10 Cara Menghilangkan Hidung Berminyak agar Kamu Semakin Percaya Diri

0
Diunggah 14 August 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeTips & Trick

10 Cara Menghilangkan Hidung Berminyak agar Kamu Semakin Percaya Diri

Hidung berminyak memang menyebalkan ya! Yuk, coba cara menghilangkan hidung berminyak dengan beberapa cara ini. Bagaimana caranya sih?

Hidung berminyak dapat menjadi penyebab munculnya komedo dan bintik putih pada wajah. Tak jarang, jerawat di hidung diakibatkan produksi minyak berlebihan. Tenang saja, bukan kamu satu-satunya yang mengalami hidung berminyak kok. Nah, ulasan berikut ini akan membantumu dalam mengatasi kelebihan minyak pada area hidung. Sudah siap terbebas dari minyak sepanjang hari? Yuk, simak cara menghilangkan hidung berminyak di bawah ini!

Baca Juga : Pori-Pori Besar di Wajah Mengganggu? Ini Cara Mengecilkannya

cara menghilangkan hidung berminyak

1. Tepuk-Tepuk dengan Air Dingin Segar

Pergilah ke toilet saat kamu menyadari bahwa wajah telah berminyak. Ambil tisu dan basahi dengan sedikit air. Setelah itu, kamu bisa menepukkan tisu tersebut ke hidungmu yang berminyak. Cara lain, kamu bisa menepuk-nepuk hidungmu dengan jari telunjuk dan jari tengah yang dalam keadaan basah. Pastikan kedua jarimu itu dalam kondisi bersih, ya. Setelah menepuk-nepukkannya, kamu bisa mengeringkannya dengan tisu. Voila! Masalah hidung berminyak teratasi seketika.

2. Selalu Siap Sedia Oil Face Paper dalam Tasmu

Oil face paper akan sangat berguna ketika wajahmu berminyak dan kamu belum sempat pergi ke toilet untuk membasuh muka dengan air dingin. Tempelkan oil face paper selama 5 detik ke permukaan hidung kemudian angkat. Cara mudah dan simpel ini setidaknya bisa meringankan kelebihan minyak dalam beberapa jam ke depan. Bentuknya yang praktis dan mudah dibawa kemana-mana, menjadikan oil face paper sebagai must have item bagi pemilik kulit berminyak. Ya, barang ini adalah penyelamat!

3. Kondisikan untuk Berada di Ruangan yang Ber-AC

Ternyata, udara dari AC dapat menyelamatkan kulitmu yang berjenis kulit berminyak. Sebab, udara dari AC membuat kulit menjadi kering. Di dalam ruangan ber-AC minyak di wajah tidak mudah muncul. Meski begitu, kamu tetap harus menjaga kelembaban kulit, ya. Salah satunya dengan memakai moisturizer berbahan dasar air dapat mencegah kulit nampak kering.

Baca Juga : Bahan Aktif dalam Skincare yang Cocok untuk Kulit Berminyak Mudah Berjerawat

4. Kamu Juga Perlu Mencegah Kulit Berminyak Agar Tak Datang Lagi

Setelah melakukan pertolongan pertama saat hidung berminyak, kamu juga wajib mengerti tindakan pencegahan dan perawatan. Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? Untuk mencegah munculnya minyak berlebih di area hidung, perbanyaklah minum air putih atau air mineral. Apabila kulit cukup kelembabannya, maka produksi minyak di wajah tidak akan terlalu berlebihan.

Selain itu, kurangi juga mengonsumsi menu-menu yang diolah dengan cara menggoreng, ya! Selain tidak baik untuk asupan tubuh, lemak dari pengolahan menu gorengan akan berimbas pada kulit wajahmu. Ya, kulit wajah akan semakin rentan terhadap minyak!

5. Cara Menghilangkan Hidung Berminyak : Jangan Pernah Lewatkan Cuci Wajah

Mencuci wajah tentunya sangat penting agar minyak yang ada di hidung terangkat oleh senyawa sabun yang ada pada face wash. Sangat disarankan untuk menggunakan face wash yang lembut atau gentle. Penggunaan gentle facial wash mencegah kulit dari resiko iritasi dan menghindari hilangnya minyak berlebih pada kulit wajah.

Apabila minyak pada hidung hilang secara berlebihan dan terlalu kering justru berpotensi menyebabkan produksi minyak pada kemudian hari menjadi lebih banyak loh

6. Lembabkan Kulit Hidung dengan Moisturizer

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kulit yang terjaga kelembabannya pada kadar yang baik akan mencegah produksi minyak berlebih. Setelah mencuci wajah sebaiknya gunakan produk pelembab atau moisturizer.

Kamu juga bisa mengaplikasikan toner sebelum memakai pelembab agar kulit lebih siap dalam menyerap kandungan-kandungan yang ada pada pelembab yang kamu gunakan.

7. Hindari Pemakaian Makeup yang Terlalu Berat

Pemakaian makeup yang terlalu berat atau tebal dapat mencegah kulit untuk bernafas seperti seharusnya. Hal ini lebih lanjut membuat elastisitas kulit terutama di bagian wajah menjadi berkurang. Kinerja kelenjar minyak juga dapat terganggu yang pada akhirnya kamu justru akan menerima resiko produksi minyak wajah yang tidak seperti seharusnya. Untuk itulah menghindari pemakaian makeup yang terlalu tebal jika tidak dibutuhkan bisa menjadi solusi cara menghilangkan hidung berminyak.

8. Bersihkan Makeup Sebelum Tidur

Setelah memakai makeup seharian jangan lupa untuk menghapusnya. Selalu ingat untuk menggunakan double cleansing. Gunakan pembersih wajah yang bersifat water based dan oil based sehingga tidak hanya makeup biasa yang terangkat, namun kandungan yang bersifat seperti minyak di dalam makeup tadi juga akan hilang.ย 

Jika kamu tidak menghapus makeup maka akan menyebabkan pori-pori kulit tersumbat dan bisa meningkatkan resiko terbentuknya komedo. Kinerja pori-pori kulit termasuk kelenjar keringat di dalamnya akan terganggu bila kamu tidak membersihkan makeup setelah dipakai seharian.

9. Gunakan Masker Wajah Secara Teratur

Walaupun cara menghilangkan hidung berminyak dengan tips ini memang tidak memberi efek secara langsung, setidaknya kamu bisa melakukannya satu minggu sekali. Beragam jenis masker telah tersedia di pasaran, kamu pun bisa memilih yang menurutmu cocok untuk kulit berminyak. Terdapat masker bubuk, cream mask, gel mask, ataupun sheet mask yang mudah digunakan.

Baca Juga : Jerawat di Hidung Tidak Bisa Disembunyikan? Begini Cara Menghilangkannya

10. Manfaatkan Bahan-Bahan Alami untuk Merawat Wajah

Kalau kamu menyukai masker alami yang bisa diolah sendiri, kamu bisa meraciknya dari buah alpukat atau timun! Kalau kamu ingin mudah, kamu bisa menggunakan timun diiris lalu usapkan ke area wajah. Ulangi perawatan ini paling tidak 2 hingga 3 kali setiap hari untuk menangani masalah hidung berminyak.

Tak hanya itu, madu dan almond juga bisa kamu gunakan untuk kulit berminyak. Buatlah scrub wajah buatan dengan mencampurkan beberapa sendok makan madu dengan kacang almond yang telah dihaluskan. Campuran ini dapat digunakan secara teratur pada hidung untuk melawan kelebihan minyak dan kotoran.

Penggunaan masker akan membantu mengurangi kelebihan minyak di wajah. Sekalipun hanya sekali dalam seminggu, trik ini cukup memberikan efek lembab pada wajah selama beberapa minggu ke depan.

Agar perawatan wajahmu kian optimal, kamu bisa menyempurnakan perawatanmu dengan Perfect Hydrating Treatment Essence. Diperkaya dengan ET-VC, Avoskin dapat mengontrol produksi minyak berlebih pada wajahmu sehingga kulit akan terasa lebih lembab, lembut, dan cerah alami.ย 

Last Updated on March 09, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 14 August 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya