Mengenal Panthenol, Vitamin B5 yang Melembapkan Kulit Hingga Efek Sampingnya

0
Diunggah 15 June 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Mengenal Panthenol, Vitamin B5 yang Melembapkan Kulit Hingga Efek Sampingnya

Kandungan panthenol mulai banyak digunakan untuk merawat kulit. Sebenarnya, apa sih panthenol ini dan apa manfaatnya untuk kulit?

Kamu pernah dengan kandungan panthenol dalam produk perawatan kulit? Kandungan yang satu ini banyak digunakan dalam produk kecantikan karena memiliki banyak manfaat dan aman untuk kulit sensitif.

Kaya akan kandungan vitamin B5, panthenol dapat mengikat air sehingga membuat kulit lembap dan elastis. Yuk, berkenalan lebih jauh dengan kandungan ini!

Baca Juga : 7 Kandungan Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier, Salah Satunya Ceramide

Apa Itu Panthenol?

Panthenol adalah zat kimia yang terbuat dari asam pantotenat atau biasa disebut dengan vitamin B5. Zat ini bisa terjadi secara organik atau diproduksi dari tumbuhan dan hewan.

Jadi, ketika diserap oleh tubuh, panthenol akan berubah menjadi vitamin B5. Kandungan ini dikenal dengan banyak nama lain seperti dexpanthenol, D-pantothenyl alcohol, butanamide, analog alkohol dari asam pantotenat, provitamin B-5.

Berbeda dari zat untuk melembapkan pada umumnya seperti asam hialuronat, panthenol memiliki manfaat tambahan sebagai humektan dan emolien sekaligus.

Humektan ini berfungsi untuk menarik dan mengikat air pada kulit, sementara emolien berfungsi untuk menutup retakan di kulit sehingga air tetap terkunci di dalam. Jadi, panthenol mampu memberi efek melembapkan pada kulit.

Apa itu D Panthenol?

D Panthenol adalah bentuk alkohol yang lebih stabil dari Asam Pantotenat (Vitamin B5), ketika dioleskan secara topikal D Panthenol diserap oleh kulit di mana ia diubah menjadi Asam Pantotenat.

D Panthenol memiliki karakter senyawa cairan higroskopis yang tidak berwarna atau sedikit kekuningan. Tingkat keasaman atau pH dari senyawa ini tidak lebih dari 10.5.

D Panthenol adalah bentuk alkohol yang lebih stabil dari Asam Pantotenat (Vitamin B5), bila dioleskan secara topikal. Senyawa ini diserap oleh kulit di mana ia diubah menjadi Asam Pantotenat. Di alam hanya D-bentuk biologis yang hadir, bentuk L tidak memiliki aktivitas vitamin.

Selain spesifik pada kulit, beberapa manfaat dari D Panthenol adalah :

  • Humektan untuk rambut
  • Pengendapan yang kuat ke cuticula, membuat rambut lebih mudah disisir, rambut mengkilap
  • Penetrasi dalam ke korteks rambut, memperkuat batang rambut
  • Menembus kulit kepala dan menyediakan akar rambut dengan Asam Panthotenat
  • Meningkatkan retensi air dari struktur keratin kukuยท ย  meningkatkan fleksibilitas dan stabilitas kuku

Baca Juga : Mengenal Ceramide, Kandungan Lemak dalam Produk Skincare

Manfaat Panthenol untuk Kulit

Berikut adalah 3 manfaat panthenol untuk wajah :

1. Mengunci Kelembapan

Kandungan panthenol yang biasa disebut dengan panthotenic acid ini bekerja hingga menembus lapisan kulit dan bisa menyerap air ke dalam sel. Maka tidak heran jika panthenol sangat baik dalam menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Selain itu, panthenol ini memiliki fungsi humectant yang bisa mengikat kadar air sehingga kulit selalu terhidrasi.

2. Membantu Menyembuhkan Luka

Panthenol bekerja efektif mempercepat produksi kolagen yang baik untuk penyembuhan luka. Sifat vitamin B5 sebagai anti inflamasi cocok digunakan untuk kamu yang memiliki kulit iritasi, berjerawat, bahkan eczema.

3. Memperbaiki Skin Barrier

Dikutip dari The Journal of Dermatological Treatment, panthenol terbukti dapat digunakan untuk memperbaiki skin barrier. Perlu kamu ketahui skin barrier adalah organ yang rapuh pada kulit, sehingga perawatan secara rutin sangat diperlukan untuk mempertahankan fungsinya sebagai benteng pertahanan kulit dari zat-zat yang bahkan beracun bagi kulit.

Apakah Panthenol Aman untuk Kulit?

Meskipun panthenol di dalamnya terdapat kandungan alkohol, FDA mengonfirmasi bahwa kandungan ini aman karena jenisnya fatty alcohol. Jadi, akan bekerja efektif menenangkan kulit. Bahkan seperti yang dijelaskan di atas, panthenol juga aman untuk kulit sensitif sekalipun.

Efek Samping Panthenol

panthenol

Berdasarkan penelitian dari Food and Drug Administration (FDA) dan European Commission on Cosmetic Ingredients, panthenol aman digunakan pada produk kecantikan.

Tidak ada bukti signifikan kalau produk dengan kandungan ini bisa mengiritasi atau membahayakan kulit. Namun, beberapa orang bisa saja alergi dengan kandungan ini, Jadi, kamu harus mengecek kecocokan kulitmu dengan kandungan ini pada area tertentu terlebih dulu.

Meskipun kandungan ini bisa digunakan secara sendiri tanpa tambahan lain, panthenol sering dikombinasikan dengan Hyaluronic Acid. Jadi, kalau kamu merasa kulit kurang lembap dengan satu kandungan pelembap, kamu bisa menggunakan kandungan ini dengan Hyraluroni Acid dalam skincare routinemu.

Avoskin Panthenol dalam Serum Your Skin Bae

Panthenol adalah

Setelah membahas seluk beluk panthenol, tidak lengkap jika kita belum melirik salah satu produk avoskin panthenol yaitu Your Skin Bae Panthenol 5% + Mugwort + Cica Barrier Hero Serum.

Serum ini memiliki kadar panthenol hingga 5% loh. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, panthenol merupakan zat yang sangat baik untuk melembabkan kulit. Begitu juga dengan serum Your Skin Bae varian panthenol ini. Selain melembabkan, serum avoskin panthenol ini juga dapat mencegah inflamasi kulit wajahmu.

Mengandung mugwort dan ekstrak centella asiatica, Your Skin Bae Panthenol sangat cocok untuk kulit sensitif yang bisa menenangkan kulitmu hingga mencegah terjadinya reaksi perih ketika pemakaian.

Baca Juga : Berkenalan Lebih Jauh dengan Varian Terbaru dari Your Skin Bae Ceramide dan Panthenol

Ternyata panthenol memang sangat bermanfaat untuk kulit ya! Selalu pastikan kalau kulitmu aman dengan kandungan ini sebelum menggunakannya ya. Meskipun kandungan ini aman untuk semua jenis kulit, bisa saja beberapa orang alergi dengan kandungan ini.

Last Updated on April 04, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 15 June 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya