Menghargai Diri Sendiri dengan Self Love, Bagaimana Caranya?

0
Diunggah 06 December 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeLife

Menghargai Diri Sendiri dengan Self Love, Bagaimana Caranya?

Merasa rendah diri dan minder tentunya tidak sehat untuk dirimu. Nah, ada beberapa cara self love agar kamu lebih menghargai diri sendiri.

Akhir-akhir ini istilah self love banyak digunakan dalam media sosial. Istilah ini menjadi populer karena kesadaran akan kesehatan mental makin banyak dibicarakan. Sebenarnya apa sih self love ini dan bagaimana caranya?

Pentingnya Self Love untuk Kesehatanmu

Self love artinya mencintai diri sendiri, tetapi bukan berarti kamu memenuhi segala keinginanmu. Kamu harus memperlakukan dan menerima diri sendiri dengan baik dan apa adanya. Hal ini adalah aspek penting dari kesehatan mental.

Self Love adalah fondasi penting yang memungkinkan kamu untuk bersikap tegas, menjalin hubungan yang sehat, mengejar minat dan mimpi, serta merasa bangga dengan diri sendiri. Maka dari itu, kamu sangat perlu untuk mengelola self love dengan baik.

Baca Juga : Permasalahan Remaja Saat Ini yang Paling Sering Terjadi di Indonesia

Kamu pasti pernah beberapa kali merasa rendah diri dan minder. Kondisi ini memang normal, tetapi kamu perlu berusaha untuk mengendalikannya. Kamu perlu menghargai diri sendiri untuk memiliki self esteem yang baik. Dengan menghargai diri sendiri, kamu akan lebih percaya diri dalam menjalani hidup. Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk lebih menghargai dirimu sendiri.

Cara Menghargai Diri Sendiri & Wujudkan Self-love!

Banyak sekali manfaat jika kamu tidak hanya menghargai orang lain, tetapi juga mampu menghargai diri sendiri. Berikut cara menghargai diri sendiri yang mudah dan harus kamu lakukan!

1. Jauhkan Diri dari Orang yang Memberi Pengaruh Negatif

Perasaan negatif bisa berasal dari orang-orang di lingkunganmu seperti teman bermain atau teman bekerja. Hal ini memberi pengaruh besar pada caramu menghargai diri sendiri. Cara mengetahui orang memberi dampak negatif adalah saat kamu berinteraksi dengan mereka, kamu merasa sulit untuk menghargai diri sendiri. Selain itu, kamu merasa takut atau marah saat bersama mereka.

2. Self Care: Merawat Diri Secara Utuh

Melakukan self-care bukan berarti kamu menghabiskan uang. Kegiatan ini bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental, fisik, dan emosional dengan hal yang positif. Hal sederhana saja bisa menjadi salah satu cara menghargai diri sendiri seperti istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan sehat, dan olahraga secara teratur. Selain itu, kamu juga bisa melakukan perawatan kulit atau memesan jasa pijat untuk membuat tubuh lebih rileks.

3. Mencari Kegiatan atau Hobi Baru

Kamu bisa mencari kegiatan positif yang baru untuk menghargai diri sendiri. Hal ini memberikan cara pandang baru pada diri sendiri. Selain itu, hobi baru bisa membantu mengurangi stres yang baik untuk mental. Kamu bisa mencoba berkebun, bercocok tanam, menulis, atau menari.

Baca Juga : Lakukan 4 Kebiasaan Ini Agar Lebih Semangat di Pagi Hari

4. Berbicara Hal Positif untuk Diri Sendiri

Kamu jangan meremehkan kekuatan self talk.Β  Jika kamu berbicara buruk pada diri sendiri hal ini akan memberi pengaruh besar pada kesehatan mentalmu. Nah, kamu bisa mulai dengan mengganti kata negatif pada pikiranmu dengan kata yang lebih positif. Kamu bisa mulai dengan memuji dirimu setiap melihat ke cermin.

5. Menerima Bahwa Tidak Ada yang Sempurna

Impian yang tidak tercapai bisa menjadi penyebab harga diri jatuh. Selain itu, beberapa kondisi fisik yang sulit diubah juga menjadi penyebab rendah diri. Padahal, hal ini wajar karena tidak ada hal yang sempurna. Kamu hanya cukup menerima dan menyadari bahwa dirimu tidak sempurna. Meskipun tidak sempurna, hal ini tidak mengurangi nilai dari dirimu.

Mungkin untuk permulaan memang sulit untuk melakukannya, tetapi kalau kamu sudah bisa lebih menghargai diri sendiri tentunya hal ini akan baik untuk hidupmu. Kamu tidak perlu fokus pada orang lain, kamu cukup fokus pada dirimu sendiri. Tidak perlu mendengar omongan jelek orang yang tidak membangun karena dirimu baik apa adanya. Selalu ingat kalau Before Anyone Else is You!

Last Updated on March 02, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 06 December 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya