Urutan Skincare Pagi dan Malam Hari yang Tepat

0
Diunggah 01 March 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Urutan Skincare Pagi dan Malam Hari yang Tepat

Urutan skincare pagi dan malam hari harus sesuai dan tidak asal-asalan. Simak beberapa tahapan skincare yang perlu kamu lakukan agar hasilnya optimal.

Pemakaian skincare adalah salah satu rutinitas yang tidak boleh terlewatkan. Namun, urutan skincare atau produk perawatan wajah ada aturannya. Nah, urutan skincare pagi dan malam hari tentu saja berbeda. Untuk menjaga kulit wajah yang sehat, urutan skincare yang benar harus kamu perhatikan agar tidak salah. Simak penjelasan lengkap urutan skincare pagi dan malam hari berikut, ya!

Urutan Skincare Pagi Hari

urutan skincare pagi dan malam

Kita mulai dulu dari urutan pemakaian skincare pagi hari. Untuk mendapatkan kulit sehat dan terawat, kamu perlu mengetahui urutan pemakaian skincare pagi yang tepat. Pada pagi hari, penggunaan skincare pagi bertujuan untuk melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet dan polusi udara. Nah, berikut 6 urutan skincare pagi yang tepat.

1. Facial Wash atau Facial Cleanser

urutan skincare pagi dan malam
Step skincare pagi dimulai dengan pemakaian facial cleanser

Urutan pemakaian skincare pagi yang benar adalah mencuci muka menggunakan sabun khusus seperti facial wash atau facial cleanser. Membersihkan wajah dengan sabun cuci muka setelah bangun pagi bertujuan untuk menghilangkan minyak dan kotoran yang menumpuk semalaman saat tidur.

Agar kulit wajahmu bersih sempurna, kamu bisa menggunakan Natural Sublime Facial Cleanser dari Avoskin. Setelah kulit wajah bersih, tahapan skincare selanjutnya akan lebih mudah meresap ke kulit wajah.

2. Toner Wajah

Urutan skincare pagi yang kedua adalah memakai toner wajah. Dalam tahapan skincare pagi yang kedua ini, toner wajah berfungsi untuk membantu mengangkat sisa kotoran dan minyak berlebih pada wajah.

Kalau kamu memiliki kulit berjerawat, kamu bisa coba menggunakan Avoskin YSB Toner Salicylic Acid 1% + Zinc + Tea Tree Water untuk meredakan peradangan, mengempiskan jerawat, dan mencegah jerawat baru muncul.

3. Essence

Step pemakaian skincare pagi yang ketiga adalah essence. Essence adalah cairan berbahan dasar air dengan konsentrasi bahan aktif. Untuk tahapan ini, kamu bisa menggunakan Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence untuk melembapkan dan membantu produk skincare selanjutnya dapat meresap lebih baik ke dalam kulit.

Selain itu, essence ini juga dapat menenangkan dan menutrisi kulit, sangat tepat untuk dimasukkan pada tahapan skincare pagi hari.

4. Serum

Berlanjut pada step skincare pagi yang keempat adalah serum. Serum adalah cairan bertekstur ringan yang mengandung konsentrasi zat aktif lebih tinggi. Serum ini lebih efektif meresap ke dalam kulit dibandingkan pelembap atau krim wajah.

Pada tahapan skincare pagi ini kamu bisa menggunakan Avoskin YSB Serum Ultimate Hyaluron HYACROSS 3% + Green Tea untuk diaplikasikan ke seluruh wajah. Setelah terserap sempurna ke dalam kulit, urutan pemakaian skincare selanjutnya adalah menggunakan pelembap atau moisturizer.

Baca Juga: Skincare Layering Avoskin Your Skin Bae Terbaru untuk Permasalahan Kulitmu

5. Pelembap atau Moisturizer

urutan skincare pagi dan malam

Moisturizer berfungsi untuk melembapkan wajah serta menghaluskannya. Kamu bisa menggunakan Intensive Divine Day Cream dari Avoskin yang cocok untuk semua jenis kulit. Pertama, oleskan pada area pipi terlebih dahulu lalu oleskan ke atas menuju dahi dengan gerakan memijat. Pelembap adalah tahapan penting dalam urutan pemakaian skincare pagi yang kelima.

Kalau kamu memiliki kulit berminyak, kamu bisa lewati tahapan ini jika dirasa kulitmu sudah lembap dan terhidrasi. Sebaiknya sesuaikan produk pelembap dengan kondisi kulitmu untuk pemakaian skincare pagi.

6. Sunscreen atau Tabir Surya : Urutan Skincare Pagi yang Tidak Boleh Dilewatkan

Urutan skincare pagi yang terakhir adalah sunscreen. Penggunaan sunscreen tidak boleh dilewatkan begitu saja. Sunscreen perlu kamu gunakan setiap harinya. Pada tahapan skincare pagi ini, kamu bisa menggunakan Avoskin The Great Shield Sunscreen untuk melindungi wajah dari penuaan akibat paparan sinar matahari.

Pastikan kamu mengoleskan sunscreen 15-30 menit sebelum pergi ke luar rumah agar dapat meresap dengan baik. Urutan pemakaian skincare yaitu sunscreen atau tabir surya menjadi skincare routine paling penting sebelum melakukan aktivitas di pagi hari.

Baca juga: Cara Memilih Sunscreen Sesuai Jenis Kulit. Jangan Sampai Salah, ya!

Jika kamu sudah secara rutin mengaplikasikan urutan skincare pagi, kamu perlu lakukan juga urutan skincare malam. Jika kamu melakukan urutan skincare pagi dan malam dengan tepat, kulitmu akan terlindungi dan sehat. Berikut adalah urutan skincare malam hari yang tepat.

Urutan Skincare Malam Hari

Setelah menjalani rutinitas seharian, gunakan waktu di malam hari untuk menenangkan wajah dengan perawatan kulit. Walapun urutan pemakaian skincare malam tidak jauh dengan urutan pemakaian skincare pagi hari, kamu tetap membutuhkan urutan skincare malam dalam skincare routine-mu.

urutan skincare pagi dan malam

Sangat disarankan untuk kamu menerapkan rangkaian dan urutan skincare malam hari. Berikut adalah 7 urutan skincare malam hari yang tepat:

1. Make up Remover : Urutan Skincare Malam yang Paling Penting

Urutan pemakaian skincare pertama dan terpenting dalam urutan skincare malam adalah membersihkan makeup dari wajah. Kamu perlu membersihkan wajah dari makeup untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah dampak negatif dari produk makeup yang tersisa.

Kamu dapat menggunakan makeup remover berbahan dasar minyak untuk menghapus makeup yang mengandung minyak. Jika kamu memiliki kulit berminyak, sebaiknya gunakan makeup makeup remover berbahan dasar air.

urutan skincare pagi dan malam
Make up remover adalah step skincare pertama dalam urutan skincare malam

2. Pembersih Wajah atau Facial Cleanser

Selanjutnya pada tahapan skincare malam yang kedua adalah menggunakan produk pembersih wajah (facial cleanser). Membersihkan wajah dengan produk pembersih wajah merupakan hal yang penting untuk memastikan tidak ada lagi sisa makeup, minyak, dan kotoran di wajah.

Kamu bisa membersihkan wajah dengan facial cleanser, micellar water, atau cleansing oil/milk, pilihlah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Kalau kamu ingin menggunakan facial cleanser saja, kamu bisa menggunakan Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser dari Avoskin yang cocok untuk semua jenis kulit.

3. Exfoliator Wajah/Scrub Wajah

urutan skincare pagi dan malam
Tahapan skincare malam yang tak kalah penting adalah eksfoliator

Urutan skincare di malam hari harus disempurnakan dengan proses eksfoliasi. Eksfoliasi ini berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Kamu bisa menggunakan Avoskin Miraculous Refining Toner untuk mengeksfoliasi kulitmu. Lakukan ini cukup 2-3 kali seminggu.

4. Toner

Kamu bisa menggunakan toner wajah setelah membersihkan wajah sebagai tahapan skincare di malam hari. Kalau kamu memiliki kulit berminyak dan kusam, atau ada masalah kulit berjerawat juga kamu bisa coba menggunakan YSB Toner Salicylic Acid 1% + Zinc + Tea Tree Water.

Nah, kalau kamu ingin mengatasi masalah kerutan atau penuaan pada kulit, kamubisa menggunakan YSB Toner Marine Collagen 5% + Hyacross 2% + Galactomyces.

Kandungan dalam produk ini akan mengatasi tekstur kulit yang umumnya menjadi tanda dari penuaan dini pada kulit dengan efek hidrasi yang hilang. Dengan terhidrasinya kulit saat melakukan urutan skincare di malam hari, tentu saja kulit akan jauh lebih awet muda dan kencang.

Baca Juga: 10 Step Korean Skincare Routine Mudah yang Bisa Kamu Coba

5. Serum dan Essence

Setelah menggunakan toner, kamu bisa memakai essence dan serum wajah sebagai urutan skincare malam hari. Untuk serum, kamu bisa mencoba YSB Serum Hyaluron Hyacross 3% + Green Tea untuk mengatasi masalah kulit kering dan berjerawat.

Kalau kamu memiliki kulit yang berminyak dan kusam, kamu bisa menggunakan YSB Serum Alpha Arbutin 3% + Grapeseed untuk mencerahkan kulit. Setelah kamu menggunakan serum yang kamu pilih, kamu bisa menggunakan Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence untuk menghidrasi kulit. Selain itu, produk ini akan menenangkan kulitmu setelah menggunakan beberapa produk dengan kandungan aktif.

6. Eye Cream atau Eye Ampoule

urutan skincare pagi dan malam
Memakai eye cream atau eye ampoule adalah aktivitas yang sayang untuk dilewatkan pada step skincare malam

Tahapan skincare malam hari sedikit berbeda dengan pagi hari dengan penggunakan krim mata. Kalau kamu memiliki masalah mata panda kantung mata, serta kerutan di area mata kamu bisa memilih Avoskin Advance Action Eye Ampoule untuk perawatan kulit area mata yang lebih insentif. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan Intensive Nourishing Eye Cream dari Avoskin untuk perawatan rutin kulit area mata skincare routine malam hari.

7. Night Cream

Selanjutnya, kamu bisa melengkapi urutan pemakaian skincare malam dengan penggunaan krim malam. Krim malam adalah penutup urutan skincare malam hari. Penggunaan krim malam ini memiliki fungsi untuk melembapkan kulit, menyamarkan kerutan, dan memudarkan noda hitam di wajah.

urutan skincare pagi dan malam
Night cream digunakan dalam urutan skincare malam hari tahap terakhir

Kamu bisa menggunakan Avoskin Luminous Emulsion Night Cream untuk menjaga kelembapan kulit selama tidur, sebagai pelengkap urutan pemakaian skincare malam hari.

Itu dia rekomendasi urutan skincare pagi dan malam yang bisa kamu jadikan acuan. Namun, kamu juga perlu ingat bahwa tidak semua orang cocok dengan urutan pemakaian skincare di atas.

Kamu bisa sesuaikan urutan pemakaian skincare dengan kebutuhan kulit wajahmu agar hasil yang didapatkan bisa optimal. Kalau kamu masih merasa ragu dan bingung, kamu bisa coba berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan tahapan skincare yang cocok dengan kondisi kulitmu.

Baca Juga : Berbagai Jenis Sabun Cuci Muka yang Perlu Kamu Tahu untuk Jenis Kulit Tertentu

Mengapa Tahapan Skincare Pagi Penting?


Pagi hari merupakan salah satu waktu yang sangat menyibukkan. Memulai hari dari awal dan mengingat akan menjalankan rutinitas terkadang menjadi beban tersendiri. Selain tidak boleh melewatkan sarapan, kamu sebaiknya juga tidak melewatkan tahapan skincare pagi.

Kamu tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi sehari kedepan dan apa yang akan kulitmu hadapi. Untuk itu kamu wajib mempersiapkan kulit dengan berbagai perlindungan melalui skincare pagi. 

Selain bisa melindungi kulitmu, melakukan perawatan wajah di pagi hari juga membuat wajah menjadi lebih segar dan meningkatkan semangatmu untuk menjalani segala kegiatan yang akan datang loh!

Kenapa Kamu Harus Melakukan Tahapan Skincare Malam?

Selama satu hari menjalani berbagai aktivitas terutama bagi kamu yang harus beraktivitas di luar rumah dan memakai makeup seharian, kulitmu membutuhkan perawatan yang tepat. Tahapan skincare malam hari bisa membantu memperbaiki sel-sel kulit agar beregenerasi dengan baik. Dengan membersihkan kulit wajah secara menyeluruh, kamu telah membantu mengurangi ancaman komedo yang bisa menyumbat pori-pori wajah.

Beberapa skincare juga memiliki daya serap yang lebih baik di malam hari. Oleh karena itu, dengan melakukan urutan skincare malam yang benar, efek pemakaian skincare seperti mencerahkan kulit akan lebih efektif dan kamu bisa melihat perbedaannya ketika bangun dari tidur.

Jika kamu memiliki kulit sensitif cenderung kerung, kamu harus memfokuskan tahap pemakaian skincare untuk menghidrasi kulit. Pakailah produk toner, essence, juga serum yang bisa menjaga kelembaban kulitmu semalam selama kamu tidur.

Namun apabila kulitmu termasuk berminyak, maka berikan perhatian dengan memakai produk skincare yang ringan dan hindari produk yang menyebabkan kulitmu semakin berminyak.

Baca Juga : Urutan Skincare Malam untuk Pria

Banyak orang yang melewatkan salah satu faktor yang bisa membuat kulit terlalu kering ataupun berminyak ketika bangun tidur, yaitu kondisi temperatur kamar tidur. AC atau pendingin ruangan bisa mengurangi kelembaban kulitmu secara signifikan, apalagi digunakan semalaman penuh.

Jika kamu memiliki  kulit kering dan menggunakan AC untuk tidur semalaman, jangan lupa untuk menambahkan kelembaban dengan cara menggunakan beberapa urutan skincare secara berlapis. Namun jika kulitmu berminyak maka penggunaan AC dapat mengurangi kelembaban berlebih yang tidak dibutuhkan dalam kulitmu.

Last Updated on April 13, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 01 March 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya