Penyebab Bibir Hitam Bisa Di Atasi dengan Kandungan Arnica Montana Flower Extract

0
Diunggah 24 October 2023
LikeKulit Kering

Penyebab Bibir Hitam Bisa Di Atasi dengan Kandungan Arnica Montana Flower Extract

Mengetahui bahwa warna bibir berubah menghitam memang menjadikan kamu langsung mencari cara menghilangkan bibir hitam dengan cepat. Kondisi ini menjadi permasalahan baru karena warna bibir bisa mempengaruhi warna lip product yang dioleskan. 

Sahabat AVO, dua penyebab utama bibir menjadi hitam adalah hiperpigmentasi dan bibir kering pecah-pecah. Lapisan kulit bibir itu lebih tipis dimana hanya memiliki 3-6 lapisan pelindung aja. Ini sering menjadikan bibir lebih rentan terkena sunburn dan kehilangan hidrasi.

Penyebab Bibir Hitam

Melakukan aktivitas sehari-hari tidak lengkap rasanya jika tidak memakai produk kosmetik. Namun apa jadinya jika kosmetik yang digunakan setiap hari justru nggak optimal karena warna bibir menghitam?

Sayangnya, aktivitas sehari-hari juga bisa menjadi penyebab bibir hitam yang sering terlambar untuk disadari. Berikut ini beberapa penyebab bibir hitam yang sering terjadi :

1. Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Bibir mudah sekali kering karena ia memiliki lapisan kulit yang memang lebih tipis dibandingkan kulit lainnya. Termasuk juga ketika cuaca panas, kelembabannya mudah sekali hilang. Sayangnya, keadan bibir kering yang begitu parah sampai pecah-pecah sangat berpotensi untuk menggelap secara perlahan.

2. Gaya Hidup

Gaya hidup disini adalah kebiasaan yang membuat bibir gelap karena pengaruh eksternal, misalnya merokok dan alkohol. Hal ini bisa terjadi karena rokok dan alkohol mengandung zat asam yang mempengaruhi warna bibir menjadi lebih hitam.

3. Konsumsi Kafein

Selain alkohol dan merokok, ada juga makanan dan minuman yang mendorong perubahan warna bibir. Makanan dan minuman kafein adalah salah satu penyebab bibir hitam selanjutnya. Kafein bisa membuat kamu sering buang air kecil, dan case ini bisa menjadi pemicu dehidrasi. Sayangnya, dehidrasi bisa membuat bibir pecah-pecah dan warnanya menghitam.

4. Sinar Matahari

Salah satu faktor utama penyebab bibir hitam adalah sinar matahari. Paparan matahari yang terlalu sering dan banyak mendorong kulit memproduksi melanin. Adanya melanin yang diproduksi merupakan salah satu bentuk perlindungan kulit. 

Melanin bertugas menyerap sinar ultraviolet dan meminimalisir kerusakan akibat sinar matahari. Sayangnya, melanin yang diproduksi lebih banyak ini membuat warna bibir jadi lebih hitam dari biasanya.

Selain sinar matahari, bibir kering juga mendorong tampilan bibir menjadi hitam. Seringkali bibir yang kering dibersamai dengan bibir pecah-pecah. Kalau sudah pecah-pecah, bukan tidak mungkin kondisi kulit terluka dan meninggalkan tampilan bibir menghitam perlahan. 

Ternyata, ada banyak perlindungan bibir yang perlu dilakukan. Selain SPF, proteksi bibir juga dilakukan dengan memberikan hidrasi bibir yang cukup. Ini untuk mengurangi kondisi bibir kering dan pecah-pecah yang menjadikan kulit terluka dan berpotensi menghitam. 

Arnica Montana Bisa Menjadi Cara Mengatasi Kulit Bibir Hitam

Sama seperti kulit, bibir juga perlu dijamin kelembabannya. Belajar dari penyebab bibir hitam, kulit bibir yang mendapatkan hidrasi cukup bisa membuat tampilannya menjadi halus, lembab dan juga cerah. 

Ada banyak cara untuk mengatasi kulit bibir hitam, salah satunya adalah dengan menggunakan lipcare yang mengandung kandungan arnica montana

Arnica Montana Bisa Menghidrasi Kulit Bibir

Arnica adalah jenis bunga yang masuk ke dalam kategori bahan alami atau herbal. Bunga Arnica memiliki ekstrak yang manfaatnya bisa menghidrasi. Termasuk juga jika kulit bibir kamu kering dan pecah-pecah.

Dengan mengoleskan ekstrak bunga Arnica, kamu akan mendapatkan kelembaban bibir yang akhirnya mencegah kulit bibir hitam karena kering dan pecah-pecah.

Mengatasi Luka Terbuka dengan Arnica Montana

Bunga Arnica sering digunakan untuk mengatasi luka terbuka. Ada kandungan Sesquiterpene Lactones yang terbukti dapat meredakan inflamasi. Selain itu ada juga Flavonoid berperan sebagai antioxidant dan menenangkan kulit area bibir.

Kandungan zat aktif pada bunga Arnica pun mendorong pembentukan jaringan tisu baru dan mempengaruhi penyembuhan luka jadi lebih cepat. Peran ini pun disempurnakan dengan kemampuannya juga yang anti radang. Yaitu mengurangi ruam dan gatal yang disebabkan oleh luka. 

Menenangkan Sunburn

Pada bibir, manfaat bunga Arnica Montana yang menangkan sunburn tentu menjadi solusi untuk kamu yang memiliki masalah kulit bibir hitam. Sebelum aktivitas luar ruangan mulai memberikan tampilan kulit bibir yang buruk, bunga Arnica sudah mencegahnya lebih dahulu dengan kandungan yang memang dibuktikan bisa menenangkan kulit yang terasa gatal seperti terbakar akibat aktivitas luar ruangan. 

Sahabat AVO, kamu bisa menemukan manfaat ekstrak  bunga Arnica lewat lip product yang mengandung Arnica Montana Extract. Hasil ekstraksinya dikemas sebagai minyak esensial berupa lip product yang bisa dioleskan langsung. Mengetahui manfaat bunga Arnica sekaligus menjadi jawaban dari kenapa kandungan ini bisa mengatasi masalah kulit bibir hitam. Yaitu karena penyebabnya bisa diatasi dengan manfaat kandungan ekstraknya.

Last Updated on November 13, 2023

Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 24 October 2023

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya