Yuk, Ikuti Tips Memilih Skincare untuk Pria Ini

0
Diunggah 09 November 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Yuk, Ikuti Tips Memilih Skincare untuk Pria Ini

Pria juga perlu menggunakan skincare loh! Coba ikuti tips memilih skincare pria ini agar kulit wajah tetap sehat dan terawat sepanjang hari ya.

Bukan cuma wanita, merawat kulit wajah juga penting dilakukan oleh pria. Sekarang sudah ada beragam produk perawatan wajah pria yang bisa kamu gunakan. Namun, kamu jangan asal menggunakan produknya dan sesuaikan dengan jenis kulit ย agar mendapatkan hasil yang maksimal. Perawatan kulit pria cukup sederhana, kamu tidak perlu memakai terlalu banyak produk karena pria biasanya tidak menggunakan makeup jadi jarang terpapar bahan kimia. Nah, kamu bisa ikuti beberapa tips memilih skincare pria di bawah ini.

1. Pilih Cleanser yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Pria memiliki kulit yang lebih tebal dibandingkan wanita sehingga kurang sensitif terhadap kandungan pelembap atau pembersih wajah. Meskipun begitu, bukan berarti pria bisa menggunakan sabun muka secara sembarangan. Jika kamu memiliki jenis kulit kering, sebaiknya pilih produk dengan kandungan vitamin E, minyak jojoba, minyak zaitun, atau gliserin untuk menjaga kelembapan kulit. Jika kamu memiliki kulit berminyak, kamu bisa menggunakan sabun cuci muka yang mengandung asam glikolat, asam salisilat, atau benzoil peroksida. Ketiga bahan ini memiliki kandungan antibakteri dan mampu mengangkat sel kulit mati sehingga mampu membersihkan kotoran di pori-pori.

2. Pilih Brand Skincare yang Sudah Terpercaya

Sudah ada banyak produsen produk skincare yang menawarkan produk dengan jenis kulit yang berbeda. Kamu bisa membeli produk yang sudah dipakai oleh banyak orang agar terjamin keamanannya seperti produk skincare dari Avoskin. Meski begitu, bukan berarti semua merk produk skincare yang terkenal sesuai dengan kulitmu. Kamu tetap harus memerhatikan kandungan yang ada di dalamnya karena tidak semua kandungan akan cocok dengan kulitmu.

3. Gunakan Mosturizer atau Pelembap

Kulit pria juga membutuhkan pelembap untuk mencegah hilangnya kelembapan kulit. Kulit wajah yang lembap bisa mengurangi kerutan dan garis halus di wajah sehingga wajah terlihat lebih awet muda. Kamu bisa memilih pelembap yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Pertama, pelembap berupa gel atau toner cocok untuk kulit berminyak. Sedangkan, untuk kulit normal kamu bisa memilih pelembap dengan bentuk losion dan pelembap berupa krim untuk kulit kering. Jika kamu ingin mengatasi masalah jerawat di wajahmu, kamu bisa memilih pelembap dengan kandungan asam salisilat dan asam glikolat untuk membantu membersihkan sel kulit mati.

Baca Juga : Perawatan Kulit Wajib yang Harus Dilakukan Pria

4. Gunakan Sunscreen Minimal SPF 30

Kamu perlu menggunakan sunscreen dengan kandungan minimal SPF 30 setiap hari untuk melindungi kulit wajah dari bahaya sinar matahari sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan. Jangan lupa untuk selalu membersihkan sunscreen dan semua produk yang digunakan oleh wajah setelah selesai melakukan aktivitas di luar ruangan. Hal ini penting karena dikhawatirkan dapat muncul masalah kulit jika tidak segera dibersihkan.

5. Scrub Wajah untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Eksfoliasi menggunakan scrub bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati, kotoran, dan debu dari wajah sehingga kulit menjadi lebih cerah dan sehat. Hal ini penting karena kulit mengalami proses regenerasi setiap 30 hari sekali. Jika kamu biarkan saja maka sel kulit mati yang menumpuk akan membuat wajah kasar, kusam, dan muncul jerawat serta komedo. Eksfoliasi ini membantu penyerapan produk perawatan wajah seperti pelembap jadi kandungan yang baik bisa meresap ke kulit dengan sempurna.

Cara menggunakan scrub cukup mudah, kamu cukup usapkan scrub pada wajah dengan gerakan memutar secara perlahan lalu basuh dengan air hingga bersih. Jangan membasuh wajah dengan air panas karena membuat kulit menjadi kering, gatal, kusam, dan bersisik. Agar kulit tidak kering sebaiknya hindari menggunakan air hangat dan keringkan wajah dengan ditepuk secara perlahan menggunakan handuk lembut.

6. Pilih Produk Pencukur yang Tepat

Mencukur rambut wajah akan lebih baik saat kulit wajah lembap misalnya setelah mandi. Kamu bisa menggunakan krim cukur dengan kandungan lidah buaya untuk mencegah kulit iritasi. Kamu bisa mengoleskan krim dengan campuran air pada wajah dan diamkan selama satu menit sebelum kamu mulai bercukur. Jika kamu mengalami bintik hitam akibat rambut tumbuh dalam kulit, kamu bisa menggunakan produk hipoalergenik tanpa pewangi untuk mencegah iritasi.

Kamu juga bisa menggunakan krim cukur yang mengandung asam glikolat atau salisilat untuk mengangkat kotoran yang menyumbat pada pori-pori. Jika kamu sering terluka akibat pisau cukur, kamu bisa gunakan gel cukur daripada krim yang mengandung busa. Tidak ketinggalan juga, alat cukur listrik lebih efektif mencegah iritasi dibandingkan pisau cukur biasa. Jika kamu tetap ingin menggunakan pisau cukur, pilih yang dilengkapi satu atau dua mata pisau.

Beberapa tips memilih skincare pria di atas bisa kamu terapkan mulai sekarang ya! Jangan sampai kamu asal-asalan menggunakan produk perawatan kulit lagi. Selalu rawat kulit wajahmu dengan produk yang sesuai ya, Sahabat AVO.

Last Updated on November 09, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 09 November 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya