fbpx

Ini 5 Tanda Jenis Kulit Kombinasi dan Cara Merawatnya

Healthy Skin - Elisabeth - May 14, 2021

Jenis kulit kombinasi memang membutuhkan cara perawatan yang khusus. Kalau kamu masih bingung dengan jenis kulitmu dan cara merawatnya coba baca artikel ini ya!

Menggunakan produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit wajah sangat penting untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan mulus. Selain jenis kulit kering dan berminyak, ada jenis kulit lain yaitu jenis kulit kombinasi. Jenis kulit ini justru yang paling umum dimiliki oleh banyak orang. Seperti apa sih ciri-ciri dan cara merawatnya?

1. Area T-Zone Berminyak karena Pelembap

Pelembap biasanya akan membuat bagian T-zone terasa lengket pada kulit kombinasi sedangkan terasa melembapkan di bagian pipi. Cara untuk mengatasinya adalah menggunakan dua pelembap sekaligus. Pilih pelembap oil-free untuk bagian T-zone dan gunakan pelembap yang berlabel moisturizing di bagian pipi. Selain itu, kamu bisa menggunakan pelembap berbahan dasar air yang dapat kamu aplikasikan ke seluruh wajah.

2. Kulit Breakout dan Terkelupas

Hal yang sering terjadi pada kulit kombinasi adalah wajah terasa kering tapi juga memiliki jerawat di beberapa bagian. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan dua masker bersamaan. Sebaiknya pilih masker untuk kulit berminyak atau berjerawat di bagian T-zone dan masker yang dapat mekembapkan atau menghidrasi bagian yang terasa kering seperti pipi.   

3. Kulit Wajah Bersisik di Beberapa Bagian

Tidak jarang kulit juga bersisik bahkan mengelupas di bagian yang berminyak. Banyak orang mengira ini adalah kulit yang mengering padahal hal ini bisa menjadi tanda kulit terkena bakteri atau jamur. Sebaiknya kamu konsultasikan ke dermatologis untuk mendapatkan krim anti jamur atau sejenisnya.

Baca Juga : Perhatikan 5 Hal Berikut Ini Saat Mengatasi Masalah Jerawat Pada Kulit Kering

4. Kulit Terasa Berminyak dan Kering

Kalau kamu masih bingung dengan jenis kulitmu, cara paling mudah untuk mengetahuinya dengan mencuci muka. Bersihkan wajah seperti biasa dan jangan gunakan produk apapun lalu tunggu sekitar 15menit. Jika di bagian T-zone mulai berminyak dan bagian pipi kering, maka kamu memiliki jenis kulit kombinasi. Pilihlah mencuci muka yang lembut dan ringan serta berbahan dasar air. Facial wash dengan label soap free ini juga bisa menjadi pilihan.

5. Pori-Pori Lebih Besar di Bagian Hidung

Pori-pori besar memang menjadi masalah kulit wajah yang biasa dialami oleh orang dengan kulit berminyak. Namun, pada kulit kombinasi, biasanya pori-pori di bagian hidung akan tampak lebih besar daripada area lain. Gunakan produk yang mengandung retinol, seperti AHA dan BHA yang dapat membantu mengatasi masalah ini. Produk yang bisa kamu gunakan adalah Miraculous Refining Series dari Avoskin.

Sekarang kamu sudah tidak bingung lagi dengan jenis kulitmu kan? Memang kulit kombinasi ini susah dikenali tetapi bukan berarti kamu tidak bisa mengenalinya sama sekali. Mulai sekarang kamu bisa memilih produk yang sesuai dengan jenis kulitmu. Semoga berhasil, Sahabat AVO!

Last Updated on May 14, 2021

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *