Bagaimana Perbedaan Chemical Peeling dan Facial? Berikut Penjelasannya

0
Diunggah 14 September 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeBeauty

Bagaimana Perbedaan Chemical Peeling dan Facial? Berikut Penjelasannya

Ada banyak metode yang digunakan perempuan untuk merawat kecantikan kulitnya agar lebih percaya diri. Teknologi kian berkembang ini mendukung peralatan industri kecantikan menjadi lebih canggih. Beberapa tahun ini teknik facial dan chemical peeling sangat diminati oleh perempuan untuk mengangkat sel kulit mati dan memicu regenerasi sel kulit baru. Meskipun keduanya memiliki fungsi yang mirip, ternyata terdapat perbedaan chemical peeling dan facial dari fungsi, bahan, dan metode. Yuk, simak penjelasan perbedaan chemical peeling dan facial di bawah ini.

Baca Juga : Simak Perbedaan Chemical Peeling dan Physical Peeling

peeling adalah

Fungsi Facial dan Chemical Peeling

Facial memiliki kegunaan atau bertujuan untuk melembapkan kulit wajah dan mengikis sel kulit mati agar terlihat lebih kenyal dan kencang. Perawatan ini biasanya hanya pada lapisan epidermis kulit. Facial bisa membuat kulit wajah tampak lebih cerah, tetapi tergantung pada bahan produk yang digunakan saat perawatan.

Sedangkan peeling adalah perawatan yang berfungsi dan memiliki kegunaan untuk memulihkan dan memperbaiki penampilan kulit melalui pengelupasan. Pengelupasan/ peeling wajah yang memanfaatkan enzim dan asam tertentu untuk mengelupas kulit, memperlihatkan kulit wajah yang lebih segar, bersih, dan tampak lebih muda. Peeling dapat sangat meningkatkan penampilan kulit dengan menghilangkan sel-sel kulit mati dan meminimalkan munculnya pori-pori.

Chemical peeling memiliki tujuan dan kegunaan yang tidak berbeda jauh yaitu membuat kulit tampak lebih awet muda dengan mengurangi kerutan dan menghilangkan bekas komedo, jerawat, serta mencegah flek hitam akibat polusi dan sinar matahari. Perawatan ini dapat menembus hingga lapisan kulit yang lebih dalam dibandingkan dengan facial yaitu menembus hingga ke lapisan dermis.

Bahan yang Digunakan Pada Proses Facial dan Peeling Berbeda

Produk yang biasa digunakan saat facial biasanya scrub. Scrub dapat diartikan sebagai bahan eksfoliasi kulit yang terdiri dari butiran-butiran halus yang meiliki tekstur sedikit kasar.

Sedangkan peeling umumnya berbentuk gel, krim, ataupun cairan yang mengandung berbagai jenis zat kimia dengan tekstur yang lebih lembut. Biasanya, bahan utamanya berupa asam dan enzim dari ekstrak tumbuhan dan buah-buahan.

Baca Juga : Terdengar Sama, Ternyata Chemical Peeling dan Physical Peeling Itu Berbeda

Penggunaan Metode Facial dan Chemical Peeling

Facial dapat dilakukan dengan menggosokkan dan memijatkan produk pada kulit wajah. Biasanya facial dilakukan oleh tenaga ahli atau di klinik kecantikan. Terapis akan melakukan facial lalu membiarkannya sebentar, setelah itu akan dibasuh dengan air. Sebaiknya lakukan facial setiap 2 minggu sekali saja. Namun, kamu bisa konsultasikan dengan dokter kulit yang kamu percaya.

Chemical peeling dapat dilakukan dengan mengoleskan saja dan mendiamkannya selama beberapa waktu sampai meresap ke dalam kulit dengan sendirinya. Perawatan ini sebaiknya tidak dilakukan setiap hari karena kondisi kulit setiap orang berbeda beda. Akan lebih baik jika kamu melakukan peeling sesuai dengan anjuran dokter maupun ahlinya.

Setelah melakukan peeling wajah sebaiknya kamu menghidrasi kulit dengan mengaplikasikan pelembab serta menggunakan sunscreen jika akan bepergian keluar ruangan/ outdoor.

Jika kamu sudah melakukan chemical peeling, sebaiknya jangan terburu-buru melakukan facial. Hal ini karena kondisi kulit setelah chemical peeling masih sensitif dan mudah iritasi. Facial dan peeling memberikan manfaat yang sama, jadi kamu tidak perlu melakukannya sekaligus.

Perbedaan Chemical Peeling dan Facial

Terdapat perbedaan peeling dan facial yang cukup signifikan terkait fungsi facial dan peeling, bahan, dan metode peeling dan facial.

1. Perbedaan Berdasar Fungsi dan Tujuan

Secara fungsi, facial bertujuan untuk melembapkan kulit wajah dan mengikis sel kulit mati agar terlihat lebih kenyal dan kencang. Sedangkan chemical peeling memiliki tujuan yaitu membuat kulit tampak awet muda, bebas jerawat, serta mencegah flek hitam akibat polusi dan sinar matahari.

2. Perbedaan Berdasar Bahan yang Digunakan

Perbedaan peeling dan facial juga dapat dilihat dari segi bahan, produk yang biasa digunakan saat facial biasanya scrub. Scrub dapat diartikan sebagai bahan eksfoliasi kulit. Berbeda dengan facial, peeling umumnya berbentuk gel, krim, ataupun cairan yang mengandung berbagai jenis zat kimia dengan tekstur yang lebih lembut.

3. Perbedaan Berdasar Metode

Perbedaan peeling dan facial juga dapat dilihat dari segi metode. Secara penggunaan metode, facial dapat dilakukan dengan menggosokkan dan memijatkan produk pada kulit wajah. Biasanya facial dilakukan oleh tenaga ahli atau di klinik kecantikan. Sedangkan peeling (chemical peeling) dapat dilakukan dengan mengoleskan saja dan mendiamkannya selama beberapa waktu sampai meresap ke dalam kulit dengan sendirinya.

Setelah mengetahui perbedaannya, kamu lebih tertarik untuk melakukan facial atau chemical peeling nih? baik keduanya memiliki fungsi dan manfaat yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kulit. Nah, jika kamu tertarik dengan chemical peeling dapat memulai menggunakan Avoskin Miraculous Refining Series.

Diformulasikan dengan kandungan AHA BHA, eksfoliator ini membantu mengangkat sel kulit mati, mencerahkan, dan memperbaiki tekstur kulit. Agar wajah kamu terhindar dari iritasi, ada baiknya kamu mencoba dari Avoskin Miraculous Refining Toner terlebih dahulu. Bila sudah terbiasa bisa dilanjut menggunakan Avoskin Miraculous Refining Serum dengan formulasi yang lebih kompleks.

Last Updated on August 26, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 14 September 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya