Berikut 8 Urutan dan Tips Makeup untuk Kulit Berminyak Tahan Awet Seharian

0
Diunggah 27 March 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeMakeup

Berikut 8 Urutan dan Tips Makeup untuk Kulit Berminyak Tahan Awet Seharian

Memiliki kulit berminyak terkadang memang menyebalkan karena makeup jadi mudah luntur. Kamu bisa ikuti tips makeup untuk kulit berminyak ini.

Setiap jenis kulit memiliki masalah masing-masing dalam menggunakan makeup. Terkadang foundation terlihat pecah-pecah untuk kulit kering. Sedangkan makeup akan cepat luntur jika memiliki jenis kulit berminyak. Namun, kamu tidak perlu khawatir untuk mengatasi masalah ini karena kamu bisa ikuti tips makeup untuk kulit berminyak di bawah ini.

Baca Juga : Hindari 7 Hal Ini Agar Foundation Tidak Tampak Cakey di Wajah

Berikut adalah tips dan urutan make up yang benar untuk kulit berminyak :

1. Gunakan Serum Khusus untuk Kulit Berminyak

Sebelum memakai makeup sebaiknya kamu melakukan preparasi kulit terlebih dahulu. Kulit berminyak disarankan memakai serum karena serum dapat melembabkan dan menutrisi wajah dengan ringan sehingga tidak membuat kulit terasa greasy. Pilih serum yang khusus untuk kulit berminyak ya!

Jika kamu masih belum tahu akan memilih serum apa yang cocok untuk kulit berminyak, kamu bisa menggunakan serum Avoskin Your Skin Bae Salicylic Acid 2% + Zinc. Sebagai tips tambahan, tunggu hingga serum meresap sepenuhnya ke dalam kulit sebelum kamu mengaplikasikan step selanjutnya.

2. Wajib Gunakan Moisturizer

Mungkin kamu merasa kulit berminyak tidak membutuhkan moisturizer karena takut wajah akan semakin berminyak. Padahal, semua jenis kulit membutuhkan moisturizer, yang membedakan hanyalah jenis moisturizernya.

Untuk kulit berminyak sebaiknya pilih moisturizer bertekstur gel karena lebih ringan daripada cream yang membuat kulit semakin berminyak. Setelah itu aplikasikan primer yang mengandung formula anti kilap pada wajah dan kelopak mata. Lagi-lagi tunggu hingga moiturizer menyerap sempurna ke kulit agar tidak menumpuk dengan tahap selanjutnya ya!

3. Jangan Melewatkan Primer

Bagian terpenting yang tidak boleh dilewatkan oleh primer yaitu merupakan bagian wajah yang memiliki banyak minyak. Contohnya yaitu pada T-Zone (hidung, dahi, dan dagu). Pilihlah primer yang bersifat matte agar dapat menahan keringan dan menjaga makeup tetap awet di wajah.

Baca Juga : 5 Tips Memakai Makeup agar Tidak Mudah Luntur di Bawah Terik Matahari

4. Pilih Foundation yang Tepat

Setelah menggunakan primer, lanjutkan menggunakan foundation yang cocok dengan jenis kulitmu. Pilih oil free foundation atau foundation matte untuk kulit berminyak. Aplikasikan foundation dengan sponge atau beauty blender yang telah dibasahi air. Hal ini berfungsi untuk menambah kelembapan pada kulit serta menyerap minyak berlebih pada kulit dalam waktu bersamaan. Gunakan sponge atau beauty blender dengan cara ditepuk dengan cepat agar foundation dapat mengisi celah pori-pori yang membesar.

5. Gunakan Bedak Tabur

Gunakan bedak tabur atau translucent powder setelah menggunakan foundation agar makeup tidak luntur karena produksi minyak pada kulit. Aplikasikan bedak menggunakan brush agar hasilnya lebih merata dan tidak terlalu tebal. Setelah itu gunakan bronzer atau blush on yang bertekstur bedak agar tidak terlihat berminyak. Jangan lupa untuk memilih bronzer dan blush yang sesuai dengan tone kulit agar terlihat natural. Walaupun bedak tabur bekerja lebih baik dari bedak compact, tetap jangan memakai bedak tabur berlebihan untuk menghindari makeup yang cakey.

6. Hindari Highlighter

Hindari penggunaan highlighter karena membuat kilap pada wajah terlihat lebih bersinar. Jika kamu memiliki kulit berminyak, highlighter adalah musuhmu karena membuat wajah semakin mengkilap dan berminyak. Kalau wajahmu terlihat sangat berminyak, sebaiknya gunakan oil absorbing paper untuk menyerap minyak.

7. Aplikasikan Setting Spray

Setelah memakai makeup yang berguna untuk mengurangi minyak yang dapat merusak makeup, lakukan finishing menggunakan setting spray agar menyempurnakan makeup mu. Pilihlah setting spray yang bersifat matte agar makeup semakin nampak kesat dan bebas dari kesan berminyak.

Baca Juga : Hindari 6 Kesalahan Makeup yang Bisa Menyebabkan Jerawat Ini

8. Jangan Lupa Membawa Kertas Minyak

Untuk mencegah kemungkinan terburuk makeup masih nampak berminyak, langkah terakhir yang dapat mengantisipasi yaitu gunakan kertas minyak/ blotting paper. Gunakan kertas minyak secara berkala misalnya setiap 15 atau 30 menit maupun ketika terasa berminyak di wajah. Tekan secara perlahan dengan lembut pada area wajah. Ingat, jangan menggunakan gerakan menggeser ketika memakai kertas minyak agar makeup mu tetap stay.

Nah, itu dia beberapa tips untuk kamu yang memiliki kulit berminyak. Jangan sampai makeup kamu tidak sempurna ya!

Last Updated on April 19, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 27 March 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya