Cara Mudah Memulai Hidup Minimalis

0
Diunggah 05 October 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSustainable Living

Cara Mudah Memulai Hidup Minimalis

Memulai hidup minimalis sebenarnya tidak sulit. Kamu bisa lakukan beberapa langkah mudah ini untuk memulainya.

Setiap tahun selalu saja ada resolusi baru yang dibuat. Salah satu resolusi yang bisa kamu lakukan di tahun depan adalah dengan menerapkan gaya hidup minimalis. Gaya hidup minimalis ini adalah gaya hidup sederhana berlawanan dengan gaya hidup materialistis yang serba mewah dan berlebihan. Gaya hidup ini sudah banyak diterapkan oleh anak muda Jepang karena tidak jarang gaya hidup minimalis ini mendatangkan ketenangan dan kebahagiaan. Berikut ini ada 5 cara sederhana untuk menerapkan gaya hidup minimalis.

1. Fokus pada Kebutuhan

Ada banyak sekali orang yang membeli barang bukan karena kebutuhan melainkan karena gengsi semata. Hasilnya, banyak barang menumpuk. Maka dari itu, mulailah fokus membeli barang-barang yang benar-benar dibutuhkan saja. Dengan begitu uang bulanan akan banyak tersisa sehingga bisa untuk ditabung dan hidupmu menjadi lebih tenang.

2. Jangan Terobsesi Terlalu Berlebihan

Sekarang ini ada banyak sekali orang yang terobsesi dengan kemewahan mulai dari tas, pakaian sampai gadget yang harus selalu up to date agar bisa membuat perasaan bahagia. Padahal, kebahagian bukan hanya terletak pada apa yang dimiliki. Maka dari itu pada saat kamu meninginkan barang tertentu pikirkanlah kembali apakah barang tersebut benar-benar kamu butuhkan atau hanya kamu inginkan saja.

3. Bereskan Barang yang Tidak Terpakai

Gaya hidup minimalis memiliki konsep less is more di mana memiliki barang sedikit lebih baik dibandingkan memiliki banyak barang. Hal terpenting adalah barang tersebut berfungsi sebagai barang yang benar-benar kamu butuhkan. Jadi, segera rapikan barang-barangmu yang memang tidak terpakai dan berikanlah kepada orang yang lebih membutuhkan.

4. Miliki Barang Sesuai Kebutuhan

Gaya hidup minimalis bukan berarti hidup serba kekurangan melainkan cara hidup untuk tidak terikat pada suatu barang. Terkadang barang yang kamu miliki tidak menambah kualitas kehidupan karena yang sering terjadi kamu membeli barang hanya untuk membuat orang lain terkesan atau karena merasa barang itu lucu saja.

5. Materi Bukan Ukuran Kebahagiaan

Materi yang berlimpah, barang-barang mewah bukanlah tolak ukur sebuah kebahagiaan. Kamu bisa coba merubah mindset dengan menerapkan hidup minimalis bahwa kamu sudah memiliki cukup barang dan tidak perlu lagi membeli barang yang tidak diperlukan. Terkadang barang-barang yang berlebihan hanya akan menambah beban baik secara fisik maupun emosional.

Beberapa cara hidup minimalis di atas bisa segara kamu praktekkan ya. Jangan sampai kamu asal dalam membeli barang lagi dan tidak menggunakannya secara maksimal.

Last Updated on October 08, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 05 October 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya