fbpx

5 Langkah Mudah Pudarkan Noda Hitam Bekas Jerawat Tanpa Laser

Healthy Skin - Elisabeth - January 11, 2021

Noda hitam bekas jerawat memang mengganggu tetapi kamu tidak perlu khawatir karena ternyata ada cara menghilangkan bekas jerawat tanpa laser.

Jerawat memang masalah kulit yang menjengkelkan, tetapi ketika jerawat sembuh masalah lain akan datang yaitu noda bekas jerawat. Meski bukan masalah besar, noda bekas jerawat di wajah dapat membuat kurang percaya diri. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena masalah ini bisa diatasi. Sebelum memutuskna untuk melakukan perawatan ke klinik kecantikan, sebaiknya kamu kenali dulu apa yang menyebabkan bekas jerawat susah hilang.

Penyebab Bekas Jerawat Susah Hilang

Sebelum mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat, sebaiknya kamu mengenali dulu penyebab noda bekas jerawat terlebih dahulu. Beberapa hal ini bisa jadi penyebab bekas jerawatmu susah hilang.

1. Produksi Kolagen Berkurang

Bekas jerawat yang menghitam akan muncul jika produksi kolagen pada kulit berkurang. Kondisi ini akan dialami oleh semua orang seiring bertambahnya usia. Manfaat kolagen adalah proses penyembuhan kulit yang sedang berjerawat. Nah, kulit yang menghasilkan kolagen terlalu sedikit akan menimbulkan bekas jerawat.

2. Terlalu Sering Menyentuh atau Memencet Jerawat

Salah satu penyebab bekas jerawat muncul adalah kebiasaan menyentuh atau memencet jerawat. Hal ini akan diperburuk dengan kondisi jari tangan yang tidak dibersihkan dengan benar. Ketika kamu menyentuh atau memencet jerawat akan berisiko iritasi atau jerawat semakin parah. Tentunya, bekas jerawat akan tertinggal dan sulit untuk hilang.

3. Meningkatnya Produksi Melanin

Produksi melanin yang meningkat pada kulit akan menjadi penyebab bekas jerawat muncul dan sulit hilang. Saat jerawat meradang akan ada proses regenerasi atau terbentuknya sel kulit baru untuk pemulihan tetapi pembentukan sel kulit mengandung banyak melanin. Melanin ini adalah pigmen yang memberikan warna pada kulit. Saat produksi melanin terlalu banyak jadi noda bekas jerawat yang hitam akan muncul.

Baca Juga : Berhenti Lakukan 3 Hal Ini Agar Bekas Jerawat Segera Hilang

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Noda hitam bekas jerawat akan sulit untuk hilang dan membuatmu frustasi. Namun, kamu tidak perlu putus asa karena ini hanya reaksi tubuh terhadap peradangan sebelumnya. Walau noda bekas jerawat akan memudar dengan sendirinya, kamu bisa menghilangkannya lebih cepat dengan beberapa cara.

1. Bersihkan Jerawat

Gunakan pembersih lembut pada kulit setiap pagi dan malam hari. Selain itu, kamu juga bisa mengoleskan krim untuk mengeringkan noda jerawat. Kamu bisa mengunjungi dokter kulit untuk mengobati jerawat secara profesional jika belum berhasil. Hal yang sangat penting untuk mengatasi jerawat adalah membersihkan kulit dan memiliki kulit yang bebeas noda sebelum membersihkan hiperpigmentasi.

2. Eksfoliasi Kulit dengan Miraculous Series

Selalu eksfoliasi kulitmu dengan toner untuk mengangkat sel kulit mati dan membantu kulit lebih sehat dan segar di bawahnya tanpa mengeringkan wajah. Kamu bisa menggunakan Miraculous Refining Toner dipadukan dengan Miraculous Refining Serum. Semakin cepat sel kulit mati mengelupas, semakin cepat noda bekas jerawat atau hiperpigmentasi akan memudar.

3. Gunakan Oil Free Moisturizer

Gunakan pelembap yang bebas minyak setiap hari. Oleskan setiap pagi dan malam setelah pembersihan untuk menjaga kulit tampak sehat dan awet muda dan membantu mengisi sel kulit yang merupakan kucin untuk memudarkan peradangan oleh jerawat.

4. Konsultasi Dokter

Jika solusi alami dan bebas resep tidak juga bisa menghilangkan hiperpigmentasi, dokter kulit mungkin bisa membuatkan resep krim yang lebih kuat atau merekomendasikan perawatan lain untuk memperbaiki masalah tersebut.  

Last Updated on February 25, 2021

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *