Nampak Serupa, Berikut Perbedaan Essence, Serum, dan Ampoule dalam Rangkaian Skincare

0
Diunggah 22 April 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Nampak Serupa, Berikut Perbedaan Essence, Serum, dan Ampoule dalam Rangkaian Skincare

Meski sering nampak sama, essence, serum, dan ampoule adalah berbeda dari banyak sisi, mulai kandungan hingga cara pakai masing-masingnya. Simak lebih lengkap perbedaan essence dan serum dan temukan produk mana yang cocok untukmu disini!

Beberapa tahapan penting dari penggunaan skincare adalah essence, serum, dan ampoule. Ketiga produk ini nampak sama, walaupun essence dan serum memiliki fungsi yang berbeda, begitupun ampoule. Penjelasan berikut akan membantu kamu dalam membedakannya fungsi dan cara pemakaian serum dan essence, dan perbedaan essence dan serum, serta ampoule!

Baca Juga : Apa itu Arbutin dan Apa Saja Manfaatnya untuk Kulit Wajah?

perbedaan essence dan serum

Perbedaan Essence dan Serum dari Tekstur dan Bahannya

Baik serum maupun essence sama-sama water-based atau berbahan dasar air. Namun hal yang membuat perbedaan essence dan serum adalah teksturnya. Essence lebih cair dan ringan dibandingkan serum. Bisa dibilang, essence adalah versi serum yang lebih ringan atau encer, seperti kombinasi serum dan toner.

Perbedaan Essence dan Serum dari Fungsi Kandungannya

Essence adalah salah satu jenis produk perawatan kulit yang memiliki ingredients atau kandungan yang dapat menutrisi wajah, melembabkan, dan membantu mengatasi masalah kulit secara umum.

Essence memiliki kandungan yang lebih ringan dan memiliki konsentrasi formula yang lebih sedikit daripada serum. Dari sini, dapat kita lihat jika perbedaan essence dan serum adalah dari konsentrasi kandungannya juga. Biasanya, essence memiliki konsentrasi bahan esensial lebih banyak untuk menutrisi wajah.

Terlebih, fungsi essence adalah dapat memberikan kelembaban, membantu meredakan iritasi, dan fungsi terkait lainnya.

Sedangkan serum memiliki partikel kecil yang mampu menyerap ke dalam kulit secara efektif. Hal yang dapat menjadi perbedaan essence dan serum adalah: serum dapat hanya memiliki bahan aktif untuk masalah-masalah kulit tertentu.

Bahan aktif ini biasanya banyak terdapat dalam serum daripada krim pelembap dan essence. Jika kamu merasa kulit wajah membutuhkan nutrisi ekstra, kamu bisa menggunakan essence dan serum.

Misalkan, terdapat produk serum yang spesifik untuk mencerahkan kulit, mengatasi bercak hitam, serum untuk mengatasi jerawat, bahkan fungsi untuk menyamarkan keriput atau kerutan. Dari sini, terdapat perbedaan serum dan essence dari segi fungsinya.

Fungsi serum adalah untuk masalah-masalah spesifik kulit, sedangkan fungsi essence adalah untuk menghidrasi wajah, dan menyiapkan kulit untuk tahapan skincare berikutnya.

Perbedaan Essence dan Serum dari Cara Menggunakannya

Secara penggunaan, kamu bisa menggunakan essence ini setelah toner untuk menghidrasi wajah. Lalu, setelah menggunakan toner dan essence, kamu dapat mulai mengaplikasikan serum. Jadi, dapat dikatakan jika essence adalah memiliki tujuan untuk menghidrasi wajah dan menyiapkan wajah agar bisa menerima step skincare selanjutnya dengan baik. Terlebih, serum dapat digunakan sendiri tanpa essence.

Perbedaan Essence, Serum, dan Ampoule

Produk ini sering ditemukan pada produk Korea. Berbeda dengan essence dan serum, umumnya ampoule memiliki kandungan bahan aktif paling banyak dibandingkan produk lainnya. Teksturnya paling cair dan mudah menyerap dibandingkan essence dan serum. Pemakaiannya dianjurkan untuk dikombinasikan dengan serum atau essence yang akan membantu mengatasi masalah kulit wajah lebih cepat dari biasanya.

Baca Juga : 5 Cara Efektif Memanfaatkan Hydrating Treatment Essence

Cara Penggunaan

Sering terdapat pertanyaan mengenai pemakaian essence dulu atau serum. Karena kandungan dan teksturnya yang berbeda, sebaiknya kamu menggunakan essence dan serum secara berurutan. Biasanya produsen skincare akan menyarankan untuk memakai essence terlebih dulu karena memiliki tekstur yang lebih ringan.

perbedaan essence dan serum

Secara umum, berikut urutan penggunaan essence dan serum untuk menjawab pertanyaan pemakaian essence dulu atau serum. Berikut urutan pengguanaan essence dan serum:

  1. Cuci muka terlebih dahulu dengan face wash
  2. Pakai toner yang sesuai dengan kandungan skincare setelahnya
  3. Lalu, gunakan essence dengan menempuk-nepuk halus telapak tangan di wajah
  4. Setelah essence gunakan serum

Secara umum, serum digunakan setelah essence meresap baik kedalam kulit. Lalu, bagaimana cara mengetahui essence sudah terserap dengan baik oleh kulit? Tanda paling umum yang bisa kamu temukan adalah kulit wajah terasa lembap dan lentur. Selain itu, wajah tidak terasa berminyak dan lengket. Biasanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 menit setelah menggunakan essence.

Jadi, penggunaannya bukan serum dulu ya, melainkan direkomendasikan untuk menggunakan essence terlebih dahulu sebelum memakai serum.

Karena memiliki sifat dan tekstur yang ringan, pemakaian essence bisa digunakan pada pagi dan malam hari. Sementara itu, serum wajah sebaiknya digunakan pada pagi hari atau di malam hari sebelum tidur. Kalau kamu menggunakan serum eksfoliasi sebaiknya gunakan di malam hari.

Kedua produk ini hanya akan bekerja dengan optimal jika digunakan secukupnya. Penggunaan yang berlebihan akan mempersulit penyerapan bahan-bahan aktif ke dalam lapisan kulit sehingga manfaatnya berkurang.

Essence atau Serum yang Lebih Baik?

Meskipun memiliki tekstur dan fungsi yang berbeda, essence dan serum memiliki fungsi yang baik untuk kulit. Keduanya membantu melembapkan dan mengatasi berbagai masalah pada kulit. Namun, kamu tidak harus selalu memakai kedua produk ini bersamaan. Kamu bisa memakai essence dan serum berdasarkan tipe kulit dan masalah spesifik yang ingin kamu atasi.

Kalau kamu ingin mengatasi kulit kering, kamu bisa menggunakan serum yang memiliki tekstur lebih kental dan rich sehingga bekerja lebih baik untuk melembapkan kulit. Produk dengan bahan aktif seperti gliserin, ceramide, dan hyaluronic acid bisa menjadi pilihanmu.

Nah, kalau kamu ingin mengatasi masalah keriput, wajah kusam, atau garis halus, kamu juga perlu mencari produk dengan kandungan yang sesuai. Kamu bisa mencari serum dengan bahan aktif seperti retinol, niacinamide, alpha arbutin, atau zat pencerah lainnya.

Gimana kalau masih belum berani memakai serum karena efek yang terlalu keras di kulit? Kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa memilih essence yang lebih ringan. Namun, kamu harus memilih essence dengan kandungan bahan aktif yang mirip dengan serum yang kamu cari.

Nah, itu dia perbedaan essence, serum, dan ampoule. Tidak bingung lagi dengan ketiga produk ini kan! Kamu memutuskan untuk menggunakan semuanya atau yang paling kamu butuhkan saja nih?

Last Updated on March 02, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 22 April 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya