Terlihat Sama, Kantung Mata dan Dark Circle Ternyata Berbeda

0
Diunggah 28 June 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Terlihat Sama, Kantung Mata dan Dark Circle Ternyata Berbeda

Kulit area matamu berwarna hitam? Itu kantung mata atau dark circle ya? Yuk, simak penjelasan lengkap perbedaan kantung mata dan dark circle di sini!

Kulit area mata memiliki jaringan yang paling tipis dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Jadi, tidak heran kalau kamu akan melihat tanda penuaan di area tersebut lebih dulu, termasuk dark circle, eye bags (kantung mata), dan puffy eyes. Ketiganya ini adalah jenis masalah kulit yang berbeda, bahkan membutuhkan penanganan masing-masing. Meskipun ini disebut sebagai masalah, ternyata masih banyak yang belum tahu bahwa dark circle dan kantung mata berbeda. Yuk, simak perbedaannya agar tidak salah dalam memilih cara penanganannya!

Penyebab Munculnya Dark Circle

Salah satu penyebab utama dark circle adalah faktor genetik dan warna kulit. Hal ini berpengaruh besar pada tingkat kegelapan mata panda. Jika lingkaran hitam cenderung berwarna ungu atau biru, hal itu disebabkan oleh minimnya ketebalan kulit sehingga membuat pembuluh darah terlihat jelas. Kondisi ini lebih sering terjadi pada kulit pucat, kulit yang kekurangan lemak subkutan di area mata, dan semakin memburuk jika kamu kekurangan istirahat.

Anatomi bentuk wajah juga memiliki peran penting pada penampilan dark circle. Biasanya, pada struktur mata yang menonjol akan membuat bayangan gelap terlihat lebih jelas. Jika jaringan lemak semakin berkurang pada fase penuaan akan membuat mata panda semakin memburuk.

Cara Mengatasi Dark Circle

Untuk mengatasi masalah dark circle pada mata, kamu bisa mencoba perawatan retinoid topical yang bisa mengurangi mata panda. Perawatan retinoid topical ini bisa menebalkan lapisan kulit sekaligus memperbaiki regenerasi sel kulit.

Selain perawatan langsung ke klinik kecantikan, kamu bisa menggunakan produk serum atau eye cream yang mengandung hyaluronic acid, ceramides, dan peptide yang mampu meningkatkan hidrasi dan stimulasi kolagen, serta produksi kolagen. Kamu juga bisa menambahkan formula antioksidan seperti vitamin A, C, dan E, yang mampu mencerahkan lebih optimal. Untuk masalah ini kamu bisa coba beberapa produk dari Avoskin seperti Advanced Action Eye Ampoule dan Intensive Nourishing Eye Cream.

Baca Juga : Yuk, Ikuti 7 Cara Mudah Mengatasi Mata Bengkak Ini

Penyebab Munculnya Kantung Mata

Kantung mata sering dianggap sama dengan dark circle, padahal kantung mata tidak ada hubungannya dengan dark circle. Kantung mata muncul di wajah disebabkan oleh kombinasi herniasi lemak pada jaringan kulit yang normal. Umumnya, kantung mata muncul saat memasuki fase penuaan pada usia di atas 35 tahun, tetapi bisa muncul karena faktor genetik.

Cara Mengatasi Kantung Mata

Kantung mata ini tidak bisa dihilangkan dengan produk skincare. Maka dari itu, kamu harus rajin merawat kuit area mata mulai dari sekarang. Untuk menghindari munculnya kantung mata pada usia 35 tahun ke atas, kamu bisa mulai melakukan perawatan mata saat memasuki usia 25 tahun dengan beberapa produk skincare dari Avoskin seperti Advanced Action Eye Ampoule atau Intensive Nourishing Eye Cream.

Kalau kamu sudah mendapati masalah kantung mata ini, kamu bisa melakukan prosedur injeksi filler untuk membantu mengembalikan elastisitas kulit yang mulai mengendur. Filler akan mengisi volume kulit sehingga tekstur kembali halus dan kencang. Selain itu, prosedur radiofrekuensi bekerja efektif menginduksi pembentukan kolagen untuk memberikan hasil serupa.

Sekarang kamu sudah tahu perbedaan kantung mata dan dark circle serta cara mengatasinya. Dari dua masalah kulit ini yang mana nih jadi masalahmu? Segera atasi kulitmu dengan tepat dan jangan lupa untuk merawat kesehatan kulit area mata dengan produk Avoskin ya!

Last Updated on June 29, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 28 June 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya