Kenali 7 Jenis Masker dan Fungsinya Untuk Wajah

0
Diunggah 15 July 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Kenali 7 Jenis Masker dan Fungsinya Untuk Wajah

Ada banyak jenis masker yang beredar dan tentunya itu juga memiliki fungsi yang tidak sama satu dan yang lainnya. Yuk kenali setiap masker wajah yang ada!

Selain menggunakan rangkaian skincare yang cocok, untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, bersih, dan mulus, pemakaian masker juga bisa dilakukan. Pilihannya pun cukup beragam, sehingga kamu bisa memilih yang sesuai dengan keadaan kulit. Nah, agar tidak salah pilih, coba intip jenis masker wajah dan fungsinya di bawah ini!

1. Peel Off Mask

Masker yang satu ini berbentuk krim atau gel yang akan mengering ketika diaplikasikan dan dapat dikelupas. Selain efektif untuk mengangkat kotoran serta komedo di wajah, terutama sekitar hidung, masker jenis ini juga bisa membuat wajah terasa lebih halus. Namun, untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, pastikan untuk memerhatikan kandungannya agar tidak timbul reaksi alergi ya.

Northwestern Medicine menyebutkan kalau peel off mask ini adalah salah satu masker yang bisa membersihkan kotoran menempel pada kulit. Jenis masker wajah ini biasanya berbahan dasar buah atau tumbuhan dan menggunakan bahan alami. Jenis masker ini cocok untuk digunakan pada semua jenis kulit wajah.

2. Wash Off Mask

Walaupun sedikit ribet karena harus dibersihkan dengan air setelah menggunakannya, tapi masker yang cocok untuk semua jenis kulit ini juga ampuh untuk membuat wajah jadi lebih lembut. Pastikan kamu membersihkannya dengan maksimal agar tidak ada sisa krim masker yang tertinggal.

3. Sheet Mask

Tidak hanya populer di Korea, masker ini juga banyak diminati di Indonesia. Tidak heran jika masker yang satu ini paling sering dipakai oleh para skincare junkie. Penggunaannya yang mudah serta hasilnya yang instan membuat masker ini dapat membuat wajah terasa halus, lembap, dan terlihat cerah seketika. Tergantung dari varian yang dipilih, masker ini bisa digunakan oleh semua jenis kulit.

Dilansir dari Cleveland Clinic, sheet mask ini sangat baik untuk menenangkan kulit iritasi, terbakar, dan sensitif. Selain itu, sheet mask akan melembapkan kulit wajah karena bisa menyebarkan cairannya secara merata lewat lembaran maskernya. Masker jenis ini cocok untuk digunakan pada jenis kulit apapun kecuali yang berjerawat. Sebaiknya gunakan masker ini dua kali seminggu selama 20 menit untuk hasil maksimal.

4. Clay Mask

Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, masker yang satu ini bisa dicoba. Karena dapat menyerap kelebihan minyak serta menyerap kotoran dari pori-pori wajah, clay mask ampuh untuk membersihkan wajah secara mendalam. Agar wajah tidak iritasi, pastikan untuk tidak mendiamkan masker terlalu lama serta gunakan pelembap setelahnya agar wajah tidak kering ya.

Clay mask ini cocok untuk digunakan pada kulit berminyak dan berjerawat. Gunakan setiap seminggu sekali selama 15 menit untuk mendapatkan hasil maksimal.

Baca Juga : Frekuensi Penggunaan Masker Wajah yang Benar

5. Sleeping Mask

Sesuai namanya, masker yang satu ini digunakan di malam hari sebelum tidur. Biasanya, sleeping mask memiliki tekstur berupa gel hingga mudah menyerap ke dalam kulit. Fungsinya sendiri untuk menghidrasi serta menyegarkan wajah setelah lelah beraktivitas seharian.

6. Exfoliating Mask

Masker yang satu ini memiliki dua kegunaan sekaligus yakni mengatasi kulit kusam dan kasar. Masker dengan jenis ini biasanya memiliki butiran halus di dalamnya. Pertama, aplikasikan pada wajah dan biarkan sesuai waktu yang disarankan. Sebelum membilasnya dengan air, pijat ringan wajah dengan gerakan memutar untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk.

Jenis masker ini diklaim paling ampuh untuk mengatasi kulit kusam dan bisa digunakan secara rutin. Yup! Kamu bisa menggunakan masker ini seminggu sekali selama 10 menit. Masker ini bisa mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan wajah kusam dan membantu proses regenerasi sel kulit.

7. DIY Mask

Yang satu ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti tomat, timun, madu, yoghurt, stroberi, oatmeal, dan lainnya. Walaupun hasil yang diberikan membutuhkan waktu yang cukup lama, tapi DIY mask lebih aman untuk digunakan. Kamu tinggal memilih bahan yang sesuai dengan jenis kulit wajah.

Gimana, Sahabat AVO? Kamu tertarik menggunakan beberapa masker di atas? Apapun pilihan maskermu, selalu seimbangkan dengan pola hidup sehat ya!

Last Updated on March 15, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 15 July 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya