Cara Mengatasi Bibir Kering dan Bibir Pecah-Pecah

0
Diunggah 23 October 2023
LikeIngredients

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Bibir Pecah-Pecah

Sahabat AVO apakah kamu sering merasa kesulitan dengan bibir pecah-pecah? Bukan hanya mempengaruhi kualitas penyerapan lip product, bibir kering dan pecah-pecah juga menurunkan kepercayaan diri. 

Ada beberapa cara supaya tampilan bibir bisa kembali lembab dan sehat. Untuk mendapatkan bibir halus seperti ini kamu membutuhkan lip care dengan kandungan tertentu, yaitu Vitamin E, Argan Oil, dan Hyaluron. Yuk kita bedah penyebab bibir pecah-pecah dan bagaimana kandungan diatas bisa bertindak sebagai solusi.

Penyebab Bibir Kering dan Bibir Pecah-Pecah

Bibir pecah-pecah adalah ketika tampilan kulit area bibir menjadi kering dan mengelupas karena kelembabannya menguap. Penyebab utama terjadi bibir kehilangan kelembaban adalah sinar matahari. 

Lapisan pelindung kulit bibir cenderung lebih tipis. Jika kulit wajah memiliki 16 lapisan, maka bibir hanya memiliki 3-5 lapisan. Ini yang menyebabkan bibir rentan kering dan terkena sunburn. Bahkan, yang parah, area bibir bisa menggelap. 

Untuk merawat bibir kering pecah-pecah dan mencegahnya menghitam, ada beberapa cara mengatasi bibir kering dan bibir pecah-pecah yang bisa kamu coba.

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Bibir Pecah-Pecah

Mendapatkan kulit bibir yang lembab dan sehat tentu menjadi perjalanan yang penuh dengan konsistensi. Belum ada kata terlambat, kamu bisa mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan menggunakan pelembab bibir dengan kandungan Vit. E, Argan Oil, Hyaluron, & Argan Oil.

1. Lipcare dengan Vitamin E

Vitamin E memiliki sejuta manfaat untuk kulit, termasuk juga pada kesehatan bibir. Kamu bisa mendapatkan manfaat vitamin E melalui lip product dan melalui makanan serta buah secara langsung. Misalnya, brokoli, kacang kedelai, mangga, dan udang.

  • Vitamin E Bersifat Humektan dan Emolien

Secara lebih detail, vitamin yang satu ini memiliki sifat humektan dan dan sifat emolien. Yaitu membantu menghidrasi dan membantu mengisi celah kulit yang terbuka dengan kelembaban. 

Oleh karena itu, beberapa produk dengan kandungan vitamin E memiliki manfaat untuk membantu bibir yang kering tampak plump dengan kelembaban.

  • Mempercepat Penyembuhan Luka

Selain melembabkan, vitamin E juga bisa membantu mempercepat area bibir pecah-pecah dan menenangkan retakan bibir yang terasa menyakitkan. 

  • Melindungi dari Sinar Matahari

Sahabat AVO, masih ingat salah satu penyebab utama bibir kering dan bibir pecah-pecah adalah karena sinar matahari? Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang memberikan perlindungan serta menenangkan kulit pasca terpapar sinar matahari. 

2. Menggunakan Pelembap Bibir dengan Hyaluronic Acid

Kamu pastinya sudah familiar dengan kandungan yang satu ini, Faktanya, hyaluron juga baik dalam melembabkan bibir pecah-pecah. 

  • Membuat Bibir tampak Lebih Plumpy

Fungsi hyaluronic acid yang menjaga kelembaban bibir dapat meningkatkan tampilan bibir menjadi plumpy. Lewat manfaatnya ini bibir pecah-pecah kamu pun bisa terlihat sehat.

  • Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Bibir kering sering dibarengi dengan bibir pecah-pecah yang terasa tidak nyaman. Salah satu kebiasaan yang dilakukan adalah menarik kulit pecah pecah ini dan tidak sadar menimbulkan luka. Fungsi dari hyaluronic acid disini bisa membantu meredakan peradangan di area kulit yang terluka. 

Apabila kamu menggunakan hyaluronic acid, maka penyembuhan luka bisa terjadi dengan cara hyaluronic acid mendorong pembentukan pembuluh darah untuk mendukung proses penyembuhan luka.

3. Mengoleskan Argan Oil pada Bibir

Argan oil atau minyak argan merupakan minyak yang berasal dari biji buah argan. Minyak yang satu ini kaya dengan vitamin A, Vitamin E, asam lemak omega-6, dan asam linoleat dan antioksidan. Seluruh manfaat ini menjadikan minyak argan mampu meningkatkan produksi sel untuk meningkatkan  kelembapan, kehalusan dan kelembutan bibir. 

  • Mencegah Kerusakan Kulit

Kali ini berkaitan dengan sinar matahari, minyak argan bisa mencegah kerusakan kulit dari sinar matahari. Minyak argan memiliki antioksidan dan kandungan vitamin E yang sangat tinggi, membuatnya dapat menjadi pelindung dari efek buruk sinar matahari dan berbagai radikal bebas. 

Sahabat AVO itu dia penyebab bibir kering beserta cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Dengan mengetahui penyebab kulit bibir menjadi keirng kamu bisa memahami bagaimana solusi permasalahan kulit sebenarnya bisa ditemukan disetiap keseharian kamu. 

Last Updated on October 23, 2023

Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 23 October 2023

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya