Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Jangan Tertukar!

0
Diunggah 29 October 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeBeauty

Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Jangan Tertukar!

Meski kelihatannya sama, ternyata sunscreen dan sunblock itu berbeda. Apa sih perbedaan sunscreen dan sunblock? Simak penjelasannya di sini!

Mungkin selama ini kamu merasa aman karena sudah melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari dengan menggunakan sunscreen atau sunblock. Namun, apakah kamu yakin sudah menggunakan produk tersebut dengan benar? Apakah kamu sudah mengetahui perbedaannya?

Untuk permulaan kita memang perlu mengetahui terlebih dahulu arti dari UVA dan UVB. Karena fungsi sunscreen dan sunblock untuk melindungi kulit kita dari UVA dan UVB. Selain itu, kita juga perlu mengetahui arti SPF yang tercantum dalam setiap produk sunscreen dan sunblock. Nah, untuk lebih jelasnya baca penjelasan di bawah ini ya!

Pengertian UVA dan UVB

Ada dua tipe sinar matahari yakni UVA dan UVB. Huruf A pada UVA berarti aging dan B pada UVB adalah burning. Namun, sejak dulu tabir surya yang mengandung UVB lebih populer. Meski sebenarnya yang kamu butuhkan adalah produk pelindung matahari yang mampu melindungi kulit dari keduanya. Kamu bisa mencari produk yang bertuliskan Broad Spectrum yang memiliki arti melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

Apa Itu SPF pada Tabir Surya?

SPF adalah singkatan dari Sun Protection Factor. SPF dalam sebuah produk menunjukkan seberapa baik produk tersebut melindungi kulit dari paparan sinar matahari, Angka SPF adalah penentu seberapa lama, kamu dapat berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar selama memakai produk itu.

Jadi, kalau biasanya kulitmu butuh waktu 15 menit sampai kulit terasa terbakar tanpa menggunakan produk apapun, lalu kamu menggunakan produk SPF 10 itu berarti waktu kulit terbakar diperpanjang 10kali lipat. Mudahnya, saat menggunakan tabir surya SPF 10 itu artinya 15x10menit = 150 menit atau 2,5 jam. Jika kulitmu biasanya terbakar sinar matahari dalam waktu 10menit lalu menggunakan produk SPF 30 itu berarti kulitmu akan terlindungi dari sinar matahari selama 300menit.

Baca Juga : 7 Dampak Buruk Terlalu Sering Berjemur yang Akan Dialami Tubuh

Apa Saja Perbedaan Sunscreen dan Sunblock?

perbedaan sunscreen dan sunblock

Perbedaan Sunscreen dan Sunblock dari Segi Kandungan Bahan

Kandungan dalam sunscreen berfungsi sebagai penyaring sinar UVA dan UVB. Namun kandungan bahan di dalam sunscreen ini tidak memberikan perlindungan secara maksimal. Sedangkan sunblock mengandung mineral, zat besi, dan antioksidan yang dapat menangkis sinar UV. Nah, pada dasarnya sunblock ini berfungsi seperti pembatas di antara kulit dan sinar matahari yang berbahaya.

Jika kamu pernah melihat di film, orang sering memakai sunblock di hidung dan bagian tubuh lainnya ketika mereka sedang di pantai.

Cara Penggunaan

Kalau kamu memiliki kulit sensitif, sunblock sangat cocok untuk kamu gunakan karena kandungan bahan di dalamnya sangat aman dan tidak membuat kulit menjadi iritasi dibandingkan sunscreen. Sunscreen cocok digunakan untuk mencegah kulit terkena sunburn.

Namun, untuk pemakaian secara efektif, sunscreen harus digunakan 30 menit sebelum keluar rumah agar produk menyerap terlebih dahulu. Lalu, sunblock bisa diaplikasikan secara langsung.

Frekuensi penggunaan sunscreen yang disarankan yaitu setiap 2 atau 3 jam sekali agar manfaatnya tetap optimal ya!

Tingkat Perlindungan

Sinar matahari terdiri dari 2 jenis yakni UVA dan UVB. Dampak buruk sinar UVA memengaruhi ke lapisan luar kulit yang menyebabkan penuaan dan kerutan. Sedangkan sinar UVB dapat menembus hingga ke lapisan kulit yang paling dalam dan mengakibatkan kanker kulit.

Umumnya, untuk perlindungan secara maksimal bisa disimpulkan bahwa sunblock dapat melindungi lebih baik dibandingkan sunscreen. Sunblock tidak bisa diukur dengan tingkat SPF, tetapi pelindung matahari yang ini mampu melawan dampak buruk kedua sinar tersebut. Sedangkan sunscreen hanya melindungi kulit dari sinar UVB saja.ย ย 

Namun, ada beberapa produk sunscreen yang sudah diformulasikan khusus untuk melindungi kulit sekaligus dari sinar UVA dan UVB. The Great Shield Sunscreen dari Avoskin ini memiliki Broad Spectrum yang tentunya bisa melindungi kulit secara maksimal dari paparan sinar matahari.

Last Updated on March 02, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 29 October 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya