Sulit Dihilangkan, Ini Cara Mengempeskan Jerawat Batu dan Mencegah Jerawat Batu di Kulit Wajah

0
Diunggah 13 June 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeKulit Berminyak

Sulit Dihilangkan, Ini Cara Mengempeskan Jerawat Batu dan Mencegah Jerawat Batu di Kulit Wajah

Kemunculan jerawat batu memang menjengkelkan karena sulit dihilangkan. Nah, beberapa tips ini bisa kamu coba untuk mengatasi jerawat batu di wajahmu.

Kemunculan jerawat batu atau kistik tentu sangat terlihat di wajah dengan penampilan lebih besar, keras, merah, dan terasa lebih sakit dibandingkan jenis lainnya. Jerawat ini sering ditutupi dengan makeup agar tidak terlalu kelihatan. Jika tidak segera diatasi, peradangan di lapisan kulit terdalam dapat menyebar yang menyebabkan pori-pori pecah. Hasilnya, peradangan semakin meluas dan menyebabkan jerawat batu yang baru muncul. Lalu, bagaimana cara mengatasi jerawat batu ini?

Penyebab Jerawat Batu

Penyebab jerawat batu sebenarnya sama dengan jerawat lainnya. Penyakit kulit ini bermula dari penyembutan pori-pori akibat kelebihan minyak, kotoran, dan sel kulit mati.  Salah satu hal yang membedakan jerawat batu dengan jerawat lainnya adalah peran hormon. Jerawat ini sangat dipengarungi oleh kadar hormon dalam tubuh, yakni hormon androgen.

Hormon androgen adalah hormon yang mendukung fungsi organ seksual. Namun, hormon ini juga bisa merangsang minyak untuk menghasilkan sebum. Peningkatan hormon androgen dalam tubuh bisa jadi salah satu pemicu jerawat batu. Jika kadar androgen ini meningkat dan menyebabkan perubahan pada kulit akan mengakibatkan pori-pori yang berujung pada munculnya jerawat.

Cara Mengatasi Jerawat Batu

Kalau kamu khawatir dengan jerawat batu yang muncul di wajah, sebaiknya kamu bisa berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan mendiagnosis masalah kulit ini berdasarkan kondisi kulit wajahmu. Nah, biasanya dokter akan memberikan pilihan pengobatan untuk menghilangkan jerawat setelah menentukan jenis jerawat yang ada pada kulitmu. Berikut adalah cara mengempeskan jerawat batu yang tepat dan aman:

1. Mengobati Jerawat Batu dengan Obat Oles

Pilihan obat untuk jerawat biasanya tergantung pada usia, letak jerawat, dan keparahan kondisi jerawat. Kebanyakan pasien menjalani perawatan yang memengaruhi perkembangan jerawat yang dialami. Beberapa kandungan obat jerawat yang biasa digunakan untuk menghilangkan jerawat batu dan mengempeskan jerawat batu adalah retinoid, benzoil peroksida, asam azelaic, dan dapson.

cara mengempeskan jerawat batu
Cara mengempeskan jerawat batu bisa dilakukan dengan pengobatan dan terapi

2. Mengobati Jerawat Batu dengan Antibiotik

Cara mengempeskan jerawat batu bisa dilakukan dengan memberikan antibiotik. Kalau jerawat batu disebabkan oleh infeksi bakteri, kamu membutuhkan antibiotik untuk mengatasi masalah jerawat ini. Antibiotik biasanya digunakan untuk mengurangi jumlah bakteri dan mengurangi peradangan. Obat ini tidak bekerja untuk menekan produksi minyak berlebih dan sel kulit mati. Jadi, antibiotik tidak digunakan sebagai perawatan tunggal, jadi membutuhkan obat lainnya juga. Benzoil peroksida dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Melakukan Terapi Kulit

Selain pemberian obat-obatan, ada beberapa terapi yang direkomendasikan untuk mengatasi jerawat batu seperti terapi cahaya, ekstrasi, pengelupasan kulit atau peeling, dan suntikan kortikosteroid. Beberapa terapi ini mampu mengatasi jerawat batu tetapi pengobatan dan terapi harus ditangani oleh dokter kulit secara langsung. Selain itu, jangan memencet jerawat yang muncul karena menimbulkan bekas jerawat yang sulit hilang.

Baca Juga : Kenali Perbedaan Bekas Jerawat PIE dan PIH, Sekaligus Cara Mengatasinya

Cara Mencegah Jerawat Batu

Meskipun bisa sembuh dan hilang, jerawat yang membandel bisa muncul kembali jika kamu memiliki kulit yang mudah berjerawat. Nah, kamu bisa ikuti beberapa cara ini untuk mencegah jerawat batu.

1. Mencuci muka 1-2 kali sehari menggunakan Natural Sublime Facial Cleanser.

2. Istirahat 7-9 jam setiap hari

3. Lakukan olahraga secara rutin

4. Jaga kebersihan tubuh dengan mandi 2kali sehari.

5. Hindari memencet jerawat

6. Pilih produk untuk kulit berjerawat yang mampu mengurangi kelebihan minyak di permukaan kulit. Kamu bisa pilih beberapa produk skincare dari Avoskin yang cocok untuk semua jenis kulit.

7. Hindari penggunaan facial scrub, masker, astringen, atau produk yang mengandung minyak.

Jerawat batu tidak hanya berisiko meninggalkan bekas luka di kulit, tetapi menimbulkan rasa tidak nyaman serta mengganggu penampilan dan rasa percaya diri. Selalu rawat kulitmu dengan produk perawatan kulit dari Avoskin agar terhindar dari jerawat batu ya! Kalau kamu sudah kena jerawat batu dan parah, segera konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat sebagai cara mengempeskan jerawat batu.

Last Updated on May 05, 2023

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 13 June 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya