Cara Mengatasi Wajah Breakout dengan Mudah, Anti Ribet!

0
Diunggah 05 December 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Cara Mengatasi Wajah Breakout dengan Mudah, Anti Ribet!

Kulit wajah tiba-tiba berjerawat? Coba beberapa cara mengatasi wajah breakout berikut ini yuk!

Kamu mengalami kemunculan jerawat di wajah secara mendadak? Nah, kasus ini masuk dalam kategori breakout, Kondisi seperti ini ditandai dengan timbul peradangan dan kemerahan di wajah yang terjadi akibat tidak cocok kandungan produk tertentu. Kalau dibiarkan lama-lama, tentunya hal ini bisa mengganggu penampilan dan kesehatan kulit. Kamu tidak perlu khawatir karena hal ini bisa diatasi. Yuk, ikuti beberapa cara mengatasi wajah breakout yang mudah ini.

1. Rutin Cuci Muka Setiap Hari

Cara mengatasi wajah breakout yang wajib dilakukan adalah mencuci muka. Jika kamu malas mencuci muka sebelum istirahat, biasanya kotoran, debu, dan polusi yang ada di permukaan wajah dapat terinfeksi oleh propionibacterium acne, bakteri yang mengubah sebum di wajah menjadi asam lemak. Kalau dibiarkan terlalu lama, hal ini dapat memicu peradangan berupa kemerahan dan jerawat yang muncul di wajah.

Maka dari itu disarankan untuk rajin mencuci muka tidak lebih dari dua kali sehari. Jika kamu terlalu sering mencuci muka akan menyebabkan kulit jadi kehilangan sebum alami yang mengakibatkan wajah jadi memproduksi minyak terus-terusan untuk menyeimbangkan kadarnya.

Untuk lebih aman, gunakanlah pembersih wajah yang lembut, seperti Natural Sublime Facial Cleanser yang bisa membersihkan kotoran di wajah sekaligus menjaga kelembapan kulit.

2. Berhenti Menggunakan Makeup Sejenak

Saat kulit wajah sedang breakout, sebaiknya kamu hentikan pemakaian makeup untuk sementara waktu, Hal ini karena ada kandungan tertentu pada makeup yang bisa memicu alergi pada kulit sensitif. Dengan mengambil waktu untuk beristirahat dari pemakaian makeup, wajah bisa bernafas sejenak dan menetralkan kondisi ke semula.

Pastikan untuk selalu selalu mencuci tangan lebih dulu sebelum mengaplikasikan makeup dan selalu memakai sponge/brush yang kotor. Hal ini penting karena tools dan tangan kotor dapat memicu perpindahan bakteri dari tangan/sponge/brush ke wajah dan mengakibatkan kulit meradang dan jerawat makin parah.

3. Ganti Handuk Wajah Bersih

Cara mengatasi wajah breakout selanjutnya adalah dengan mengganti handuk wajah secara rutin. Penggunaan handuk wajah yang dilakukan berulang kali bisa membuat permukaan handuk jadi kotor dan menumpuk bakteri. Jadi, penting untuk mengganti handuk wajah setiap minggunya dan selalu pastikan wajah bersih dari sisa kotoran, debu, dan makeup.

4. Selalu Pakai Pelembap

Wajah perlu menggunakan pelembap agar kadar kelembapannya terjaga dan terhindar dari proses pengelupasan pada kulit. Sebelum menggunakan pelembap, pastikan kamu memilih pelembap non comedogenic dan aman untuk kulit sensitif. Produk non comedogenic ini aman digunakan bagi kulit berjerawat, berminyak, kering hingga kombinasi sekalipun karena tidak memicu timbulnya komedo dan penyumbatan pada pori-pori wajah. Kamu bisa menggunakan Intensive Divine Day Cream untuk melembapkan kulit wajah setiap pagi.

5. Gunakan Acne Spot Treatment

Jika kamu memiliki kondisi breakout yang berjerawat, kamu bisa menggunakan acne spot treatment dari Avoskin untuk membantu mengatasi masalah ini. Memiliki kandungan salicylic acid dan zinc PCA, produk ini efektif untuk merawat kulit berjerawat, melawan bakteri penyebab jerawat, dan menenangkan kemerahan kulit.

6. Cukupi Kebutuhan Air Putih

Cara mengatasii wajah breakout yang tak kalah penting adalah mengonsumsi air putih minimal 2 liter sehari. Air putih sangat baik dalam menjaga kesehatan kulit karena kemampuannya dalam menghilangkan racun pada kulit, menghidrasi tubuh agar kulit tetap terjaga kelembapannya, serta mengurangi potensi penyumbatan pori-pori di wajah. Maka dari itu, kamu wajib memenuhi kebutuhan air putih setiap hari agar sistem tubuh bekerja dengan baik.

Last Updated on December 12, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 05 December 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya