fbpx

Perhatikan 5 Hal Berikut Ini Saat Mengatasi Masalah Jerawat Pada Kulit Kering

Healthy Skin - Elisabeth - May 5, 2021

Jerawat memang tidak pernah bosan bersarang di wajah siapapun. Mulai sekarang perhatikan beberapa hal berikut ini untuk mengatasi masalah jerawat.

Jerawat merupakan masalah kulit paling umum yang dialami oleh pemilik kulit berminyak. Meski demikian, bukan berarti jerawat tidak bisa dialami oleh pemilik kulit kering. Mengatasi masalah jerawat pada wajah berkulit kering justru akan terasa lebih sulit dan membingungkan. Pasalnya, produk-produk yang diformulasikan secara khusus untuk mengatasi jerawat biasanya cenderung membuat kulit jadi kering. Untuk meminimalisir risiko tersebut, kamu harus memperhatikan 5 hal berikut ini saat mengatasi masalah jerawat pada kulit kering.

1. Gunakan Produk Perawatan Hanya pada Area Jerawat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, produk perawatan jerawat umumnya dapat menimbulkan kekeringan pada kulit. Oleh karena itu, ada baiknya Anda hanya menggunakan produk skin care khusus jerawat hanya pada area wajah yang berjerawat saja. Jangan perna mengaplikasikan produk acne spot treatment ke area wajah yang bebas jerawat jika tak ingin timbul iritasi.

2. Selalu Gunakan Pelembap

Menggunakan pelembap rasanya sudah menjadi kewajiban bagi Anda yang memiliki kulit kering. Namun, bagaimana kalau kondisinya kulit kering dan berjerawat? Kamu bisa memilih pelembap yang bertekstur gel atau serum. Kedua jenis pelembap ini memiliki tekstur yang lebih ringan, sehingga tidak akan menyumbat pori-pori, serta mampu menyerap ke dalam kulit secara maksimal.

3. Rutin Melakukan Eksfoliasi

Meski memiliki kulit kering, bukan berarti Anda tidak perlu melakukan eksfoliasi. Anda tetap dapat mengeksfoliasi kulit dengan produk skin care yang mengandung AHA. Tidak seperti BHA yang dapat memicu kulit jadi kering, penggunaan chemical exfoliant jenis AHA justru dapat mengangkat sel kulit mati sekaligus memberikan hidrasi pada kulit. Meski tidak membuat kulit jadi semakin kering, kamu perlu ingat bahwa penggunaan produk skin care yang mengandung AHA dapat meningkatkan kepekaan kulit terhadap sinar matahari. Maka, gunakanlah tabir surya setiap hari agar kulit senantiasa terlindungi.

Baca Juga : Produk Avoskin yang Aman untuk Acne Prone Skin

4. Pilih Cleanser yang Lembut

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, keliru dalam memilih produk pembersih wajah dapat menjadi menyebabkan kondisi kulit jadi semakin kering. Saat hal ini terjadi, skin barrier jadi tidak bisa melindungi kulit dengan maksimal. Jika sudah begitu, kotoran serta bahan kimia pun jadi mudah masuk ke dalam kulit, sehingga dapat berujung pada breakout. Oleh karena itu, pilihlah cleanser dengan formula yang lembut dan melembapkan, misalnya saja hyaluronic acid. Selain tidak menyebabkan kulit jadi kering, jenis kandungan yang satu ini juga dapat menjaga kelembapan alami kulit secara maksimal.

5. Jenis Kandungan yang Perlu Dihindari

Agar kondisi kulit semakin tidak parah, kamu juga harus tahu jenis kandungan apa saja yang perlu dihindari kulit kering. Misalnya saja, saat memilih produk scrub. Sebisa mungkin, hindari memilih produk dengan butiran scrub yang besar dan kasar karena hal tersebut hanya dapat membuat kulit jadi iritasi dan semakin kering. Sama halnya saat memilih toner. Ada beberapa kandungan pada toner yang dapat memicu kulit jadi semakin kering, misalnya saja witch hazel, menthol, dan juga alkohol.

Pastikan kamu memperhatikan kelima hal di atas saat mengatasi jerawat di wajahmu. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan produk perawatan kulit dari Avoskin untuk mengatasi jerawat di wajahmu.

Last Updated on May 7, 2021

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *