Mirip, Ini Perbedaan Melasma dan Flek Hitam

0
Diunggah 06 August 2024
LikeAHA BHA PHA

Mirip, Ini Perbedaan Melasma dan Flek Hitam

Perbedaan melasma dan flek hitam sebenarnya sangat tipis. Flek hitam adalah bintik, bercak, bulatan tidak beraturan yang muncul di area kulit manapun karena efek buruk sinar UV. Sedangkan melasma merupakan bintik-bintik yang hanya muncul di wajah dan mengumpul secara simetris. Menariknya, melasma sudah pasti flek hitam tapi flek hitam belum tentu melasma.

Apa itu Flek Hitam?

apa itu flek hitam?

Flek hitam paling sering diakibatkan oleh sinar matahari yang mengenai kulit berlebihan. Dikarenakan ada paparan yang terlalu banyak, melanin (zat untuk melindungi kulit dari efek berbahaya sinar UV) mengalami gangguan dalam proses perlindungannya. 

Kulit yang terpapar sinar UV berlebihan membuat melanin diproduksi terlalu banyak. Kalau sudah terjadi gangguan produksi melanin seperti ini, bisa menimbulkan masalah baru. Yaitu masalah yang menyangkut perubahan warna kulit seperti flek hitam.

Flek hitam pun muncul dengan berbagai bentuk di berbagai area badan. Bisa dalam bentuk bintik, bercak, bulatan tidak beraturan yang muncul di area wajah atau punggung. Bintik ini muncul berwarna kecoklatan atau memiliki warna yang berbeda dari sekitarnya.

Ada beberapa penyebab kenapa flek hitam terjadi :

  • Sinar ultraviolet
  • Penyakit addison
  • Efek konsumsi obat
  • Luka bekas jerawat

Apa itu Melasma?

apa itu melasma?
source : huntercoastderm.com.au

Melasma adalah kondisi dimana kulit membentuk melanin lebih banyak pada area tertentu. Tampilannya berupa bercak-bercak kecoklatan dan mengumpul pada area tersebut. Satu faktor penyebab kenapa melasma terjadi yaitu sinar matahari. Meskipun demikian, sinar matahari bukan satu-satunya. Kehamilan adalah faktor terbesar kedua penyebab melasma.

Berbeda dengan flek hitam yang bisa terjadi pada pria maupun wanita, melasma paling sering terjadi pada wanita usia 30 tahun – 40 tahun ketika sedang hamil dan menggunakan kontrasepsi hormonal.

Melalui hal tersebut, sebenarnya melasma sudah pasti flek hitam karena beberapa penyebabnya memang sama dengan flek hitam. Namun, flek hitam belum tentu melasma karena faktor yang memunculkan flek hitam tidak ada yang berasal dari masa kehamilan.

Beberapa faktor penyebab melasma yaitu :

  • Kehamilan
  • Konsumsi pil kontrasepsi
  • Cuaca panas
  • Produk perawatan kulit tidak cocok

Rangkuman Perbedaan Melasma dan Flek Hitam

Memahami perbedaan flek hitam dan melasma bisa dirangkum menjadi beberapa kategori, yaitu :

1. Bentuk

Bentuk melasma lebih seperti bercak gelap yang mengumpul pada satu area wajah. Sedangkan flek hitam mirip titik kecil yang tersebar.

2. Letak

Melasma munculnya di wajah pada satu area, sedangkan flek hitam di berbagai bagian tubuh. Dua-duanya muncul pada bagian yang paling sering terpapar sinar matahari.

3. Perawatan

Melasma membutuhkan perawatan kulit lebih lama dibandingkan flek hitam. Melasma lebih memakan waktu untuk perawatan jangka panjang. Sedangkan flek hitam lebih bisa diatasi misalnya dengan skincare untuk mencerahkan. 

4. Penyebab

Melasma dipicu perubahan hormon ketika wanita sedang mengalami masa kehamilan atau kontrasepsi. Sedangkan penyebab flek hitam bisa lebih banyak dan bervariasi. Mulai dari paparan sinar matahari berlebih, peradangan kulit, trauma, dan penggunaan obat-obatan tertentu.

Rekomendasi Skincare untuk Mengatasi Melasma dan Flek Hitam

Kabar baiknya, melasma dan flek hitam bisa diatasi dengan penggunaan skincare dengan kandungan pencerah seperti Tranexamic Acid. Kandungan ini memiliki manfaat utama dalam mengatasi flek hitam, termasuk melasma, bintik-bintik hitam, dan noda gelap lainnya, yang seringkali disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan.

Hal ini karena Tranexamic Acid mampu mencegah produksi melanin berlebihan. Yaitu dengan menahan perpindahan warna yang membuat kulit jadi tidak merata. Cara kerja kandungan ini adalah menghambat sintesis tirosinase di melanosit (melanin). Kemudian menahan transfer pigmen dari melanin ke keratinosit pada lapisan terluar kulit (epidermis).

Kabar baiknya, Tranexamic Acid terkenal sebagai bahan aktif yang lembut dan aman untuk kulit sensitif. Kamu pun bisa menemukan tranexamic acid pada YSB Serum Tranexamic Acid 3% + Glycolic Acid + Cranberry + Licorice.

Kandungan di dalamnya membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit. Perpaduan glycolic acid dan cranberry semakin mendorong proses flek hitam dan melasma bisa semakin pudar. Jadi untuk kamu yang ingin mengatasi masalah kulit melasma dan flek hitam pada kulit yang sensitif, bisa menggunakan serum ini.

Last Updated on August 09, 2024

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 06 August 2024

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya