Apa Sih Penyebab Pori-Pori Besar?

0
Diunggah 28 August 2023
LikeEksfoliasi

Apa Sih Penyebab Pori-Pori Besar?

Setiap orang memiliki ukuran pori-pori yang berbeda-beda, termasuk juga dengan tampilan pori-pori besar. Ada banyak cara mengecilkan pori-pori wajah yang bisa kamu coba, bahkan untuk membuat wajah agar terlihat mulus.

Namun sebelum mengetahui cara mengatasi pori-pori besar, kamu perlu memahami dulu penyebab pori-pori besar. 

Penyebab Pori-Pori Besar

Ada dua macam penyebab ukuran pori-pori terlihat jelas oleh mata, yaitu dari faktor internal dan eksternal. Pada faktor internal, pengaruhnya ada dalam kondisi alami tubuh kita seperti genetik.

Sedangkan pada faktor eksternal, kemungkinan yang menyebabkan kulit pori besar adalah sinar UV, penyumbatan pori-pori karena produk skincare yang comedogenic, serta melewatkan double cleansing. Secara lebih detail, di bawah ini beberapa penyebab yang menjadikan tampilan pori-pori terlihat membesar :

Faktor Internal

Pada faktor internal, genetik bisa menjadi salah satu peran tampilan pori-pori pada wajahmu terlihat besar. Selain itu ada pula faktor usia yang membuat produksi elastin dan kolagen alami pada tubuh semakin menurun.

Apabila elastisitas ini menurut maka kulit dapat mengendur dan membuat pori terlihat besar. 

Faktor Eksternal

Sama seperti faktor usia yang menurunkan produksi kolagen dan mempengaruhi elastisitas kulit, sinar UV bisa menjadi faktor eskternal yang sama-sama memperlambat produksi kolagen dan elastisitas kulit.

Same goes to your skin, kulit yang elastisitasnya berkurang tidak memiliki kemampuan untuk menyamarkan tampilan pori-pori menjadi kecil.

Selanjutnya, ada pori-pori tersumbat. Pori-pori tersumbat bisa disebabkan akibat penggunaan skincare dan make up yang bersifat comedogenic. Skincare jenis ini disebut comedogenic karena memiliki beberapa ingredients yang rawan menyebabkan minyak berlebih, jerawat hingga komedo.

Apabila pori-pori tersumbat karena residu yang ada pada skincare dan make up, maka dia memunculkan jerawat dan komedo yang meninggalkan tampilan pori besar.

Apakah Pori-Pori Besar Bisa Hilang?

Jawabannya adalah tidak, namun pori-pori yang besar dapat dicegah dengan beberapa langkah.

Lewat Double Cleansing

Sahabat AVO, salah satu cara untuk mengatasi permasalahan pori-pori tersumbat karena penggunaan make up dan skincare comedogenic adalah dengan double cleansing

Double cleansing adalah proses membersihkan pori-pori secara bertahap menjadi beberapa kali. Yaitu, didahului dengan pembersih berbahan dasar minyak dan dilanjutkan dengan pembersih berbahan dasar air.

Misalnya, apabila kamu sudah membersihkan wajah dengan facial cleanser, maka kamu bisa menggunakan balm cleanser setelahnya. Berlaku juga sebaliknya, kamu bisa menggunakan make up remover dulu sebelum facial cleanser.

Tujuan dari membersihkan wajah dengan double cleansing yaitu menjamin bahwa residu yang menutup pori-pori dapat terangkat dan terjamin kebersihan pori-porinya.

Mencegah Pori-Pori Besar Datang Lagi dengan Tabir Surya

Sebagaimana sinar UV menjadi faktor eksternal yang mengurangi elastisitas kulit, maka cara untuk mempertahankan elastisitasnya adalah dengan menggunakan tabir surya.

Direkomendasikan untuk memakai suncreen dengan kandungan minimal SPF 30 untuk mencegah pori-pori besar karena ketikamampuan kulit menyamarkan tampilannya.

Mengecilkan Pori-Pori di Wajah dengan Eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi wajah menjadi cara untuk mengangkat kotoran penyebab pori-pori wajah tersumbat dan terlihat lebih besar.

Pori-pori merupakan salah satu bagian dari lapisan kulit yang berfungsi untuk mengeluarkan sebum supaya kulit tetap lembab dan kenyal. Sayangnya, kotoran yang menempel terlalu banyak justru dapat menyumbat pori-pori dan membuatnya besar. Alhasil kita pun perlu memahami cara mengecilkan pori-pori wajah dengan mengangkat kotoran berlebihan pada pori-pori.

Belum terlambat, masalah penyebab pori-pori besar dapat diatasi dengan eksfoliasi menggunakan Miraculous Refining Toner dari Avoskin. 

Sebagaimana namanya, Avoskin Miraculous Refining Toner masuk ke dalam exfoliating toner dengan mengandung 5% AHA, 1% BHA dan 2 % PHA. Selain menjadi produk eksfoliasi wajah, toner ini juga memiliki kandungan Niacinamide, 2% Tea Tree dan Witch Hazel yang mampu mencerahkan wajah serta mengatasi masalah jerawat. 

Dalam penggunaan secara berkala, kamu bisa menggunakannya 2-3 kali dalam seminggu setelah facial cleanser dan sebelum serum. Lalu lanjutkan dengan sunscreen apabila menggunakannya pada siang hari. 

Cara menggunakannya simple, kamu bisa menuangkan beberapa tetes toner ke kapas dan usap perlahan tanpa perlu dibilas. Lanjutkan dengan serum Avoskin Your Skin Bae lainnya, supaya menunjang hasil yang optimal. 

Last Updated on September 25, 2023

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 28 August 2023

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya