Benarkah Probiotik Ampuh Mengatasi Jerawat?

0
Diunggah 02 October 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Benarkah Probiotik Ampuh Mengatasi Jerawat?

Kandungan probiotik dianggap ampuh untuk mengatasi jerawat. Nah, benar tidak sih probiotik mengatasi jerawat dengan maksimal?

Probiotik jadi salah satu bahan skincare yang tengah populer. Jadi, tidak heran banyak brand kecantikan yang memasukkan kandungan ini ke dalam produk skincare mereka termasuk Avoskin. Sebenarnya apa sih kandungan ini? Kandungan ini juga digadang mampu menjadi solusi dari permasalahan jerawat. Yuk, ketahui lebih jauh tentang probiotik ini!

Apa Itu Probiotik?

Probiotik adlaah istilah yang merujuk pada mikrooganisme hidup yang memberikan efek baik pada tubuh. Bakteri baik ini dapat ditemukan dalam sistem pencernaan manusia yang berfungsi untuk menjaga dan melindungi pencernaan dari bakteri yang merugikan tubuh. Kandungan probiotik dapat kamu temukan pada makanan hasil fermentasi, seperti kefir dan yogurt. Mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik dipercaya dapat menyehatkan tubuh.

Probiotik ini sering disebut dengan bakteri baik karena membantu menyehatkan usus manusia dengan berfungsi membantu menekan bakteri buruk dalam pencernaan yang menimbulkan gangguan. Selain itu, probiotik juga mendukung sistem pencernaan, kesehatan kulit, kekebalan tubuh, serta kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Untuk kesehatan kulit, probiotik bekerja sama seperti dalam sistem pencernaan yaitu menyeimbangkan kondisi kulit. Nah, agar lebih jelas kamu bisa simak manfaat probiotik untuk kesehatan kulit di bawah ini.

Manfaat Probitiotik untuk Kulit

1. Memperkuat Skin Barrier

Skin barrier adalah lapisan terluar kulit yang terdiri dari sel kulit dan zat berbasis pelindung yang menyatukan sel-sel. Skin barrier ini berfungsi untuk melindungi kulit dari zat polusi, asap, hingga sinar UV. Nah, jika produk dengan kandungan probiotik dioleskan ke kulit akan membentuk lapisan pelindung pada permukaan kulit atau skin barrier. Hal ini akan mengurangi risiko infeksi dan memperkuat daya tahan kulit terhadap bakteri buruk, radikal bebas, dan polusi.

2. Menyeimbangkan Kadar Minyak pada Kulit Wajah

Dr. Francesca Fusco seorang dermatologist dari New York menyebutkan bahwa probiotik bekerja dengan cara yang sama pada saluran pencernaan. Probiotik bekerja dengan menyeimbangkan kadar minyak dalam kulit agar tidak terlalu kering atau tidak terlalu berminyak.. Jika kamu ingin mendapatkan kulit yang flawless, kamu perlu menjaga keseimbangan minyak di kulit. Yup! Ini saatnya kamu mencoba produk skincare dengan kandungan probiotik.

3. Mencegah Masalah Penuaan Dini

Zat anti inflamasi yang ada dalam skincare dengan kandungan probiotik dapat mencegah penuaan dini. Probiotik kaya akan anti oksidan yang baik untuk mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput, bintik hitam, dan garis halus akibat gaya hidup serta pengaruh buruk lingkungan. Rutin menggunakan skincare dengan kandungan probiotik dapat meningkatkan imunitas serta menjaga kekenyalan kulit.

4. Membantu Mengatasi Jerawat dan Iritasi Kulit

Salah satu alasan skincare dengan kandungan probiotik menjadi sangat diminati karena memiliki kemampuan mengatasi jerawat. Dr. Whitney Bowe, salah satu dermatologi kulit asal New York yang sering merawat kulit para selebriti, mengatakan bahwa skincare dengan kandungan probiotik dapat menghasilkan peptida antimikroba yang mampu memerangi bakteri jahat penyebab jerawat. Selain itu, kandungan ini juga memiliki sifat anti inflamasi yang bisa mengatasi peradangan serta masalah kulit seperti rosacea dan eksim.

5. Mencerahkan Kulit

Satu lagi manfaat dari kandungan probiotik, yakni mencerahkan kulit. Tidak hanya mampu mengeluarkan racun di kulit, kandungan ini juga bisa mengurangi berbagai masalah hiperpigmentasi yang disebabkan oleh faktor eksternal seperti debu, polusi, dan paparan sinar matahari. Selain itu, bakteri baik dalam probiotik juga dapat mencerahkan kulit dengan mengangkat tumpukan sel kulit mati.

Cara Menggunakan Probiotik untuk Mengatasi Jerawat

Menggunakan probiotik tidak hanya ada satu cara, kamu bisa mengonsumsinya dan menggunakannya dalam produk skincare. Kamu bisa merasakan manfaat probiotik melalui dua cara.

Pertama, kamu bisa konsumsi probiotik secara langsung. Probiotik banyak ditemukan pada makanan-makanan fermentasi, seperti yogurt, kefir, tempe, kombucha, dan sup miso. Seimbangkan juga dengan makanan kaya probiotik, seperti pisang, bawang putih, bawang bombay, atau oat, agar hasilnya maksimal. Nah, kalau kamu merasa asupan probiotik dari makanan dan minuman saja tidak cukup, bisa dibantu dengan konsumsi suplemen dengan kandungan Lactobacillus paracasei, Enterococcus faecalis, Lactobacillus plantarum, danStreptococcus salivarius.

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan skincare yang membantu merawat kulitmu dari luar. Skincare dengan kandungan probiotik akan memperkuat skin barrier dan membuat kulit menjadi lebih terhidrasi, terhindar dari infeksi, jerawat, serta iritasi.

Probiotik dapat menjadi solusi dari permasalahan jerawat. Namun, perlu diingat juga kalau pencegahan jerawat ini perlu diseimbagi dengan gaya hidup yang sehat. Namun, perlu diperhatikan untuk jerawat yang disebabkan faktor hormon atau genetik, mungkin tidak terlalu merasakan khasiat dari probiotik. Kalau sudah mengalami jerawat dalam kondisi yang parah, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter, ya!

Last Updated on October 03, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 02 October 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya