Simple! Contoh Daur Ulang Sampah Botol Plastik

0
Diunggah 28 November 2023
LikeLifestyle

Simple! Contoh Daur Ulang Sampah Botol Plastik

Daur ulang sampah botol plastik mungkin bukan hal baru. Ditengah kesibukan kita saat ini, melakukan daur ulang sampah plastik meninggalkan kesan rumit.

Namun, siapa sangka? Kesan rumit ini hanya ada dalam pikiran kita karena yang sebenarnya terjadi, cara mendaur ulang sampah plastik itu bisa sesederhana mengubah botol plastik menjadi celengan dalam tiga langkah.

Melakukan daur ulang sampah botol plastik bisa dilakukan tanpa ribet. Buat kamu yang ingin menjaga keberlanjutan lingkungan namun belum punya banyak waktu untuk berkreasi detail, berikut ini 6 cara mendaur ulang sampah botol plastik hanya dengan tiga langkah sederhana.

Sebelum Daur Ulang Sampah Botol Plastik

Apakah sampah bisa langsung dipakai? Tentunya belum. Tidak semua sampah botol plastik bisa digunakan menjadi hal berguna yang cocok untuk kebutuhanmu. Terutama karena penggunaan botol plastik ini akan berbeda di masing-masing orang.

Sebelum daur ulang sampah botol plastik, yuk ikuti cara menyiapkan daur ulang sampah plastik dalam 3 langkah dibawah ini. 

1. Mengumpulkan Sampah plastik 

Cara mendaur ulang sampah plastik yang paling pertama adalah mengumpulkan botol-botol plastik yang ada disudut ruangan itu untuk memastikan bahwa semuanya bisa bermanfaat. 

2. Kelompokan Sampah Botol plastik

Disini kamu bisa mengelompokkannya menjadi beberapa kategori, yaitu berdasarkan ukuran, bahan, warna, ketebalan, dan kegunaan. Disini kamu bisa mengetahui deh botol kaca mata mana yang cocok sesuai kebutuhanmu.

3. Mencuci Sampah Botol Plastik

Yes, pastikan bahwa botol plastik kamu bersih.. Mencuci sampah botol plastik bisa membersihkan sisa bahan kimia atau lem yang masih menyangkut pada botol plastik tersebut. Selain itu, dengan mencuci botol plastik kamu juga jadi lebih aman dan nyaman dalam menggunakannya.

Sahabat AVO, selain untuk kebutuhan personal, kamu bisa lho mengirimkan sampah botol plastik skincare ke Avoskin. Dengan mengumpulkan sampah botol plastik yang sudah dibersihkan ini, kamu bisa mendapatkan poin yang bermanfaat untuk pembelian selanjutnya. Pengembalian botol plastik tersedia di setiap store Avoskin terdekat.

Contoh Daur Ulang Sampah Botol Plastik, Bisa Jadi Apa Aja Sih?

Tidak hanya selesai sampai dibersihkan aja. Sampah botol plastik dan kaca bisa memberikan nilai guna baru.

1. Vas Bunga atau Pot tanaman 

Udah kebayang belum, nih? Pot tanaman seperti apa yang bisa menggunakan sampah botol plastik? Dalam daur ulang sampah botol plastik, kamu bisa membagi botol menjadi dua bagian dan menggunakan kedua pemotongan itu sebagai pot dan vas bunga.

contoh daur ulang sampah plastik
source : Pinterest

Apabila sampah botol kamu terbuat dari kaca, kamu bisa menggunakanya sebagai vas bunga sederhana diatas meja yang mudah dijangkau. Cukup masukan air secukupnya, dan gabungkan dengan bunga serta tanaman yang ingin kamu tumbuhkan disitu.

2. Tempat Alat Tulis atau Make Up Brush

Cara mendaur ulang sampah plastik
source : Pinterest

Siapa disini yang suka banget nonton konten D.I.Y atau do it yourself? Konten D.I.Y adalah cara mendaur ulang barang tidak terpakai menjadi leih berguna, sama seperti yang kamu lakuin sekarang.

Kamu bisa menggunakan sampah botol plastik menjadi tempat alat tulis seperti pulpen dan pensil atau bahkan make up brush. Untuk bisa mendapatkan kegunaan ini, kamu bisa memotong bagian atas sampah botol plastik untuk menyesuaikan diameter botol dengan banyaknya space yang kamu inginkan. 

Kamu juga bisa sedikit melakukan dekorasi dengan menempelkan lem diluaran sekitar botol untuk menambah artistik dan kelucuan. Selanjutnya, kamu bisa menempelkan kain pada lem-lem tadi. 

3. Jar MultifungsiuntukBenda Kecil

daur ulang sampah botol plastik
source : Pinterest

Baik daur ulang sampah botol plastik ataupun sampah botol kaca, semuanya bisa dipakai sebagai celengan multifungsi. Justru, dengan memanfaatkan botol kamu bisa membukanya dengan mudah karena hanya tinggal memutar knop tutup-nya. 

Melihat dari manfaat botol untuk celengan barang-barang kecil, tentu kamu perlu sampah plastik botol yang sedikit besar dengan diameter lebar. 

Sahabat AVO, ternyata daur ulang sampah botol plastik dan kaca nggak serumit itu. Kamu bisa mempraktekan cara mendaur ulang sampah botol dengan melakukan pengumpulan – pengelompokan – dan pembersihan. Setelah itu baru deh kamu bisa menggunakannya menjadi macam-macam kreasi sampah botol plastik dan kaca. 

Jangan khawatir daur ulang ini terlihat tidak cocok dengan dekoarsi kamarmu, karena kamu selalu bisa menambahkan pernak pernik dan hiasan pada sampah botol itu. Hayoo.. siapa yang nggak sabar mau coba? 

Last Updated on November 28, 2023

Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 28 November 2023

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya