6 Cara Menebalkan Alis dan Bulu Mata

0
Diunggah 09 November 2023
LikeTips & Trick

6 Cara Menebalkan Alis dan Bulu Mata

Bulu mata dan alis pada setiap orang memiliki tampilan berbeda-beda, termasuk juga tebal tipisnya bulu mata dan alis antara satu orang dengan orang lain sangat bervariasi.

Cara menebalkan alis dan bulu mata tergantung dari setiap orang. Namun, apa sih yang mempengaruhi hal ini terjadi?

Apa yang Membuat Alis Tebal dan Bulu Mata Panjang? 

Ternyata, tebal tipisnya bulu mata dan alis dipengaruhi oleh faktor genetik. Diketahui bahwa mutasi pada gen ini dikendalikan oleh DNA yang mempengaruhi karakteristik rambut setiap orang berbeda. Termasuk juga panjang dan tebalnya alis dan bulu mata.

Apa yang membuat alis tebal dan bulu mata panjang tidak ditentukan oleh kebugaran seorang individu, melainkan gen. Hal ini juga yang membuat sebagian orang memiliki alis tipis dan bulu mata yang lebih pendek dibandingkan yang lainnya. 

Cara Menebalkan Alis dan Bulu Mata Secara Alami

Bagi kamu yang merasa kesulitan dengan karakteristik bulu mata dan alis yang tipis, ada cara untuk kamu bisa menebalkan alis dan bulu mata secara alami. 

1. Minyak Kelapa

Cara menebalkan alis dan bulu mata secara alami yang pertama adalah penggunaan minyak kelapa. Ia memiliki trigliserida asam laurat yang baik untuk protein rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut. Bahkan, dilihat secara teksturnya, minyak kelapa muda meresap ke dalam batang rambut dan semakin mempemudah nutrisi masuk ke dalam. 

Apabila kamu ingin mempraktekan cara menumbuhkan alis dan bulu mata lewat minyak kelapa, kamu bisa mengoleskan minyak kelapa pada alis dan bulu mata dengan pijatan ringan. Diamkan selama semalaman dan bersihkan di pagi hari. 

2. Minyak Zaitun 

Minyak selanjutnya yang baik untuk menebalkan alis adalah zaitun. Kalau kamu pensaran, minyak zaitun mempunyai oleuropein yang bisa mendorong pertumbuhan rambut dan mengontrol kelembapan sehingga alis dan bulu mata bisa menjadi lebih tebal apabila minyak zaitun dioleskan ke area tersebut.

3. Minyak Alpukat 

Alpukat juga tidak kalah baik sebagai cara menumbuhkan alis dan bulu mata. Ada mineral seperti potasium dan magnesium pada alpukat yang mencegah rambut patah serta vitamin D yang mampu menumbuhkan folikel rambut baru.  

Sama seperti minyak yang lainnya, cara menebalkan alis dan bulu mata dengan alpukat bisa dilakukan dengan mengoleskan minyak alpukat ke alis dan bulu mata lalu biarkan semalaman.

4. Minyak Pohon Teh 

Minyak pohon teh memiliki manfaat anti bakteri yang mempengaruhi pori-pori rambut terbuka dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Kamu bisa mencampurkan dua minyak pohon teh dengan dua sendok minyak zaitun. Lalu baru dioleskan pada alis. Biarkan semalaman untuk membasuhnya besok pagi. 

5. Lidah Buaya

Cara menebalkan alis dan bulu mata secara alami selanjutnya adalah lidah buaya. Bahan alami yang satu ini sudah cukup terkenal bisa menumbuhkan rambut dengan enzim proteolitik yang ia miliki. Jika kamu ingin mencoba menggunakannya, cukup potong daun lidah buaya untuk diambil gel-nya. Oleskan pada alis dan bulu mata semalaman lalu basuh dengan air hangat.

6. Vitamin E 

Belum sempurna rasanya jika membicarakan cara menumbuhkan alis dan bulu mata tanpa menyebutkan Vitamin E. Penelitian telah menmbuktikan bahwa Vitamin E memiliki alpha-tocopherol yang bisa menutrisi folikel rambut. Ini tentu berpengaruh pada pertumbuhan rambut yang tebal, termasuk juga ada alis dan bulu mata. 

Cara Menebalkan Alis dan Bulu Mata Lebih Cepat dengan Skincare

Menumbuhkan alis dan bulu mata secara alami memang bisa dilakukan dan memberikan hasil pertumbuhan rambut yang bisa dibuktikan. Namun, proses pertumbuhannya cenderung lambat. Berbeda dengan cara menebalkan alis dan bulu mata dengan skincare yang bisa lebih cepat. 

Hal ini karena skincare mengandung sederet bahan yang sudah diformulasikan bisa menutrisi rambut dari dalam lalu mendorong pertumbuhannya apabila diaplikasikan setiap hari. 

Sahabat AVO, kamu bisa mendapatkan alis dan bulu mata yang tebal dengan produk skincare seperti serum alis dan bulu mata. Saat ini produk serum demikian sudah banyak ditemukan. Produk skincare ini adalah bentuk penyatuan dari berbagai bahan alami yang diinovasi dengan bantuan teknologi sehingga menghasilkan serum khusus yang bisa membantu pertumbuhan bulu mata dan alis. 

Cara menggunakan serum bulu mata dan alis pun sama dengan cara menebalkan alis dan bulu mata lewat bahan alami. Yaitu, ambil produk serum secukupnya dan oleskan pada alis dan bulu mata. Kamu juga direkomendasikan untuk memastikan bahwa serum ini selalu dibersihkan setelah pemakaian seharian untuk selanjutnya baru dipakai lagi. 

Sahabat AVO, itu dia cara menebalkan alis dan bulu mata yang bisa kamu coba. Baik secara alami maupun melalui skincare seperti serum alis dan bulu mata, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan wajah dengan rutin membersihkannya. 

Sources : 

  • Peng F. Xiong Z. Zhu G. et al. GWAs Identify DNA Variants Influencing Eyebrow Thickness Variation in Europeans and Across Continental Populations. Journal of Investigative Dermatology. 2023; 1317-1322.
  • Cohen JL. Enhancing the growth of natural eyelashes: the mechanism of bimatoprost-induced eyelash growth. Dermatol Surg. 2010; 36(9):1361-71.

Last Updated on December 05, 2023

Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 09 November 2023

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya