Manfaat Saffron untuk Wajah, Salah Satunya untuk Mencerahkan Wajah dan Mengurangi Jerawat

0
Diunggah 15 March 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Manfaat Saffron untuk Wajah, Salah Satunya untuk Mencerahkan Wajah dan Mengurangi Jerawat

Manfaat saffron untuk wajah tidak kalah dengan khasiatnya bagi kesehatan. Yup! Bunga saffron bermanfaat untuk membuat kulitmu lebih cerah.

Kandungan vitamin dan antioksidan dalam bunga saffron memiliki sifat terapeutik dan kalium untuk membantu perbaikan sel kulit wajah. Selain itu, manfaat bunga saffron untuk wajah adalah sifat anti inflamasi pada bunga saffron yang bisa menenangkan kulit. Selain itu, manfaat saffron untuk wajah adalah untuk mengurangi kemerahan dan jerawat. Untuk mengetahui apa saja manfaat bunga saffron untuk wajah, kamu bisa simak penjelasan lengkap mengenai bunga saffron di bawah ini.

Baca Juga : Berikut Alasan Bekas Jerawat Sulit Hilang pada Kulit Asia

Apa Itu Bunga Saffron?

Manfaat Saffron untuk mencerahkan wajah
Bunga Saffron (Crocus Sativus) adalah bunga rempah-rempah kaya manfaat

Bunga saffron disebut juga dengan bunga Crocus Sativus yang biasa digunakan untuk rempah-rempah memasak dan kesehatan, tetapi bunga ini juga memiliki manfaat untuk kecantikan kulit wajah.

Bunga ini memiliki harga mahal dan dibudidayakan pertama kali di Yunani. Bunga saffron memiliki rasa unik dan beraroma seperti jerami karena bahan kimia seperti safranal dan picrocrocin. Memiliki warna kuning keemasan yang disebabkan oleh pigmen karotenoid yang disebut crocin. Rempah-rempah ini sudah lama ditemukan dan digunakan selama lebih dari lima milenium.

Harga Saffron Asli Sangat Mahal

Harga saffron asli atau dalam bentuk saffron yang sudah dikeringkan dikutip dari saffronprices.com yaitu 3.5 hingga 5 dollar amerika per gramnya. Jika dirupiahkan menurut nilai tukar saat ini berarti harganya menjadi Rp. 50.000 hingga Rp. 70.000. Bayangkan jika membeli 10 gram saja sudah di atas Rp. 500.000 loh!

Saffron memiliki harga yang mahal karena ketika dikeringkan ukurannya akan menyusut dan jumlah helai saffron pada masing-masing kelopak bunganya sangatlah sedikit dan budidayanya yang sulit serta tidak dapat hidup di sembarang tempat. Meskipun harganya mahal, saffron memang dikenal memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh maupun kulit.

Baca Juga : Inilah Yang Harus Kamu Lakukan Saat Jerawat Berdarah Tiba-Tiba

Manfaat Saffron untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Saffron menjadi rempah-rempah yang disukai oleh banyak orang. Selain memberikan manfaat untuk kesehatan, bunga saffron juga bermanfaat untuk kulit. Namun, kamu tidak bisa asal-asalan menggunakan bunga ini karena bisa menimbulkan iritasi.

Jadi akan lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya. Sebelum memutuskan untuk memakai saffron untuk wajah, berikut ini ada beberapa manfaat saffron untuk wajah.

Bunga Saffron
Bunga Saffron yang Bermanfaat untuk Kulit Wajah

1. Masker Saffron untuk Mengatasi Bekas Jerawat

Manfaat bunga saffron untuk wajah yang pertama adalah untuk mengatasi bekas jerawat. Manfaat saffron untuk wajah dipercaya dapat mengatasi bekas jerawat dan akan bekerja maksimal jika digunakan sebagai masker (masker bunga saffron). Kamu bisa membuat masker wajah saffron dan susu cair putih yang befungsi untuk melepaskan sel kulit mati.

Wajah bebas jerawat
Manfaat Saffron untuk Wajah adalah Mengatasi Bekas Jerawat

Cara membuat masker saffron yang bermanfaat untuk mengatasi bekas dengan jerawat cukup mudah. Kamu bisa ikuti langkah-langkah cara membuat masker saffron untuk wajah di bawah ini.

Cara Menggunakan Saffron untuk Wajah untuk Mengatasi Bekas Jerawat

Berikut cara membuat masker saffron untuk mengatasi kulit berjerawat pada wajah:

  1. Siapkan 3-4 helai saffron dan seperempat gelas susu cair putih.
  2. Rendam helaian saffron dalam susu dan biarkan saffron meresap dengan susu selama sekitar 2 jam.
  3. Oleskan masker saffron dan susu pada area wajah dan leher. Namun, hindari area mata dan bibir.  Diamkan selama 10-15 menit.
  4. Kamu dapat menggunakan masker saffron dan susu ini sebanyak 3-4 kali seminggu.

Sangat mudah untuk membuat masker bunga saffron untuk mengatasi bekas jerawat. Namun, perlu kamu perhatikan juga kondisi kulitmu. Kalau kamu alergi dengan produk olahan susu sebaiknya hindari menggunakan masker ini.

Baca Juga : Manfaat Chamomile Oil di Dalam Perfect Hydrating Treatment Essence

2. Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat saffron untuk wajah salah satunya adalah kemampuannya mencerahkan kulit wajah. Dengan memijat wajah menggunakan masker saffron dan minyak esensial, manfaat bunga saffron untuk wajah yang mencerahkan kulit akan dapat dirasakan. Hal ini dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit dan membuat kulit tampak bercahaya. Kandungan asam lemak dari minyak esensial yang digunakan dapat menyerap ke dalam kulit dengan baik.

Mencerahkan wajah
Salah Satu Manfaat Saffron untuk Wajah adalah Mencerahkan Wajah

Untuk mendapatkan manfaat bunga saffron untuk wajah yang mencerahkan kulit, ikuti cara membuat masker saffron dan minyak essential di bawah ini:

Cara Menggunakan Saffron untuk Wajah untuk Mencerahkan Kulit Wajah

Berikut ini cara membuat masker saffron untuk mengatasi kulit mencerahkan kulit wajah:

  1. Siapkan 3-4 helai saffron dan 1 sendok makan minyak zaitun (bisa juga diganti minyak almond, minyak wijen, dan minyak kelapa).
  2. Campurkan helaian saffron dan minyak zaitun.
  3. Oleskan campuran saffron dan minyak zaitun ke seluruh wajah sambil memijat dengan gerakan memutar searah jarum jam.
  4. Diamkan masker saffron selama 1 jam lalu bilas menggunakan air bersih.
  5. Kamu juga bisa menggunakannya sebagai masker overnight di malam hari lalu membilasnya dengan air bersih pada pagi harinya.

3. Mengatasi Lingkaran Hitam di Area Mata

Manfaat bunga saffron untuk wajah adalah mengatasi lingkaran hitam di sekitar mata. Ketika sulit tidur di malam hari hingga stres akan membuat lingkaran hitam muncul yang membuat tampilan wajah terlihat lelah. Nah, untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa menggunakan bunga saffron, karena manfaat saffron adalah bisa untuk mengatasi lingkar hitam mata ini.

Saffron untuk mengatasi lingkaran mata  hitam
Manfaat Saffron untuk Mengatasi Lingkaran Mata Hitam

Cara membuat masker saffron untuk mengatasi lingkaran mata hitam cukup mudah, kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Menggunakan Saffron untuk Wajah untuk Mengatasi Lingkaran Mata Hitam

Berikut adalah cara membuat masker saffron untuk mengatasi lingkaran mata hitam (mata panda):

  1. Kamu cukup menyiapkan 2-3 helai saffron dan 2 sendok makan air.
  2. Rendam saffron dalam air semalaman, lalu keesokan paginya haluskan saffron sampai lembut dan larutkan dengan air.
  3. Oleskan pada area bawah mata dan diamkan selama 15-20 menit.
  4. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

4. Mengurangi Noda Hitam pada Kulit Wajah

Mengurangi noda hitam di wajah bisa menggunakan bunga saffron. Benar! Salah satu manfaat bunga saffron untuk kulit wajah adalah untuk mengurangi noda hitam pada wajah. Berikut adalah cara membuat masker saffron dengan madu untuk mendapatkan manfaat bunga saffron untuk wajah:

Cara Menggunakan Saffron untuk Wajah untuk Mengurangi Noda Hitam pada Kulit Wajah

Ini cara membuat masker saffron untuk mengurangi noda hitam pada wajah:

  1. Campurkan 2-3 helai saffron dengan 1 sendok makan madu.
  2. Setelah itu, gunakan masker saffron ini sebagai masker wajah sambil memijat wajah secara perlahan dengan gerakan memutar searah jarum jam saat mengoleskannya.
  3. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas menggunakan air bersih.

5. Memproteksi Kulit dari Radiasi Sinar UV

Kandungan quercetin dan kaempferol yang merupakan antioksidan dalam bunga saffron memberikan manfaat saffron untuk wajah dalam melindungi kulit dari sinar UV. Manfaat saffron untuk wajah yang mampu menangkal paparan sinar UV bersumber dari kandungan saffron yang kaya akan antioksidan.

6. Mengurangi Resiko Iritasi Kulit

Manfaat bunga saffron untuk wajah yang penting adalah mengurangi iritasi kulit. Kandungan saffron berupa antioksidan seperti kaempferol dan crocetin memiliki sifat anti-radang. Kandungan bunga saffron ini membuat manfaat bunga saffron untuk wajah untuk mengurangi resiko iritasi dan radang pada kulit.

Baca Juga : Kandungan Green Tea Efektif Mengatasi Jerawat, Benar Tidak Sih?

Cara Menggunakan Saffron untuk Wajah dengan Aman

Bunga saffron
Bunga Saffron yang Berkhasiat

Tidak semua kulit bisa aman atau cocok dan efektif dalam menggunakan bunga saffron. Kalau kamu memiliki kulit normal dan tidak memiliki masalah kulit wajah, tidak ada salahnya untuk menggunakan masker saffron. Namun, kalau kulit wajahmu sensitif atau bermasalah, sebaiknya periksa dulu kondisi kulitmu cocok atau tidak menggunakan masker saffron.

Berikut ini ada cara aman untuk menggunakan masker saffron, agar manfaat saffron untuk wajah dapat didapatkan dengan maksimal.

Berikut cara menggunakan saffron untuk wajah dengan tepat dan aman:

  1. Oleskan sedikit masker saffron pada area kulit lengan bawah.
  2. Tunggu selama 24-48 jam untuk melihat reaksi pada kulit.
  3. Kalau kulit tidak mengalami reaksi alergi seperti iritasi, bengkak, kemerahan, atau yang lainnnya itu berarti kulitmu aman menggunakan masker saffron untuk wajah.
  4. Jika muncul reaksi alergi, berhenti menggunakan saffron lalu bilas wajah menggunakan air bersih.

Selain itu, kamu juga perlu berhati-hati menggunakan masker saffron karena penggunaan secara berlebihan bisa menyebabkan warna kulit menguning lantaran kandungan karotenoid di dalamnya. Jika kulitmu sedang iritasi atau ada luka sebaiknya hindari menggunakan masker saffron.

Baca Juga : Ini 5 Manfaat Masker Timun untuk Kulit Wajah

Cara Menggunakan Saffron untuk Wajah Selain untuk Masker

1. Cara Memakai Saffron Face Mist

Saffron bisa kamu gunakan sebagai face mist. Bahkan cara memakai saffron face mist sangat mudah loh. Apabila kamu memiliki air mawar/ rose water, saffron dapat kamu infuse ke dalam air mawar tersebut.

Cara menggunakan saffron untuk wajah dalam bentuk face mist ini yang paling penting adalah tempatkan saffron face mist di dalam wadah spray. Saffron face mist yang telah kamu infuse ke dalam air mawar dapat kamu gunakan normal seperti kamu menggunakan air mawar biasanya. Dengan menggunakan face mist ini, wajahmu akan lebih segar dan lembab. Namun kamu juga harus ingat apabila ingin face mist saffron bekerja optimal, jangan lupakan menggunakan skincare yang lain ya!

2. Cara Konsumsi Saffron

Selain dibuat menjadi masker wajah dan face mist, kamu bisa mengonsumsi bunga saffron untuk mendapatkan manfaat saffron.

Kamu bisa menambahkan beberapa helai saffron ke dalam gelas atau mangkok berisi air panas. Diamkan saffron selama beberapa menit hingga air berubah warna menjadi merah atau jingga. Setelah itu tuangkan cairan saffron pada makanan atau minuman yang akan dikonsumsi sesaat sebelum matang.

Lalu, aduk merata sampai tercampur dengan bahan masakan lainnya. Dengan cara ragam cara pengolahan, kamu dapat mendapatkan manfaat bunga saffron untuk wajah. Namun sekali lagi, tetap perhatikan kondisi tubuh dan kulitmu, ya sebelum mengkonsumsi bunga saffron.

Selain membuatnya sendiri, kamu juga bisa menemukan saffron dalam berbagai suplemen yang sudah dijual di pasaran. Kamu bisa menemukannya dalam bentuk bubuk atau kapsul. Sebelum mengonsumsinya, kamu perlu konsultasi dengan dokter agar aman untuk tubuhmu, ya.

Saffron ternyata memiliki manfaat yang bagus untuk wajah. Agar wajah kamu terawat lebih optimal, gunakan juga skincare dari bahan-bahan alami secara rutin. Skincare dengan bahan alami dapat kamu temukan pada rangkaian perawatan kulit dari Avoskin Beauty. Yuk rawat kulit wajahmu dengan Avoskin Beauty!

Last Updated on August 26, 2022

Tags Terkait

#manfaatsaffron
Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 15 March 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya