5 Cara Eksfoliasi untuk Kulit Sensitif yang Benar, Jangan Salah Lagi

0
Diunggah 13 March 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeTips & Trick

5 Cara Eksfoliasi untuk Kulit Sensitif yang Benar, Jangan Salah Lagi

Eksfoliasi adalah mengangkat sel kulit mati yang akan digantikan oleh sel kulit baru. Pada kulit sensitif tentunya eksofliasi adalah proses yang cukup menegangkan. Berikut adalah cara eksfoliasi untuk kulit sensitif yang benar dan aman

Kulit sensitif biasanya dilarang untuk melakukan eksfoliasi karena tidak cocok menggunakan acid yang keras. Faktanya, eksfoliasi itu perlu dilakukan oleh semua jenis kulit. Karena sel-sel kulit mati akan menumpuk jika tidak dilakukan eksfoliasi. Hal ini akan menyebabkan kandungan skincare sulit untuk terserap secara maksimal ke dalam kulit. Sebelum membahas eksfoliasi kulit untuk kulit sensitif, ketahui dulu apa itu eksfoliasi.

Baca Juga : Tips Memilih Pelembap untuk Kulit Sensitif

Apa itu Eksfoliasi Kulit?

Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati dari permukaan wajah menggunakan bahan kimia atau exfoliant. Sebenarnya kulit secara alami melepaskan sel-sel kulit mati setiap 30 hari atau lebih untuk memberi ruang bagi sel-sel baru. Namun terkadang, sel-sel mati tidak terkelupas sepenuhnya. Hal ini dapat menyebabkan kulit kering, bersisik, dan pori-pori tersumbat. Dengan melakukan eksfoliasi dapat membantu mencegah hal ini.

Jenis Eksfoliasi yang Cocok untuk Kulit Sensitif

Sudah diketahui dan banyak disarankan bahwa kulit sensitif sebaiknya menghindari melakukan eksfoliasi fisik. Untuk kulit sensitif lebih disarankan menggunakan chemical exfoliator atau mengeksfoliasi kulit dengan bahan kimia ringan khusus untuk eksfoliasi.

eksfoliasi kulit sensitif
Ilustrasi proses eksfoliasi pada wajah

Nah, kamu bisa ikuti tips eksfoliasi untuk kulit sensitif di bawah ini.

1. Mulai dengan Kandungan yang Ringan

Kamu harus memilih jenis acid yang tepat sebagai chemical exfoliants agar lebih aman bagi kulit sensitif. Beberapa kandungan acids yang aman sebagai eksfoliator adalah Beta Hydroxy Acids (BHA) seperti salicylic acid, Alpha Hydroxy Acics (AHA) seperti glycolic acid, lactic acid, hingga Poly Hydroxy Acids (PHA).

Baca Juga : Ini 7 Manfaat Eksfoliasi yang Wajib untuk Kamu Ketahui

Namun, kandungan acid yang paling tepat untuk kulit sensitif adalah PHA. PHA memiliki ukuran molekul yang lebih besar, sehingga tidak menyebabkan stres yang terlalu besar pada kulit. Kalau kamu baru mulai melakukan eksfoliasi, PHA ini bisa jadi eksfoliator yang tepat.

2. Gunakan Chemical Exfoliants

Kandungan acid yang tercantum pada skin care memang terdengar menyeramkan untuk pemilik kulit sensitif. Kandungan acid dianggap keras untuk kulit, kenyataannya kandungan acid tidak selamanya buruk untuk kulit sensitif. Biasanya, physical exfoliator yang berbentuk butiran kasar ini menyebabkan iritasi kulit. Namun, chemical exfoliants bisa menjadi eksfoliator yang lebih bagus dan lebih lembut bagi kulit sensitif. Yup! Kamu bisa jadikan Miraculous Refining Series dari Avoskin sebagai pilihanmu untuk melakukan eksfoliasi.

3. Sesuaikan Frekuensi Penggunaan

Frekuensi penggunaan produk eksfoliasi yang disarankan adalah 2-3 kali dalam seminggu. Namun, bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya jangan ikuti itu. Saat mencoba produk eksfoliasi yang baru, kamu bisa mulai dengan penggunaan sekali seminggu dahulu. Setelah itu, pastikan kondisi kulitmu tidak mengalami reaksi negatif apapun. Setelah itu, kamu bisa menambah frekuensi penggunaan produk eksfoliasi.

4. Ikuti Petunjuk Penggunaan

Menggunakan produk skincare bukanlah hal yang mudah. Setiap produk memiliki cara pemakaian yang berbeda, dan hal ini sangat krusial bagi pemilik kulit sensitif. Ada banyak produk eksfoliator yang bisa digunakan semalaman tapi ada juga yang hanya boleh digunakan selama 10-15 menit lalu dibilas. Nah, agar kamu tidak mengalami hal yang tidak diinginkan, selalu ikuti pentujuk penggunaan produk yang sudah ditentukan.

5. Gunakan Pelembap dan Sunscreen Setelah Melakukan Eksfoliasi

Sebelum mulai melakukan eksfoliasi, kamu harus memiliki skin care routine untuk menjaga kondisi kulit wajah. Sehingga saat melakukan proses ini yang menyebabkan sensitivitas meningkat dan kulit lebih kering, kamu bisa mengimbanginnya dengan skincare routine yang baik. Jangan pernah lewatkan penggunaan pelembap dan sunscreen. Penggunaan pelembap untuk memastikan kadar air dalam kulit tetap terjaga sehingga proses pergantian sel kulit dapat maksimal. Selain itu, sunscreen untuk melindungi kulit yang lebih sensitif setelah eksfoliasi.

Baca Juga : Memilih Metode Eksfoliasi Berdasarkan Jenis Kulit Wajahmu

Tidak sulit bukan untuk melakukan eksfoliasi wajah sendiri di rumah. Mulai sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi untuk melakukan eksfoliasi meskipun kulitmu sensitif. Yuk, segera eksfoliasi kulit tanpa iritasi dengan Avoskin!

Last Updated on May 30, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 13 March 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya