasi kulit, memperbaiki sel kulit yang rusak, mengencangkan kulit, dan melawan bakteri. Inilah alasan kandungan ini sering digunakan sebagai bahan untuk produk skincare terutama untuk kulit berjerawat dan anti aging.

Manfaat Witch Hazel untuk Kulit Wajah

Kandungan witch hazel yang digunakan dalam produk skincare ini akan memberikan banyak manfaat untuk kulit. Berikut ini beberapa manfaat witch hazel untuk kulit wajah.

1. Membantu Mengatasi Kulit Berjerawat

Fungsi utama kandungan witch hazel adalah mengurangi peradangan pada kulit serta mengurangi minyak berlebih yang menyebabkan jerawat. Witch hazel ini mampu mengurangi jumlah kontaminan yang masuk ke pori-pori.

Kandungan witch hazel juga memiliki sifat yang menguntungkan untuk kulit berjerawat seperti mengurangi produksi minyak, meredakan kemerahan pada kulit, dan membasmi bakteri penyebab jerawat. Keitga hal ini dihasilkan dari kandungan tanin dalam witch hazel yang menjadikannya astrigent yang kuat. Hasilnya, kulit yang mudah berjerawat akan terasa lebih kencang dan keseimbangan pH kulit terjaga.

2. Memperbaiki Kerusakan Kulit Akibat Sinar Matahari

Jika kamu sering melakukan aktivitas di luar ruangan, skincare dengan kandungan witch hazel dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Witch hazel ini ampuh untuk mengobati kulit terbakar akibat paparan sinar matahari dan mempercepat kesembuhan kulit terbakar dalam beberapa hari.

3. Mempercepat Penyembuhan Kerusakan Jaringan Kulit

Sebagian besar kandungan tanin akan dihilangkan setelah melalui proses distilasi. Proses ini membantu mempertahankan sifat antioksidan dan anti peradangan. Kedua sifat ini membantu meredakan bekas luka, membersihkan noda, dan mempercepat penyembuhan masalah kulit. Selain itu, tanin dalam witch hazel memiliki manfaat lain yaitu mengecilkan pori-pori kulit khususnya kulit berminyak.

Baca Juga : Kandungan Green Tea Efektif Mengatasi Jerawat, Benar Tidak Sih?

4. Mengatasi Iritasi dan Menyamarkan Bekas Luka

Witch hazel mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk mengatasi peradangan kulit dan kemerahan dari iritasi. Nah, witch hazel ini juga mempercepat regenerasi kulit sehingga bekas luka tersamarkan. Hal ini dikarenakan witch hazel bersifat astringen yang membantu membersihkan kulit dan memberi efek menenangkan untuk kulit.

5. Mengangkat Minyak pada Kulit

Witch hazel kaya akan antioksidan dengan tanin yang berfungsi sebagai zat alami pada kulit yang dapat membantu mengurangi kelebihan minyak. Tidak heran jika bahan ini sering digunakan dalam produk pembersih dan toner. Kamu cukup mengaplikasikan witch hazel ke kapas dan bersihkan kulit sekali atau dua kali sehari menggunakan skincare dengan kandungan witch hazel.

Cara Memilih Produk Witch Hazel yang Baik

Kamu perlu memilih produk witch hazel yang bebas dari kandungan alkohol karena biasanya witch hazel diekstrasi dengan alkohol untuk membuat toner astringen. Namun, kandungan alkohol yang terlalu tinggi akan menyebabkan kulit kering dan gangguan pada skin barrier.

Akan lebih baik jika kamu memilih produk witch hazel yang mengandung kandungan menghidrasi seperti hyaluronic acid atau aloe vera agar produk yang kamu gunakan tidak membuat kulit terasa kering. Jika kamu masih belum yakin, kamu bisa menggunakan produk skincare itu di lengan dan lihat reaksinya selama 24 jam terlebih dahulu.

Ternyata banyak sekali ya manfaat witch hazel ini. Jika kamu ingin memiliki skincare dengan bahan ini, jangan lupa memerhatikan setiap kandungan di dalam produk yang kamu pilih ya!

Last Updated on April 04, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 08 November 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya