Apakah Normal Bulu Mata Rontok?

0
Diunggah 08 November 2023
LikeTips & Trick

Apakah Normal Bulu Mata Rontok?

Kamu baru mengalami sehelai dua helai bulu mata rontok dan merasa panik? Faktanya, bulu mata yang rontok  merupakan hal yang normal terjadi. Sama seperti rambut yang lain, bulu mata yang jatuh akan digantikan dengan bulu mata baru yang tumbuh menggantikannya.

Meskipun normal, jika bulu mata rontok ini terjadi sering dan dalam jumlah banyak, maka ini bisa menjadi pertanda perlunya tindakan pencegahan. 

Penyebab Kenapa Bulu Mata Rontok?

Bulu mata berperan melindungi mata dari debu dan partikel yang berpotensi mengganggu pandangan mata bahkan menginfeksi mata. Bulu mata bisa tumbuh, rontok dan bertumbuh kembali menggantikan yang hilang sebagaimana proses alami tubuh. 

Sayangnya, bila kamu mulai merasakan helai bulu mata yang rontok semakin bertambah, maka kamu perlu berhati-hati. Sebab bisa jadi kamu tidak sadar memicu bulu mata rontok seperti yang ada di bawah ini. 

  • Secara kasar mengucek mata 
  • Pemilihan eye make up yang tidak cocok
  • Infeksi bakteri dari make up yang expired
  • Reaksi alergi Allergic
  • Penggunaan penjepit bulu mata 
  • Stress

Apakah Bulu Mata Bisa Tumbuh?

Menurut studi yang dipublikasikan jurnal Dermatology, sel rambut adalah sel kedua yang diproduksi begitu cepat oleh tubuh. Dengan hal ini, rambut menjadi sel yang tumbuh dengan siklus yang tetap juga. Termasuk juga pada bulu mata.

Secara ilmiah, proses tumbuhnya rambut bisa terjadi setiap enam hingga sepuluh minggu. Dan menjadi hal yang lumrah ketika rambut mengalami kerontokan. Bahkan, sekitar 90% sel rambut kita tumbuh dan menetap sebelum akhirnya rontok. Ada tahap dimana folikel rambut akan “istirahat” dan menetap sebelum mengalami kemungkinan kerontokan dan akhirnya tumbuh kembali.

Sehingga apabila pertanyaanmu adalah, apakah bulu mata bisa tumbuh? Jawabannya adalah iya. Seperti folikel rambut yang lainnya, bulu mata rontok bisa tumbuh kembali setelah beberapa minggu. 

Proses Pertumbuhan Bulu Mata yang Rontok

Ada proses pertumbuhan bulu mata rontok yang dibagi menjadi tiga fase.

  • Anagen phase: Ini adalah stage pertumbuhan ketika bulu mata kamu baru saja rontok. Pada stage ini, bulu mata yang baru akan tumbuh dalam gerakan yang lambat, sekitar 0.12 to 0.14 millimeters (mm) per hari. Dikarenakan lambatnya pertumbuhan ini, kamu membutuhkan berminggu-minggu lamanya untuk bulu mata bisa tumbuh sempurna. Stage pertumbuhan ini berlangsung dari empat hingga sepuluh minggu.
  • Catagen phase: Stage ini sering disebut sebagai fase degradasi. Yaitu ketika bulu mata telah tumbuh sedikit lebih kuat. Pada fase ini bulu mata tidak akan tumbuh panjang melebihi 12 mm.
  • Telogen phase: Fase istirahat dan menetap. Yaitu ketika bulu mata secara sempurna tumbuh. Ia akan berperan sebagai bulu mata yang melindungi mata dari berbagai debu dan partikel sebelum mendapatkan potensi kerontokan yang terjadi karena beberapa kondisi.

Secara normal, bulu mata bukanlah rambut yang mengalami kerontokan dalam jumlah banyak. Namun bila kamu mengalami demikian, bulu mata rontok dalam jumlah banyak bisa disebabkan oleh beberapa kondisi. Kalau penyebabnya berasal dari masalah kesehatan, bulu mata bisa mengalami pertumbuhan yang lebih lama. Bahkan, tidak tumbuh sama sekali. 

Cara Menumbuhkan Bulu Mata Lebih Cepat

The American Academy of Ophthalmology merekomendasikan penjagaan kebersihan pada area wajah. Ini termasuk juga dengan mencuci wajah setiap hari, menggunakan gentle product yang tidak mengiritasi kulit, dan mengonsumsi nutrisi dan vitamin yang baik. Kabar baiknya, kamu bisa mendapatkan manfaat vitamin tambahan lewat beberapa produk skincare untuk mata yang menutrisi dari dalam.

Cara menumbuhkan bulu mata bisa dilakukan lebih cepat dengan penggunaan produk skincare seperti lashes serum. Mulai dari memanjangkan, hingga menembalkan bulu mata, kamu bisa mendapatkan bulu mata yang sehat dengan mendorong pertumbuhan bulu mata lewat vitamin yang terkandung pada serum.

Itu dia Sahabat AVO pemahaman terkait kenapa bulu mata rontok dan kenapa kamu tidak perlu khawatir selama jumlah kerontokannya masih dalam tahap normal. Kamu pun bisa menemukan solusi berupa cara menumbuhkan bulu mata lebih cepat dengan penggunaan produk skincare seperti lashes serum.

Sources :

Last Updated on December 05, 2023

Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 08 November 2023

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya