Skin Lightening dan Brightening Bukan Memutihkan Kulit

0
Diunggah 13 November 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeBeauty

Skin Lightening dan Brightening Bukan Memutihkan Kulit

Meskipun terdengar sama, sebenarnya skincare lightening dan brighten skin itu dua kata yang berbeda loh. Ini dia pengertian skin lightening dan brightening.

Formula skin lightening dan brightening sangat banyak kamu temukan. Mungkin kamu merasa bingung apa perbedaan antara skincare lightening dan brighten skin? Namun, baik skincare lightening maupun brightening, keduanya bukan berperan sebagai skincare yang memutihkan kulit.

Skincare yang bertugas memutihkan kulit yaitu skincare dengan claim whitening. Yaitu, bertugas untuk membuat kulit kita lebih putih dengan menghambat produksi melanin pada kulit.

Pada kenyataannya skincare lightening dan brightening memiliki cara kerja yang berbeda dari whitening skincare. Lalu, apa sih perbedaan skin lightening dan brightening? Yuk, simak perbedaan kedua kata ini sekarang.

Skin Lightening

Memahami skin lightening, skincare dengan claim ini diperuntukkan mengubah warna kulit pemakainya dengan menurunkan kandungan melanin pada kulitmu.

Melanin sendiri adalah kandungan yang memberikan warna pada kulit. Apabila kamu memiliki kadar melanin yang tinggi maka akan semakin gelap warna kulitmu. Jika kadar melanin seseorang lebih rendah, maka warna kulitnya akan lebih terang.

Salah satu pengaruh mengapa kadar melanin seseorang bisa tinggi dan rendah adalah paparan sinar matahari. Kulit bisa menjadi gelap karena paparan sinar matahari dimana paparan berlebih dari sinar matahari menyebabkan terjadinya hiperpigmentasi.

Formulasi produk skincare lightening biasanya diperuntukkan bagi kulit yang mengalami hiperpigmentasi seperti yang dijelaskan di atas. Dengan menggunakan lightening skincare maka proses perawatan kulit akan berfokus pada melanin, yaitu supaya warna kulit bisa lebih merata.

Skin Brightening

Brightening artinya cerah, yaitu produk skincare yang memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit dengan bantuan eksfolian. Ini menjadi pembeda antara brightening dan lightening, dimana skincare lightening lebih condong ke menurunkan kandungan melanin, sedangkan brightening akan mencerahkan dengan proses pengangkatan sel-sel kulit mati (eksfoliasi)

Salah satu penyebab kulit membutuhkan skincare brightening adalah karena adanya kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, polusi, dan faktor lainnya menyebabkan penumpukan sel kulit mati. Inilah kenapa, umumnya skincare brightening (yang biasanya memiliki formulasi berupa cream brightening) bekerja mencerahkan kulit dengan cara pengelupasan kulit.

Selain itu, skin brightening adalah formula yang diracik untuk mencapai kondisi kulit sehat dan lebih baik. Adanya proses pengangkatan sel kulit mati sejatinya membantu kulit mendapatkan pembersihan alaminya.

Akhirnya, proses brighten skin pun bukan sekedar mencerahkan. Melainkan juga pengurangan bekas luka, pengurangan hiperpigmentasi, dan jerawat. Produk semacam ini akan memberikan hasil kulit yang ternutrisi, kenyal, dan merata.

Perbedaan Skin Lightening dan Skin Brightening

Brightening adalah produk untuk mencerahkan kulit yang bekerja mengelupas sel kulit kulit mati dengan eksfoliasi. Ini yang membuat kulit tampak lebih cerah.

Sedangkan lightening adalah produk untuk mengurangi pigmentasi, seperti noda-noda hitam di kulit dengan fokus pada menurunkan proses sintesis melanin. Yaitu mengembalikan warna kulit dan meratakan warna kulit yang belang.

Itu dia Sahabat AVO tentang skin lightening dan brightening yang ternyata bukan skincare memutihkan. Penggunaan kata “memutihkan” cenderung dipakai untuk skincare whitening, yang bekerja total menghambat produksi melanin untuk membuat kulit putih. Baik produk skincare lightening maupaun brighten skin, keduanya aman dan bisa digunakan dalam waktu lama.

Last Updated on December 05, 2023

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 13 November 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya