Mengenal AHA dan Manfaat AHA pada Kulit Kusam

0
Diunggah 18 October 2023
LikeAHA BHA PHA

Mengenal AHA dan Manfaat AHA pada Kulit Kusam

Menginjak usia remaja dengan banyak kesibukan, pastinya kamu memiliki permasalahan kulit yang tidak disadari muncul. Salah satunya adalah kulit kusam. Apa definisi dari kulit kusam? Yaitu kulit yang terlihat tidak bercahaya dan rona wajah tertutup, warna kulit tidak merata, kering dan pucat. 

Wajah kusam bisa terjadi karena pengaruh beberapa hal, misalnya polusi, pola makan, pola hidup tidak sehat bahkan karena paparan sinar matahari. Ada radikal bebas yang membuat pori-pori kulit tertutup dan akhirnya menumpuk karena  kotoran.

Kamu pasti tidak mau kulit kusam bertahan untuk waktu yang lama, untuk membantumu mengatasi ini kamu bisa menggunakan produk skincare dengan kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acids) sebagai solusi membersihkan pori-pori yang tertutup.

Apa itu AHA?

AHA (alpha hydroxy acids) adalah asam yang bisa kamu temui dalam buah seperti, tebu, jeruk, apel hingga anggur. Setiap buah ini mengandung asam yang menjadi bagian dari AHA.

Ada banyak sekali jenis asam yang termasuk AHA, yaitu Glycolic Acid (asam glikolat)  Lactic acid (asam laktat), Malic acid (asam malat), Tartaric acid (asam tartarat), dan Mandelic acid (asam mandelat). Jenis asam ini kemudian dapat diformulasikan dalam bentuk skincare. Misalnya,  asam glikolat yang berasal dari tebu bisa juga kamu temukan dalam skincare sebagai AHA.

Lalu bagaimana asam ini bisa membantu mengatasi kulit kusam? AHA bisa melemahkan ikatan sel-sel kulit mati pada lapisan epidermis yang membuatnya mudah luruh. termasuk juga pada kotoran di pori-pori kulit yang menumpuk karena radikal bebas. Alhasil, kotoran sel kulit mati yang menumpuk juga bisa luruh untuk selanjutnya digantikan dengan sel kulit baru yang sehat. 

Kulitmu pun bisa kembali bercahaya dan merona karena penyebab utama kulit kusam, sudah diselesaikan. 

AHA dan Manfaatnya dalam Mengatasi Kulit Kusam  

Melihat dari kemampuannya untuk melunakan ikatan sel-sel kulit mati, AHA menjadi kandungan yang banyak digunakan sebagai eksfolian. Akhirnya, kamu pun bisa menemukan skincare dengan kandungan AHA sebagai salah satu solusi mengatasi kulit kusam. 

Dengan manfaatnya ini, AHA memiliki beragam manfaat lainnya. Dimana ketika seluruh manfaat ini disatukan, kulitmu bukan hanya bebas dari kulit kusam, bahkan bisa dijaga kesehatannya dan dijaga dari permasalahan kulit lain seperti jerawat. Berikut ini beragam manfaat AHA yang bisa diperoleh :

1. AHA Bisa Mencegah Penumpukan Sel Kulit Mati 

Seperti yang kita tahu, penyebab utama dari kulit kusam adalah penumpukan sel kulit mati. Secara alami, kulit kita selalu melakukan regenerasi kulit selama 28 hari. Ini artinya, pori-pori yang bertumpuk karena kotoran juga secara otomatis bisa dihilangkan oleh kemampuan alaminya. 

Sayangnya, beberapa sel kulit mati telah menumpuk terlalu lama dan tidak mudah diangkat dengan sendirinya. Untuk case seperti ini, kamu membutuhkan bantuan dari eksternal, yang menolong sel kulit mati bisa terus beregenerasi menjadi sel-sel baru.

2. Manfaat AHA Mengatasi Hiperpigmentasi karena Efek Paparan Sinar Matahari

Penyebab kulit kusam selanjutnya bisa juga karena efek paparan sinar matahari.  Sebagai remaja, tidak dipungkiri kamu memiliki banyak aktivitas dibawah sinar matahari langsung. Sayangnya, paparan sinar ultraviolet yang terlalu banyak bisa beresiko memecah protein penting dalam kulit sehingga dapat merusak lapisan kulit. Ini juga menjadi salah satu penyebab kenapa sinar UV bisa membuat kulitmu tidak merata (hiperpigmentasi) dan akhirnya kusam. 

Hiperpigmentasi adalah tampilan wajah yang tidak merata karena paparan sinar matahari berlebih. Tidak merata ini karena biasanya ada beberapa area wajah yang cenderung lebih gelap dibandingkan area lain nya, misalnya jidat, dagu, bahkan pipi.

Walaupun demikian, AHA bisa menjadi solusi dengan kemampuannya. AHA bisa meratakan warna kulit dengan cara mengeksfoliasi. Sel kulit mati yang terkelupas akhirnya membuat sel kulit baru yang bercahaya naik ke permukaan, Termasuk juga pada area hiperpigmentasi. 

3. Meningkatkan Penyerapan Produk Perawatan Kulit Lainnya

Apa yang muncul di benakmu kalau sel-sel kulit mati yang menumpuk dapat terangkat? Kulit menjadis ehat, pori-pori bersih dan wajah menjadi lebih mudah menerima produk skincare lainnya. 

Betul, pori-pori kulit yang bersih bisa mempermudah penyerapan produk. Ini tentu membawa manfaat signifikan pada kulitmu karena artinya, manfaat setiap produk skincare bisa terlihat hasilnya lebih cepat. Bayangkan jika kulit pori-pori tertutup, bahkan kemampuan skincare untuk masuk ke celah kulit akan lebih sulit.

Kabar baiknya, skincare yang mengandung AHA, tidak hanya melembapkan bagian atas kulit, tetapi juga sel kulit baru yang terdapat di bawahnya. KUlit kamu pun bisa kenyal dan lembab dan semakin menambah tampilan wajahmu. 

Sahabat AVO, itu dia pengenal terhadap AHA dan manfaat AHA dalam mengatasi masalah kulit kusam. Kamu bisa mulai memepertimbangkan skincare dengan kanudngan AHA dan pastikan untuk memperhatikan cara penggunaanya yang tepat.

Last Updated on October 18, 2023

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 18 October 2023

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya