Kandungan Skincare yang Harus Dihindari Kulit Sensitif

0
Diunggah 04 October 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Kandungan Skincare yang Harus Dihindari Kulit Sensitif

Kamu pemilik kulit sensitif? Sebaiknya berhati-hati dalam memilih skincare ya! Hindari beberapa kandungan skincare ini agar kulit sensitif tetap sehat.

Memiliki kulit sensitif memang tidak bisa asal memakai produk skincare karena kulit jenis ini lebih rentan iritasi dibandingkan dengan jenis kulit lainnya. Maka dari itu, kamu perlu berhati-hati dalam memilih produk skincare agar kulit sensitif tetap sehat. Berikut ini ada 4 kandungan skincare yang perlu kamu hindari agar kulitmu tetap sehat dan cantik.

1. Skincare dengan Kandungan Alkohol

Kandungan skincare dengan alkohol ini bisa mengganggu keseimbangan kulit sensitif. Kalau kamu memiliki kulit berminyak, alkohol bisa membantu meringkas pori-pori dan mengurangi kadar minyak berlebih. Namun, kandungan ini kurang diperlukan oleh kulit sensitif. Karena alkohol bisa membuat kulit kering dan menyebabkan iritasi, jadi skin barrier wajahmu bisa rusak. Kamu bisa menggunakan skincare dengan kandungan yang menghidrasi dan menjaga skin barrier seperti Ceramide, Centella Asiatica, Niacinamide, Hyaluronic Acid, Green Tea Extract, Chamomile, Azulene, dan Oat. Kandungan ini efektif dan ringan untuk kulit sensitif.

2. Skincare dengan Essential Oil

Kandungan skincare yang memiliki essential oil sebaiknya dihindari oleh kulit sensitif. Ada banyak produk skincare yang mengandung essential oil seperti lavender, rosemarry, tea tree, rose, geranium, dan yang lainnya. Bahkan essential oil yang murni juga sering digunakan oleh kulit tanpa campuran apapun seperti lavender, frankincense, atau menggunakan tea tree oil untuk jerawat. Namun, penggunaan essential oil ini tidak boleh terlalu banyak. Produk ini aman jika digunakan dalam dosis yang sedikit. Kalau terlalu banyak bisa menyebabkan kulit kering dan iritasi. Maka dari itu, pemilik kulit sensitif harus lebih berhati-hati ya!

Baca Juga : Kenali Perbedaan Kulit Sensitif dan Kulit Alergi

3. Skincare dengan Kandungan Parfum

Ada banyak produk skincare yang menggunakan fragrance atau parfum sebagai trik untuk menutupi aroma yang kurang sedap dari bahan lainnya dalam produk. Namun, pemilik kulit sensitif sebaiknya menghindari kandungan parfum ini karena bisa memicu kulit wajah jadi iritasi dan mudah merah. Sebaiknya, gunakan skincare yang bebas dari fragrance. Ada banyak produk skincare yang tidak beraroma dan fokus untuk menenangkan dan melembapkan kulit sehingga kulit sensitif kamu tetap sehat tanpa menimbulkan masalah lainnya.

4. Chemical Sunscreen

Kamu wajib menggunakan sunscreen setiap hari untuk menjaga kesehatan kulit. Sunscreen ini memiliki fungsi sebagai penangkal sinar UV agar kulit wajah tidak kusam, berjerawat, dan menimbulkan masalah kulit lainnya. Namun, chemical sunscreen sebaiknya dihindari oleh kulit sensitif. Kandungan kimia dalam chemical sunscreen lebih banyak dan merupakan bahan aktif sehingga mudah untuk membuat wajah jadi iritasi.

Sebaiknya, kulit sensitif menggunakan mineral sunscreen atau physical sunscreen. Kalau kamu memiliki kulit rentan terhadap jerawat dan masalah kulit lainnya wajib menghindari chemical sunscreen. Sunscreen dengan bahan mineral ini biasanya menghadirkan white cast di wajah. Namun, kandungan didalamnya lebih sensitive skin friendly dan bisa dipakai oleh ibu hamil dan menyusui.

Itu dia beberapa skincare yang sebaiknya kamu hindari kalau memiliki kulit sensitif. Mulai sekarang lebih hati-hati dalam memilik produk skincare ya! Semoga membantu Sahabat AVO!

Last Updated on October 07, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 04 October 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya