Siapa Sangka Buah Carica Bisa Mengatasi Jerawat, Apa Saja Sih Manfaatnya?

0
Diunggah 12 November 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Siapa Sangka Buah Carica Bisa Mengatasi Jerawat, Apa Saja Sih Manfaatnya?

Buah carica yang sering jadi oleh-oleh dari Dieng ini ternyata memiliki manfaat untuk kulit wajah loh! Apa saja sih manfaat buah carica ini?

Buah pepaya ini adalah buah tropis yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan ataupun kecantikan. Memiliki nama latin Carica Papaya, buah yang memiliki daging berwarna orange ini berasal dari Amerika Tengan dan Meksiko Selatan. Tanaman pepaya ini hampir semua bagiannya dikonsumsi mulai dari buah, daun, hingga bunga enak untuk dimakan dan mengandung banyak nutrisi. Namun, siapa sangka buah ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kulit. Berikut ini adalah manfaat buah carica untuk kecantikan kulit.

1. Menangkal Radikal Bebas

Karotenoid dalam kandungan pepaya adalah antioksidan yang bisa menetralkan radikal bebas. Buah carica ini mampu melawan radikal bebas dari sinar UV karena memiliki kandungan vitamin C dan E. Jadi, tubuhmu akan terlindungi dari bahaya sinar UV jika mengonsumsi buah ini.

Baca Juga : Memiliki Banyak Manfaat, Ternyata Kandungan Witch Hazel Ampuh untuk Jerawat

2. Mencegah Penuaan Dini

Hampir semua orang pasti mengkhawatirkan masalah penuaan dini. Hal ini karena penuaan dinimembuat kulit mulai muncul garis halus terutama pada area wajah. Nah, buah carica ini bisa mencegah penuaan dini karena memiliki vitamin C yang tinggi dalam membentuk kolagen. Dengan terjaganya kolagen dalam tubuh, kulit wajah akan terhindari dari penuaan dini, kerutan, dan kulit lebih halus.

3. Mengecilkan Pori-Pori

Penyebab pori-pori kulit membesar ada beragam seperti sel kulit mati, kotoran, atau penggunaan skincare tidak cocok. Kandungan vitamin A dalam carica ini mampu membantu mempercepat proses pembentukan sel kulit baru. Sehingga risiko pori-pori tersumbat akibat sel kulit mati akan berkurang. Pori-pori kulit akan mengecil secara perlahan setelah penggunaan buah carica.

4. Mengatasi Jerawat

Buah carica ini bermanfaat untuk merawat dan mengatasi munculnya jerawat yang datang menyerang kulit. Mengandung enzim papain yang efektif untuk merawat jerawat serta mengurangi bekas jerawat yang akan ditinggalkan.

5. Meratakan Warna Kulit

Kamu memiliki warna kulit wajah yang tidak merata atau ada bekas jerawat tidak kunjung hilang? Kamu bisa menggunakan buah pepaya untuk memperbaiki kondisi kulit ini karena buah cara merupakan exfoliator alami. Selain itu, beta karoten, enzim, dan phytochemical dalam buah ini bisa membuat wajahmu terlihat lebih cerah.

Itu dia beberapa manfaat buah carica untuk kecantikan kulit. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, ternyata ada beragam manfaat yang bisa kamu dapatkan dari buah ini. Tidak heran jika sekarang buah ini dimasukkan sebagai salah satu kandungan dalam skincare ya!

Last Updated on June 08, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 12 November 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya