Ekoturisme, Berlibur Sembari Melestarikan Lingkungan

0
Diunggah 19 December 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeTravel

Ekoturisme, Berlibur Sembari Melestarikan Lingkungan

Sebutan yang muncul semenjak adanya film 5CM ini menjadi terkenal di kalangan anak muda. Nah, sebenarnya apa sih arti dari ekoturisme ini? EKoturisme adalah kegiatan wisata alam yang bertanggung jawab.

Istilah ekoturisme ini mungkin asing di telinga beberapa orang. Padahal istilah ini mulai terkenal sejak munculnya film 5 CM yang membuatnya menjadi terkenal di kalangan anak muda. Kebanyakan anak muda menjadi terbawa tren dengan suka mendaki gunung dengan pamer foto dengan memegang kertas bertulisan nama atau lokasi, memetik bunga lalu dibawa pulang, buang sampah sembarangan dan sebagainya. Padahal hal ini tentunya sangat salah, mencintai alam tapi merusak lingkungan tersebut. Maka dari itu mulai dari sekarang cobalah untuk menerapkan ekoturisme dalam hidup. Yup! Ekoturisme adalah kegiatan wisata alam yang bertanggung jawab.

Apa Sih Ekoturisme Itu?

Ekoturisme berasal dari kata ekologi dan turisme. Mudahnya, ekoturisme bisa diartikan sebagai wisata alam yang bertanggung jawab. Artinya, pengunjung tidak cuma berwisata tapi juga ikut memelihara lingkungan alam. Ekoturisme tidak sama seperti kalian wisa alam biasa seperti kegiatan arung jeram, hiking, diving. Ekoturisme itu berarti kamu berwisata tanpa merusak alam dan lingkungan. Dengan tidak mengambil apapun saat berwisata, bahkan memetik satu bunga kecil juga tidak diperbolehkan. Ekoturisme juga termasuk tidak meninggalkan sampah atau mengganggu binatang di tempat wisata tersebut.

Pentingnya Melakukan Ekoturisme

Banyaknya bencana yang terjadi merupakan bukti nyata kalau bumi sedang sakit. Pelestarian alam pun menjadi kegiatan penting yang tidak bisa ditunda lagi. Maka, dengan melakukan ekoturisme ini tentunya memberi banyak manfaat untuk lingkungan. Dari segi ekonomi juga tetap mendapat untung tanpa memberi pengaruh buruk pada lingkungan. Ekoturisme memiliki banyak manfaat spesifik, salah satunya objek wisata di daerah bukit atau pegunungan bisa membantu menciptakan air bersih.

Baca Juga : Upaya yang Bisa Dilakukan untuk Menjaga Kelestarian Air Demi Bumi yang Lebih Baik

Manfaat lain dari ekoturisme adalah menjaga agar hewan-hewan liar tidak masuk ke pemukiman warga. Hal ini dikarenakan manusia juga tidak mengusik tempat tinggal hewan liar di hutan atau pegunungan. Secara tidak langsung dengan mengampanyekan ekoturisme, kamu sudah melakukan green activity dan mengurangi efek global warming.

Destinasi Wisata Ekoturisme

Salah satu wisata alam yang sangat bagus untuk dijadikan pilihan adalah Kawah Ijen, Jawa Timur. Keajaiban Kawah Ijen sudah banyak jadi perbincangan para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Banyak fenomena alam langka yang bisa kamu nikmati di ekowisata gunung yang satu ini. Salah satunya Danau Kawah Ijen yang dapat berubah warna tergantung sinar matahari yang masuk ke dalam danau. Selain itu, yang paling dicari adalah blue flame yang hanya bisa dinikmati dini hari sampai sekitar pukul 05.00 pagi. Fenomena alam akibat tingginya kandungan sulfur pada tanah ini hanya bisa dinikmati di dua tempat di dunia, Islandia dan Kawah Ijen ini

Destinasi lainnya adalah Tangkahan Eco Tourism di Sumatera Utara. Di sini kamu bisa langsung berkenalan dengan gajah yang hidup di alam bebas, termasuk jungle trekking bersama gajah dan memandikan gajah. Selain itu, kamu juga bisa melakukan waterfall camping, river tubing, dan sebagainya. Yang bikin merinding adalah kisah di balik pembangunan Tangkahan ini. Masyarakat sekitar Tangkahan adalah para penebang hutan liar yang mau diedukasi sehingga mau mencari pemasukan yang lebih sustainable dibanding melakukan penebangan liar yang merusak lingkungan.

Last Updated on December 20, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 19 December 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya