Selain Mematikan Listrik, 5 Hal Ini Juga Bisa Kamu Lakukan untuk Melestarikan Lingkungan

0
Diunggah 23 September 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSustainable Living

Selain Mematikan Listrik, 5 Hal Ini Juga Bisa Kamu Lakukan untuk Melestarikan Lingkungan

Tidak hanya mematikan dan menghemat listrik, coba beberapa hal ini untuk melestarikan lingkungan yuk!

Mematikan listrik selalu menjadi hal yang paling mudah dan biasa dilakukan untuk menjaga lingkungan. Bahkan kegiatan mematikan listrik ini disebut Earth Hour rutin dilakukan setahun sekali agar membuat lingkungan menjadi lebih baik. Namun, demi membuat lingkungan jadi lebih terjaga, tidak hanya mematikan dan menghemar listrik saja yang dapat kamu lakukan. Nah, 5 hal ini juga bisa kamu lakukan untuk melestarikan lingkungan.

1. Memiliki Tanaman atau Kebun Kecil di Area Tempat Tinggal

Memiliki tanaman atau pekarangan yang berisikan beberapa jenis tumbuhan juga bisa menjadi salah satu cara sederhana untuk menjaga lingkunga. Tidak harus membeli berbagai jenis tanaman, kamu bisa mulai dengan merawat 1-2 jenis bunga sebagai permulaan. Jika khawatir tanaman tidak terurus karena tak punya banyak waktu, kamu bisa memilih jenis tanaman hias yang dikenal mudah dalam perawatannya seperti Begonia, Bunga Asoka maupun Bugenvil.

2. Mengurangi Penggunaan Kertas

Penggunaan kertas secara boros juga bisa jadi penyumbang rusaknya lingkungan. Karena untuk membuat 1 rim kertas diperlukan 1 batang pohon dengan usia minimal 5 tahun. Dalam mengatasi hal ini, kamu bisa mengontrol konsumsi kertas dengan cara memilih untuk tidak mencetak struk belanjaan atau struk ATM. Meskipun terbilang sederhana, namun jika dilakukan secara konsisten dalam jangka waktu lama, secara tidak langsung, kamu turut mengurangi konsumsi kertas.

3. Mengontrol Penggunaan Plastik

Sampah plastik merupakan jenis limbah yang tidak dapat terurai sempurna. Bahkan kalaupun ukurannya terurai menjadi lebih kecil, plastik tidak akan hancur sepenuhnya. Tak sampai di situ saja, sampah plastik yang terbawa ke laut dapat membahayakan hewan yang hidup di perairan. Meskipun tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat, namun kamu bisa mengurangi limbah plastik dengan cara membatasi penggunaanya. Selalu membawa tas belanja pribadi saat pergi berbelanja, serta lebih memilih menggunakan botol minum pribadi dibanding membeli minuman kemasan.

4. Mengikuti Program Donasi yang Dilakukan Yayasan Lingkungan

Ada beberapa yayasan organisasi lingkungan yang membuka donasi untuk berbagai program. Mulai dari donasi penanaman pohon hingga donasi perawatan area konservasi. Cara ini cocok digunakan bagi kamu yang memiliki perhatian dengan kondisi lingkungan, tapi belum memiliki waktu luang untuk terjun langsung mengikuti aksi peduli lingkungan. Seperti di WWF Indonesia, kamu bisa memilih program donasi apa yang ingin diikuti. Mulai dari penanaman pohon hingga donasi penyelamatan berbagai jenis hewan di Indonesia.

5. Mendukung Brand yang Memerhatikan Lingkungan

Selain mengontrol penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari, kamu juga bisa menjaga lingkungan dengan mendukung berbagai brand yang dikenal memiliki visi menjaga lingkungan serta turut berkontribusi dalam pengurangan sampah plastik. Kamu bisa memilih membeli produk brand yang memanfaatkan kemasan daur ulang, ataupun brand yang mengadakan program kerja sama dengan organisasi pemerhati lingkungan.

Salah satunya brand Avoskin yang semua produknya cruelty free dan tergabung dalam gerakan WWF. Dengan membeli produk Avoskin tentunya kamu telah turut serta berpartisipasi dalam melestarikan lingkungan. Bahkan, kamu juga turut berdonasi untuk program pelestarian lingkungan.

Last Updated on September 26, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 23 September 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya