Kenali Perbedaan Kulit Sensitif dan Kulit Alergi

0
Diunggah 03 February 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Kenali Perbedaan Kulit Sensitif dan Kulit Alergi

Kondisi kulit sensitif dan alergi bisa terlihat sama dan sulit dibedakan. Yuk, kenali perbedaan kulit sensitif dan kulit alergi sekarang juga!

Jika kulitmu pernah mengalami perubahan seperti kemerahan atau peradangan, hal ini bisa menjadi tanda bahwa kulitmu sedang mengalami reaksi alergi atau kulit yang sensitif.

Banyak orang yang belum memahami kulit sensitif atau kulit alergi. Tentu saja hal ini wajar karena beberapa tanda sangat mirip sehingga sulit untuk dibedakan. Maka dari itu, kamu perlu mengenali perbedaan kulit sensitif dan alergi agar tidak salah penanganannya ya!

Mengenal Kulit Sensitif dan Alergi

Kulit sensitif memang identik dengan iritasi. Kulit sensitif adalah reaksi terhadap suatu zat yang terpapar pada kulit secara berlebihan atau efek samping normal yang dihasilkan oleh zat tertentu.

Contohnya, produk skincare mengandung alpha arbutin untuk mencerahkan wajah memiliki dosis di atas 3%, hal ini akan membuat kulitmu mengalami iritasi. Kondisi ini tidak melibatkan respon imun secara langsung yang ditandai dengan perubahan kondisi kulit seperti alergi.

Selain itu, mengganti produk skincare terlalu sering juga menjadi salah satu penyebab kulit mengalami iritasi. Bahan kimia aktif yang berulang kali diaplikasikan pada kulit akan membuat lemah daya tahan lapisan terluar permukaan kulit dan menyebabkan kerusakan pada permukaan kulit. Biasanya kondisi kulit akan mengalami perubahan seperti gatal, kemerahan, dan rasa terbakar.

Jika perubahan kondisi kulitmu muncul di berbagai area tubuh selain bagian tubuh yang menggunakan suatu produk, itu artinya kamu memiliki alergi pada kandungan tersebut. Kamu memiliki kulit sensitif jika iritasi yang terjadi hanya muncul pada area kulit yang terjadi kontak dengan suatu zat yang terkandung dalam produk.

Baca Juga : 5 Langkah Mudah Pudarkan Noda Hitam Bekas Jerawat Tanpa Laser

Mengatasi Kulit Sensitif dan Kulit Alergi

Kalau kamu sering mengalami alergi, kamu harus menemukan penyebab alergimu dan berhenti menggunakan produk yang mengandung alergen tersebut. Kamu bisa melakukan patch test untuk mengetahui alergimu. Untuk kulit sensitif, kamu bisa menggunakan produk kecantikan yang lembut dan khusus untuk kulit sensitif serta diformulasikan dengan bahan anti iritasi.

Dilansir dari buku “What Causes Sensitive Skin and How Can I Care for It?” (Osborn, 2018), beberapa zat yang umum ditemukan pada produk kecantikan yang bisa dihindari adalah kandungan pada sunscreen seperti octinoxate, benzophenones, dan oxybenzone.

Bahan pengawet seperti paraben (methyl, ethyl, propyl, butyl, benzyl) dan wewangian juga bisa kamu hindari. Selain itu, kalau kamu memiliki kulit sensitif, hindari terpapar kondisi cuaca yang terlalu ekstrem karena kulit sensitif bisa semakin buruk bila terpapar udara yang terlalu panas dan dingin.

Last Updated on July 19, 2021

Tags Terkait

#kulitsensitif
Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 03 February 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya