Mencuci Wajah Setelah Menggunakan Masker Ternyata Ada Aturannya. Berikut Cara Memakai Masker Wajah yang Benar

0
Diunggah 10 August 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Mencuci Wajah Setelah Menggunakan Masker Ternyata Ada Aturannya. Berikut Cara Memakai Masker Wajah yang Benar

Setelah pakai masker dicuci atau tidak sih? Pertanyaan ini sering bermunculan ya, lalu apa jawabannya? Simak di sini ya!

Masker wajah memang produk yang paling efektif untuk digunakan sebagai perawatan harian. Namun, terkadang banyak yang bingung bagaimana menggunakannya seperti clay mask atau sheet mask.

Pertanyaan umum seperti berikut sering muncul di kalangan skincare enthusiast:

โ€œHaruskah membersihkan wajah setelah menggunakan masker atau tidak? Apakah setelah pakai masker dicuci atau tidak dengan sabunโ€œ

Kamu perlu melihat jenis masker apa yang kamu gunakan untuk memutuskan apakah setelah pakai masker dicuci atau tidak dengan sabun. Hal ini karena masing-masing jenis masker mempunyai fungsi dan perannya. Berikut adalah panduan apakah perlu membersihkan muka setelah menggunakan masker dan cara memakai masker wajah yang benar.

1. Tidak Perlu Membersihkan Wajah Setelah Pakai Sheet Mask

Setelah Pakai Masker Dicuci atau Tidak?

Tidak seperti clay mask, fungsi dari sheet mask adalah untuk menghidrasi kulit. Sheet mask ini direndam dalam serum atau essence yang menambah kelembapan pada kulit. Serum dan essence ini lah yang menyebabkan kulit terasa lengket setelah memakai sheet mask. Namun, cara memakai sheet mask yang benar adalah kamu tidak perlu mencuci wajah dengan sabun untuk menghapus sisa sheet mask di wajah dengan air atau tisu. Membersihkan wajah setelah menggunakan sheet mask tidak perlu karena akan menghilangkan essence bermanfaat pada wajah.

Sebagai catatan, karena kandungan sheet mask sama seperti essence dan serum maka setelah menggunakan sheet mask kamu tetap dapat memakai pelembab dan moisturizer untuk mengunci manfaat essence dan serum tersebut.

Sebelum menggunakan sheet mask pastikan wajah terlah dibersihkan kemudian biarkan selama 15-20 menit lalu dihapus. Pijat wajah sampai essence dari masker benar-benar terserap kulit. Untuk mendapatkan hidrasi kulit yang lebih bisa ditutup dengan pemakaian krim malam agar hasil lebih maksimal.

Jadi, setelah pakai sheet mask cuci muka atau tidak? Tidak. Kamu tidak perlu mencuci muka setelah memakai sheet mask, karena akan menghapus kandungan essence yang bermanfaat untuk kulit wajah. Kamu tidak perlu menggunakan pembersih seperti sabun setelah menggunakan masker.

Pakailah Avoskin Your Skin Bae Sheet Mask saat malam hari untuk merawat kulit wajah kamu. Terdiri dari tiga varian yang masing-masing mempunyai kelebihan untuk mencerahkan wajah, memudarkan darkspot, dan melembabkan. Selain praktis, sheet mask ini aman digunakan untuk remaja mulai usia 15 tahun.

Baca Juga: 6 Kesalahan Saat Menggunakan Sheet Mask! Jangan Sampai Salah Lagi, ya!

2. Perlu Membersihkan Wajah Pagi Hari Setelah Memakai Overnight Mask

Membersihkan wajah pagi hari

Cara memakai masker wajah yang benar untuk jenis face mask jenis overnight mask memang perlu dibersihkan setelah menggunakannya, tetapi hanya di pagi hari. Overnight mask ini sangat sempurna untuk kamu yang kulitnya mengalami dehidrasi, atau kering. Masker jenis ini dirancang untuk memperbaiki kulit saat tidur, menutris kulit dan membuat kulit menjadi kenyal di pagi hari. Pastikan untuk membersihkan wajah di pagi hari seperti biasanya setelah menggunakan masker terutama overnight mask.

3. Setelah Memakai Eye Mask Tidak Perlu Cuci Muka

Eye mask

Face mask berjenis eye mask memang diperuntukkan untuk area sekitar mata. Tidak seperti masker lainnya, masker mata (eye mask) memiliki banyak manfaat dari serum dan tidak perlu dicuci. Masker ini dapat digunakan di pagi hari sebelum mengaplikasikan makeup atau di malam hari. Masker mata (eye mask) juga bisa digunakan bersamaan dengan masker wajah.

Apakah setelah memakai masker harus cuci muka dengan sabun, utamanya eye mask? Jawabannya, kamu tidak perlu mencuci wajah setelah menggunakan masker mata (eye mask).

Baca Juga: 5 Manfaat Masker Timun untuk Wajah! Ternyata Bukan Cuma Hilangkan Mata Panda

4. Bersihkan Muka atau Gunakan Pelembab Setelah Memakai Face Mask Jenis Clay Mask

Setelah Pakai Masker Dicuci atau Tidak?

Clay mask ini biasa dikenal juga dengan masker tanah liat. Setelah memakai face mask jenis clay mask sangat perlu dibersihkan sebab konsistensinya tebal dan bisa tertinggal di wajah. Clay mask akan terasa seperti krim yang tebal ketika diaplikasikan, tetapi sebagian besar mudah kering jika dibiarkan. Sebaiknya cuci bekas masker dengan kain flanel atau kain muslin setelah selesai, tetapi kamu tidak perlu menggunakan pembersih seperti sabun.

Karena tekstur clay mask yang kering, membilasnya dengan air hangat akan membuat kulit dehidrasi. Jadi, akan lebih baik membilasnya dengan air dingin setelah clay mask mulai berubah warna atau kering. Clay mask telah dirancang untuk mengeluarkan kotoran dari kulit setelah dibersihkan, akan lebih baik jika menambah penggunaan pelembab sebagai hidrasi untuk menyehatkan kulit.

Jadi, apakah setelah memakai masker harus cuci muka, terutama untuk clay mask? Ya. Sangat penting untuk kamu membersihkan wajah setelah memakai face mask jenis clay mask ini!

5. Kamu Perlu Membersihkan Muka Setelah Pakai Mud Mask

Setelah Pakai Masker Dicuci atau Tidak?

Mud mask sering disebut masker lumpur dan tidak terlalu kering saat diaplikasikan di wajah. Meski terlihat sama dengan clay mask, mud mask ini tidak keras saat mengering sehingga bisa dihapus dengan mudah. Namun, sama seperti clay mask, setelah menggunakan masker wajah jenis mud mask, kamu perlu mencuci wajah dengan bersih. Mud mask akan lebih banyak menghidrasi kulit dibandingkan dengan masker tanah liat, tetapi masih harus ditambah dengan pelembap.

Nah, apakah setelah memakai masker wajah jenis mud mask harus cuci muka? Benar, kamu harus cuci muka setelah memakai mud mask agar optimal menghilangkan bekas yang tertinggal di kulit wajah.

Baca Juga : Terlalu Sering Pakai Masker? Simak Waktu dan Frekuensi Penggunaan Masker Wajah yang Benar!

6. Tidak Perlu Cuci Muka dengan Air Setelah Memakai Magnetic Mask

Setelah Pakai Masker Dicuci atau Tidak?

Magnetic mask merupakan masker yang cukup baru, tetapi memiliki banyak manfaat. Setelah menggunakan masker magnetic mask, kamu tidak perlu mencuci wajah dengan air. Alasan mengapa setelah memakai masker magnetic mask tidak perlu dicuci dengan air karena masker ini harus dihapus dengan magnet yang telah disediakan.

Magentic mask akan meninggalkan kelembapan yang akan menghaluskan kulit. Masker jenis ini juga cocok untuk pria berjanggut. Masker ini dengan ajaib akan mengangkat semua kotoran pada wajah.

Sekarang sudah tahu kan, masker mana saja yang perlu dibersihkan dan tidak. Mulai sekarang tidak perlu bingung lagi setelah menggunakan masker wajah. Karena masing-masing masker wajah punya cara pakai sendiri dan itu menentukan apakah kamu perlu mencuci muka setelah menggunakan masker tertentu.

Last Updated on August 30, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 10 August 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya