Ternyata Seperti Ini Cara Menggunakan Sunscreen yang Benar

0
Diunggah 01 November 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Ternyata Seperti Ini Cara Menggunakan Sunscreen yang Benar

Penggunaan sun screen untuk merawat kecantikan kulit memang menjadi hal yang wajib. Ternyata seperti ini cara memakai sunscreen yang tepat!

Penggunaan sunscreen tentu sudah menjadi hal yang wajib untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Sunscreen atau sun block biasa digunakan untuk melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari. Namun, penggunaan sun screen yang asal-asalan malah membuat kulit menjadi rusak. Maka dari itu kamu bisa ikuti cara memakai sunscreen yang benar di bawah ini!

1. Periksa Tingkat SPF pada Sunscreen

Mengetahui tingkat SPF membantumu memilih produk sun screen yang tepat untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Perbedaan antara SPF 15,30, dan 50 sangat kecil. Produk yang mengandung ketiga tingkat SPF itu dapat melindungi kulit sekitar 93-97 persen. Disarankan untuk menggunakan SPF 30 untuk sehari-hari sedangkan SPF 50+ untuk aktivitas di luar ruangan.

Sunscreen dengan SPF 30 atau lebih dapat memberikan perlindungan yang tinggi terhadap kulit. Ketika kulit tidak diolesi sunscreen saat beraktivitas di cuaca yang terik, biasanya kulit akan memerah dalam waktu kurang lebih 10 menit. Kalau kamu menggunakan sunscreen dengan SPF 30, kulit membutuhkan waktu sekitar 300 menit untuk memerah. Nah, itu kenapa kamu perlu memilih sunscreen dengan label broad spectrum untuk melindungi kulitmu dari sinar UVA dan UVB.

2. Ketahui Kandungan Produk Sunscreen

Mengetahui kandungan di dalam produk yang akan dipilih itu penting. Jika kamu ingin memilih produk bebas kimia, carilah yang memiliki kandungan zinc oxide. Biasanya produk yang mengandung bahan kimia tertulis salate atau benzone di bagian komposisi.

Sebaiknya kamu memilih kandungan sunscreen sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Namun, akan lebih aman memilih kandungan sunscreen dengan kandungan zinc oxide seperti pada produk The Great Shield Sunscreen dari Avoskin. Produk sunscreen yang satu ini cocok untuk digunakan oleh semua jenis kulit dan tentunya akan melindungi kulit lebih lama dari sinar matahari.

Baca Juga : Cara Memilih Sunscreen Sesuai dengan Jenis Kulit yang Benar

3. Aplikasikan dengan Tepat

Dilansir dari Allure.com, Heidi Waldorf seorang Associate Clinical Professor of Dermatology mengungkapkan bahwa sunscreen sebaiknya diaplikasikan setengah dahulu lalu biarkan menyerap. Setelah itu bisa diaplikasikan kembali, hal ini akan membuat kinerja sun screen lebih maksimal.

Hal terpenting yang harus kamu ingat adalah memakai sunscreen 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Berbeda dengan sunblock yang dapat bekerja langsung setelah diaplikasikan pada kulit, penggunaan sunscreen membutuhkan waktu untuk bisa menyerap ke dalam kulit.

Manfaat sunscreen membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit untuk menyerap sebelum bekerja melindungi kulit. Maka dari itu, kalau kamu menggunakan sunscreen beberapa saat sebelum beraktivitas di luar ruangan, kulit tidak mendapatkan perlindungan apapun sehingga berisiko kulit terbakar sinar matahari.

Selain itu, kamu juga tetap perlu menggunakan sunscreen meskipun cuaca mendung. Bahkan, kamu juga tetap perlu menggunakan sunscreen meskipun berada di dalam ruangan karena tetap terkena sinar matahari dari jendela ruangan.

4. Selalu Lakukan Re-Apply Sunscreen

Melakukan re-apply sunscreen memang terdengar merepotkan tetapi hal ini perlu kamu lakukan untuk menjaga kondisi kulitmu. Berapapun tinggi angka SPF yang tercantum dalam kemasan sunscreen, sebaiknya kamu tetap melakukan re-apply.

Produk sunscreen dalam bentuk spray atau powder tentunya kurang memberikan perlindungan yang maksimal. Namun, kalau kamu jarang memakai makeup dan jarang beraktivitas di luar, kamu bisa menggunakan sunscreen spray dan powder daripada tidak menggunakan sunscreen sama sekali.

Itu dia cara menggunakan sunscreen yang benar. Mulai sekarang perhatikan hal-hal tersebut agar kulitmu selalu terlindungi dari sinar matahari dan cantik setiap saat.Β Β Β 

Last Updated on March 09, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 01 November 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya