Di Hari Pahlawan Menjadi Pahlawan Lingkungan #LoveAvoskinLoveEarth

0
Diunggah 10 November 2023
LikeSustainable Living

Di Hari Pahlawan Menjadi Pahlawan Lingkungan #LoveAvoskinLoveEarth

Tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Dalam arti luas, Hari Pahlawan ini menjadi pengingat bahwa menjadi pahlawan juga bisa dilakukan setiap orang, termasuk dalam dunia keberlanjutan lingkungan. 

Kita telah menjalani begitu banyak sisi kehidupan yang membuat kita seringkali terinspirasi oleh hal kecil. Salah satu contohnya yaitu lewat aksi yang dilakukan orang lain terhadap lingkungan. Memperingati Hari Pahlawan, kamu akan diajak menjadi pahlawan lingkungan bersama Avoskin lewat #LoveAvoskinLoveEarth.

Kenapa Menjadi Pahlawan Lingkungan di Hari Pahlawan?

Lingkungan telah menjadi rumah bagi kita semua. Mulai dari air, udara, tanah dan sumber daya lain yang diberikan lingkungan telah melengkapi kebutuhan kita dalam prosesnya menjadi apapun yang kita mau. Sayangnya, pengelolaan lingkungan belum sepenuhnya bijak. Salah satu isu besar yang dihadapi adalah sampah plastik lingkungan yang berasal dari packaging skincare.

Ada data yang ditunjukan oleh Badan Pusat Statistik dan Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) menunjukan sejumlah 3.2 juta ton sampah plastik telah terbuang ke laut. Per 2019, Indonesia bahkan menduduki peringkat kedua penyumbang sampah plastik paling banyak.

Masih dalam data yang sama, dari berbagai macam sampah plastik yang ada, penyumbang sampah plastik terbesar berasal dari packaging. Termasuk juga packaging skincare yang sering kita gunakan.

Bukan tidak ada dampaknya, aksi ini menyebabkan sampah plastik packaging skincare menjadi bertumpuk dan menambah distribusi sampah plastik di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). 

Kita hanya bisa melakukan hal yang bisa kita kontrol, dan merubah gaya hidup kita terhadap penggunaan barang bisa menjadi langkah pertama. Avoskin mengajak kamu untuk menjadi bagian #LoveAvoskinLoveEarth yaitu dengan berperan sebagai pahlawan lingkungan lewat hal-hal kecil.

Pahlawan Lingkungan #LoveAvoskinLoveEarth

Adanya #LoveEarthLoveAvoskin merupakan campaign Avoskin pada sustainability. Sebuah wujud nyata perhatian Avoskin terhadap isu sampah plastik di lingkungan. Aksi ini dimulai dari kerjasama dengan Waste4Change berupa program pengembalian kemasan skincare tidak terpakai untuk bisa didaur ulang dengan bijaksana.

Aksi ini pun senantiasa dilanjutkan dengan menyediakan box rekosistem pengembalian botol di setiap booth Avoskin yang tersebar di setiap kota. Misalnya, pada Jogja x Beauty pada Mei kemarin, telah ada total 725 botol bekas skincare yang terkumpul. Angka ini tentu terus berlanjut dengan rekosistem yang Avoskin terus sediakan. 

Caranya sederhana, kamu bisa mengumpulkan packaging skincare yang telah habis dan memastikan kebersihannya seperti mencuci dan mengeringkan packaging botol Avoskin. Selanjutnya, kamu bisa mengirim kumpulan packaging ini menuju alamat yang tertera pada guidelines.  

Cara Menjadi Pahlawan Lingkungan #LoveAvoskinLoveEarth

Walaupun sulit tapi bisa dilakukan secara perlahan. Cara menjadi pahlawan lingkungan di Hari Pahlawan dimulai dari gaya hidup circular. Yaitu barang digunakan sampai benar-benar habis daya pakainya dan mengurangi penumpukan barang dengan daur ulang maupun mengirim pada rekosistem.

1. Menjadi Bagian dari Aksi Daur Ulang

apa nama campaign avoskin yang berfokus pada aspek sustainability?

Cara menjadi pahlawan lingkungan #LoveAvoskinLoveEarth yang pertama adalah mengeliminasi botol kosong dan mengirimkannya ke regulasi kemasang kosong atau memakainya menjadi barang berguna lain.

Misalnya, botol bekas dapat digunakan sebagai pot tanaman. Selain itu, kamu juga bisa mengirim botol bekas skincare ke Avoskin.

2. Mengurangi Sampah dengan Membeli Barang Secukupnya 

apa nama campaign avoskin yang berfokus pada aspek sustainability

Menjadi pahlawan lingkungan di Hari Pahlwan selanjutnya adalah dengan berkontribusi mengurangi timbunan sampah plastik dengan membeli makanan dan barang secukupnya. Hal ini turut berkontribusi dalam mengurangi timbunan sampah di TPA.

3. Membawa Tote Bag, Tumblr dan Box Sendiri

apa nama campaign avoskin yang berfokus pada aspek sustainability?

Selain baju, barang yang bisa terus digunakan adalah tote bag, tumblr dan tempat makan. Kamu bisa terus membawa  barang-barang ini bahkan ketika membeli kebutuhan diluar. Kamu bisa menantang diri kamu untuk berkomitmen dengan selalu membawa tumblr dan lunch box dan tote bag untuk mengurangi limbah lingkungan.  

4. Melakukan Aksi Tanam Pohon

Bukan hal yang sulit lho untuk menanam pohon. Kamu bisa mengikuti aksi volunteer penanaman pohon dikotamu untuk menjadi pahlawan lingkungan di Hari Pahlawan. Aktivitas sederhana ini tentu berperan besar sebagaimana pohon bisa menghasilkan oksigen yang mendukung kehidupan manusia dan segala makhluk hidup didalamnya.

Sahabat AVO menjadi pahlawan lingkungan #LoveAvoskinLoveEarth adalah keinginan yang bersumber dari kepedulian. Avoskin sangat senang bisa menggandeng tangan Sahabat AVO yang memiliki visi dan misi sama untuk bersama menjaga keberlanjutan lingkungan. Sahabat AVO, apakah kamu siap menjadi pahlawan lingkungan #LoveAvoskinLoveEarth di Hari Pahlawan?

Last Updated on November 10, 2023

Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 10 November 2023

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya